8 Alasan Kenapa Kamu Harus Memberanikan Diri Mengikuti Event

Pemuda dan mahasiswa adalah dua komponen yang tak terpisahkan. Pemuda adalah generasi produktif yang memiliki ketangguhan yang luar biasa sehingga mampu diproyeksikan untuk persiapan menghadapi percaturan global. Pada umumnya generasi muda memiliki kewajiban untuk menyelesaikan studinya di bangku kuliah mengingat pendidikan adalah mutlak harus dipenuhi. Disisi lain, pemuda sekaligus sebagai mahasiswa diharapkan mampu menjadi “agent of change”. Pemuda dituntut untuk melakukan hal-hal yang mampu bermanfaat bagi lingkungannya. Sebagai bentuk persiapan pemuda dianjurkan untuk mengikuti event-event kepemudaan. Berikut adalah 8 alasan mengapa kita sebagai generasi muda dianjurkan untuk mengikuti event-event, baik itu event pelatihan kepemudaan maupun event-event yang lainnya.

1. Ajang Apresiasi Diri

Terlibat langsung dalam event-event kepemudaan maupun yang lainnya merupakan suatu prestasi. Apalagi jika event yang kamu ikuti sebelumnya harus melewati serangkaian tahapan seleksi yang mempunyai 1001 persyaratan agar bisa apply. Tidak semua orang berhasil menyanggupi persyaratan diperlukan. Tak semua orang bisa melakukan itu. Bayangkan dari 10.000 pendaftar hanya 200 orang yang diterima dan kamu termasuk salah satunya. Bisa dipastikan perasaan kamu akan senang bukan main. Kamu bisa melakukan hal yang orang lain tidak bisa melakukannya oleh karena itu memberikan reward atau penghargaan kepada diri kita adalah salah satu hal wajib untuk dilakukan. Reward seperti ini akan memacu diri agar mampu menghasilkan pencapaian yang lebih spektakuler lagi dan memberikan kemampuan untuk terus mencoba hal-hal yang lebih sulit dan menantang. Jangan lupa sampaikan pada dirimu “Kamu hebat, Kamu Luar Biasa dan Kamu Pasti Mampu berbuat Lebih!”, Teruslah berkarya dan ukir prestasi selagi masih muda.

2. Berkompetisi

Anak sekolah biasanya jika ingin naik kelas atau lulus kuliah harus melewati ujian terlebih dahulu. Maka jika ingin menguji kemampuan maka ikutlah kompetisi. Jika kamu berhasil maka kamu akan mendapatkan hadiah atas tingkat kemajuan yang berhasil kamu lalui. Kompetisi juga akan mengajarkan banyak hal seperti sikap sportif dan tanggung jawab.

3. Membangun Social Networking

Dalam suatu event apalagi dalam event-event nasional maupun internasional akan berkumpul generasi muda yang tersebar di 35 provinsi di Indonesia bahkan tidak menutup kemungkina ada yang berasal dari negara-negara di seluruh dunia. Disinilah mereka dipertemukan untuk saling bertemu. Bertemu tak hanya sekedar bertemu fisik saja. Namun, juga bertemu visi bertemu misi hingga melahirkan suatu spirit baru untuk terus berbagi, berprestasi dan menginspirasi yang tak lain tujuannya adalah untuk kesejahteraan Indonesia. Maka moment ini adalah moment yang pas. Karena Networking yang luas akan sangat membantu dalam merealisasikan proyek-proyek yang akan kita laksanakan ke depannya seperti proyek sosial. Perlu juga untuk kita ketahui bahwa semakin luas jaringan kamu maka pergerakan kamu akan semakin luas dan kamu akan lebih mampu mengeksplore tanah air. Tak perlu khawatir jika ingin bepergian ke luar karena di tiap daerah akan ada guide yang selalu siap menjadi guide kamu.

4. Mewakili Daerah Asal

Suatu prestasi hebat jika menjadi city representatif dari daerah kita. Tentunya akan memberikan rasa bangga atas diri kita sendiri. Menjadi duta atas daerah kita, menyampaikan kepada Indonesia dan dunia potensi daerah kita. Sehingga menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk mengunjunginya.

5. Memperkaya Pengalaman

Jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Akan banyak pengalaman yang akan kita dapatkan dalam mengikuti event terlebih jika pengalaman pertama mengikuti event. Kita akan banyak memperoleh pengalaman dan pelajaran berharga. Pertama, kemandirian kita akan terlatih karena kita akan terbiasa melakukan perjalanan sendirian dari dan menuju lokasi event dan kembali ke daerah asal, jika awalnya kita masih ragu dan takut dengan mengikuti event-event kita akan lebih berani dan mengenal situasi, jadi tak perlu takut lagi. Kedua, seni berkomunikasi dengan orang-orang yang berasal dari beda pulau. Ini adalah salah satu pengalaman unik karena masing-masing pulau memiliki logat yang berbeda sehingga terkadang kesulitan untuk saling memahami. Contohnya Palu, Ambon dan Papua yang terkesan “kasar dalam berbicara” akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dengan yang berasal dari Pulau Jawa yang cenderung lemah lembut dalam bertutur kata jika belum terbiasa. Sehingga kita dituntut untuk berbuat lebih. Namun, jangan sampai kita malu dengan budaya kita sehingga sesekali kita bersikap seolah menyembunyikan budaya kita. Ketiga, terkejut dengan suasana baru. Beda pulau beda aturan, adat dan tradisi. Kita akan lebih mengenal ciri khas setiap daerah seperti aturan-aturan di kampus mereka sehingga kita bisa melihat perbandingan dengan kampus tempat kita berkuliah. Selain itu, banyak pengalaman-pengalaman yang terlihat kecil namun memiliki makna luar biasa jika kita mampu melihat dari sudut pandang yang berbeda misalnya hal kecil seperti cara check in di Bandara. Jadi, silahkan perkaya pengalaman kalian.

6. Memperkaya Pengetahuan dan Rasa Percaya Diri

Pengetahuan adalah hal yang sangat penting, tanpa ilmu dan pengetahuan kita tak akan berarti apa-apa. Di dalam sebuah event kamu akan menemukan hal-hal baru yang belum kamu dapatkan sebelumnya. Mengapa event dapat menambah pengetahuan ? Dalam event kita akan disajikan dengan materi-materi yang menarik seputar pembentukan karakter, kepemimpinan, softskills, proyek sosial, enterpreneur dan lain-lain. Pengetahuan kita akan ter-Up Grade sehingga kita bisa mengukur sejauh mana kemampuan kita terhadap bidang yang kita geluti sambil terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri sehingga mampu untuk tampil lebih percaya diri.

7. Jelajah Indonesia

Event selalu menyediakan agenda field trip. Agenda ini dimksudkan sebagai agenda promosi potensi daerah agar pengunjung dari luar daerah semakin tertarik. Jadi akan besar kesempatan untuk mengeksplore keindahan Indonesia. Jika ada yang hobby travelling. Salah satu caranya adalah mengikuti event. Kelebihan traveling dengan mengikuti event adalah perjalanan kamu tidak hanya sekedar travelling biasa namun disertai dengan aktivitas berarti dan bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

8. Sumber Inspirasi dan Motivasi

Generasi yang berkumpul adalah mereka yang memiliki potensi dan prestasi yang luar hebat. Sehingga dengan berkumpul bersama mereka diharapkan mampu menularkan semangat, inspirasi serta motivasi kepada kita untuk melahirkan karya seperti mereka.

“Sebaik-baik manusia adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain”


Diterbitkan

dalam

oleh

Tags: