Tokoh & Inspirasi

Ini Dia Profil Ketua Majelis Mahasiswa Untad Tahun 2017

Ditulis Oleh Sulkifly tallesang

Ketua Majelis Mahasiswa (MM) Untad tahun ini baru saja dilantik oleh Rektor. Ketua MM baru ini terpilih melalui Kongres Mahasiswa bulan desember tahun lalu. Kongres tersebut diikuti oleh beberapa perwakilan UKM tingkat Universitas dan DPM setiap fakultas. Beliau berhasil terpilih setelah memenangkan hasil suara terbanyak sebanyak 50% dari total peserta kongres.

Siapakah ketua MM Untad tersebut? Dialah Arto Oktavianto


arto oktavianto

Arto Oktavianto resmi menjabat sebagai ketua MM Untad yang baru pasca dilantik oleh Rektor di ruang senat Selasa (10/1) lalu.  Arto Oktavianto atau biasa di panggil Arto ini lahir di Palu pada tanggal 14 oktober 1993. Saat ini Arto mengambil kosentrasi Hukum Perdata pada fakultas Hukum Untad. Beliau tercatat sebagai mahasiswa angkatan 2012.

Kiprah Arto dalam berlembaga bukanlah sesuatu yang baru. Sebelum menjabat sebagai ketua MM tahun 2017 ini, Arto pernah menduduki posisi strategis sebagai sekertaris umum Badan Eksekutif Mahasiswa Untad tahun lalu. Selain itu Arto juga aktif di lembaga eksternal, seperti Purna Paskibraka kota palu.

Arto mengakui pada awalnya dia tidak begitu tertarik masuk dalam dunia kelembagaan kampus. Karena menurutnya dunia kelembagaan dan pergerakan aktivis mahasiswa adalah sesuatu yang aneh. Namun berkat motivasi dari sahabatnya yang kala itu menjabat sebagai ketua BEM, Arto pun lantas bergabung dan masuk ke dalam sistem. Hingga akhirnya Arto tersadar akan pentingnya peranan lembaga dalam kampus. Karena merasa tertarik Arto akhirnya memilih untuk mendalaminya lalu kemudian mencalonkan diri sebagai ketua MM.

Selain itu Arto merupakan salah satu mahasiswa yang dapat menyeimbangkan antara prestasi akademik dan kegiatan ekstrakurikuler. Ini terbukti dengan kemampuannya mempertahankan Indek Prestasi Kumulatif dan tidak pernah mendapatkan nilai C selama perkuliahan. Mahasiswa dengan IPK 3,6 ini, telah menempuh ujian proposal dalam penyelesaian studinya dan saat ini sedang melakukan penelitian hasil.

Arto sangat tertarik dengan dunia sosial, politik dan hukum. Visi utamanya selaku ketua MM tahun ini ialah bisa menghadirkan ketua MPR RI datang berkunjung ke Universitas Tadulako dan berdiskusi bersama mahasiswanya.

Kepada penulis Arto menitip pesan untuk dibagikan kepada setiap elemen mahasiswa kampus Untad. Pesan beliau untuk mahasiswa Untad agar kiranya tidak hanya fokus pada urusan akademik saja namun juga mencoba belajar berlembaga. Karna menurutnya akan ada manfaat besar yang bisa dirsakan rekan-rekan mahasiswa.

Arto juga berpesan kepada kalangan aktivis mahasiswa di kampus agar tetap semangat dalam berlembaga.

“jadilah aktivis yang lebih dewasa, saling mengerti antar sesama meskipun berbeda persepsi dan jangan saling menjatuhkan…”

Tak lupa pula beliau berpesan ke semua UKM-UKM atau lembaga-lembaga yang ada di setiap fakultas agar lebih fokus menjalankan kegiatan-kegiatan, tetap saling menjaga persaudaran dan silaturahmi antar lembaga karna kita semua bersaudara, kita semua satu almamater.


Selamat kepada Arto Oktavianto. Semoga visi dan misinya tercapai dan mampu membawa perubahan yang baik bagi kampus kita.

Tentang Penulis

Sulkifly tallesang