Tokoh & Inspirasi

Profil Wakil Presiden Mahasiswa Universitas Tadulako Periode 2016

Ditulis Oleh Ana Puji Lestari

Wakil Presiden Mahasiswa UNTAD 2016
Hai anakUntad, sampai sekarang masih ada yang belum kenal sama Wakil Presiden Mahasiswa Untad?
Sepertinya kalian perlu kenal nih terutama bagi mahasiswa Baru 2016…
Freddy Onora merupakan mahasiswa angkatan 2012 di Jurusan Ilmu Pemerintahan, FISIP. Mahasiswa yang akrab disapa bung Freddy ini aktif di berbagai organisasi baik intra maupun ekstra kampus. Saat ini, Freddy aktif di Sanggar Seni Artaleca, SMIP (Serikat Mahasiswa Progressif) SULTENG, dan menjabat sebagai Badan Pertimbangan Organisasi Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan.

Hmm, siapa bilang aktif di organisasi akan menghambat kuliah atau mungkin membuatmu kurang berprestasi. Buktinya nih, mantan Wakil Ketua BEM FISIP ini sempat meraih beberapa prestasi diantaranya lima besar Lomba Debat Nasional FISIP UNHAS pada Bulan April 2014 dan Finalis National Government Days UNPAD 2014, Jawa Barat.

Mahasiswa kelahiran Ampana, 8 Oktober 1993 ini juga aktif di dunia kepenulisan. Ia sering menerbitkan beberapa tulisan di beberapa media. (Baca Juga: Derita Kampusku Sudah Naik Seleher). Freddy mengungkapkan bahwa bakat kepenulisannya dibentuk di SMIP dan juga kebiasaan menulis setiap harinya. “Paling simple saya suka menulis puisi,” kata Freddy.

Sebagai seorang aktivis kampus, Freddy sedikit berkomentar tentang adanya istilah mahasiswa KUPU-KUPU (Kuliah Pulang-Kuliah Pulang). Menurutnya, hal demikian merupakan problem dunia pendidikan saat ini. Ketertarikan mahasiswa untuk berorganisasi dan membaca menurun karena terbangun mind set di kalangan mahasiswa bahwa kuliah itu adalah semata-mata belajar formal dan pemenuhan angka-angka pada akhir semester. Akhirnya, rata-rata mahasiswa kurang memiliki kepekaan terhadap kondisi negeri, jelas Freddy.

Kepada redaksi anakuntad.com Freddy menitip pesan untuk mahasiswa baru Untad 2016 bahwa dunia mahasiswa bukan sekedar, kuliah, proposal, skrsipsi, wisuda, kerja dan mati. Jadikan Dunia Kampus sebagai wadah untuk belajar segala hal. Sebab mahasiswa adalah orang yang tidak punya aktifitas lain selain belajar. Maka manfaatkanlah semaksimal mungkin, karena kalianlah anak negeri yang diharapkan. Jadilah pelopor, jadilah manusia yang paling peka terhadap kondisi rakyat dan negara, kalau kalian tidak bisa setidaknya jangan menyusahkan rakyat nantinya. kata Tadulako yang berarti pemimpin pada nama Universitas kita mempunya simbol/arti yang sangat istimewa maka tunjukanlah pada Dunia bahwa kalian bukan seorang Tadulako yang sebatas simbol, tapi Tadulako yang hidup, dan pemimpin atas nalar yang bebas dan anti penindasan.

Tentang Penulis

Ana Puji Lestari

Penulis merupakan Alumni S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tadulako.