Mau Kuliah Farmasi UNTAD? Yuk Kenali Dulu Beberapa Fakta dan Mitos di Jurusannya

Jurusan Farmasi Untad? Apa yang terlintas pertama kali dalam pikiranmu ketika mendengar kata tersebut? Obat-obatan?

Ya, farmasi adalah salah satu cabang dari ilmu kesehatan yang memiliki fokus utama pada dasar-dasar atau seluk beluk obat-obatan alami maupun sintetik. Ilmu Farmasi juga mempelajari segala hal yang berhubungan dengan obat, termasuk subjek pelajaran seperti Kimia, Biologi, Kesehatan Masyarakat, sampai ke Manajemen dan Pemasaran.

Kata farmasi berasal dari bahasa latin loh, yakni pharmakos yang berarti sihir atau racun. Mengerikan, ya? Karena pada kenyataannya memang mengerikan jika obat-obatan dikonsumsi secara berlebihan atau disalahgunakan pemakaiannya. Salah satu efeknya adalah keracunan. Maka dari itu, di sinilah peran seorang Farmasis (sebutan profesional untuk orang yang ahli di bidang farmasi). Seorang farmasis harus mampu menemukan potensi dari suatu bahan dan meracik takarannya agar bermanfaat sebagai sarana penyembuhan sebuah penyakit tanpa menimbulkan efek samping.

Nah, tahukah kamu pada tahun 2014 Dirjen Dikti menyebutkan bahwa Jurusan Farmasi adalah jurusan di perguruan tinggi dengan peminat terbanyak ke-5 di Indonesia. Hal ini karena farmasi bergerak di bidang kesehatan yang merupakan bagian penting dan tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Sebuah bidang yang tidak akan pernah sepi selama masih ada manusia.

Buat kamu yang tertarik masuk jurusan farmasi Untad, ini adalah 7 fakta dan mitos yang harus kamu ketahui!

PREV         1    |    2    |    3    |    4    |    5    |    6    |    7         NEXT


Diterbitkan

dalam

oleh