Tokoh & Inspirasi

Yuk Kenalan sama Presiden Mahasiswa UNTAD Periode 2015-2016

10272600_866810763334142_6218188220718550831_o
Hai anakUntad, penasaran sama sosok ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNTAD Periode 2015-2016? Kali ini, redaksi anakuntad.com berhasil merangkum profil Wahyu Perdana Putra.
Wahyu Perdana Putra lahir di Palu, 23 Juni 1993. Mahasiswa yang akrab disapa Putra ini adalah mahasiswa angkatan 2011, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP. Bakat memimpin Putra telah ada sejak berstatus sebagai mahasiswa. Hal ini lah yang mengantarkan Putra berhasil menjadi Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Mahasiswa FKIP 2011-2012.

Beberapa pengalaman Putra dalam berorganisasi baik di dalam maupun luar kampus antara lain:
1.Ketua Himpunan Mahasiswa Bahasa Inggris FKIP UNTAD 2013-2014
2.Wakil Ketua HMJ Bahasa dan Seni FKIP UNTAD 2012-2013
3.Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa FKIP 2015
4.Koordinator Pengembangan Organisasi Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris Indonesia
5.Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan Indonesia

Putra resmi dilantik oleh Rektor UNTAD, sebagai Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNTAD pada 15 April 2016 di Ruang Senat, Lantai III Rektorat Untad. Bersama Freddy Onora sebagai wakil ketua BEM UNTAD, kali ini mereka hadir membawa visi sinergis, aspiratif dan progresif. Berangkat dari visi tersebut Putra menjelaskan kepada redaksi anakuntad.com, tentang langkah yang akan ditempuh dalam mewujudkan visi tersebut, yakni:
1.Sinergis: melakukan silaturahmi dan koordinasi program kerjasama. Contohnya adalah rapat koordinasi dan program kerjasama yang disepakati lembaga-lembaga dibawah naungan BEMUT.
2.Aspiratif: menampung dan menyuarakan aspirasi mahasiswa dalam bentuk forum, penyampaian pendapat secara terbuka (lisan/tulisan). Contohnya adalah aksi, forum dengar pendapat, dialog terbuka
3.Progresif : membuat program yang inovatif dan akademis. Contohnya adalah pelatihan bahasa inggris, pelatihan TOEFL,dll.

“Intinya, BEMUT mengupayakan komunikasi yang lebih intensif serta selalu berkoordinasi dan menyampaikan aspirasi-aspirasi mahasiswa”, jelas Putra. Kabinet Putra – Freddy diberi nama kabinet Tadulako Melawan. Untuk mengedepankan transparansi dan keterbukaan BEMUT terhadap mahasiswa Universitas Tadulako, BEMUT menggelar Open Recruitment bagi pengurus BEMUT periode 2015-2016. “Kami ingin menjaring orang-orang yang punya skill khusus dan membuka kesempatan kepada seluruh mahasiswa yang ingin mengabdikan dirinya pada mahasiswa melalui BEM”, ujar Putra.
Putra juga berpesan kepada mahasiswa yang tergabung dalam UKM di UNTAD agar turut berpartisipasi dalam berbagai aksi untuk memperjuangkan mahasiswa UNTAD. “Kepada seluruh pengurus UKM di UNTAD tetaplah berinovasi dengan kegiatan yang inovatif dan akademis sesuai bidang UKM masing-masing. Ketika seruan “Aksi” memanggil, patutlah teman-teman UKM agar ikut berpartisipasi,” jelas Putra.

Tentang Penulis

Ana Puji Lestari

Penulis merupakan Alumni S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tadulako.