Tips & Trick

9 Kiat Lolos SNMPT 2017

Ditulis Oleh Arif Syamsul

Assalamualaikum mahasiswa-mahasiswi Universitas Tadulako dan adik-adik calon mahasiswa baru ^_^

Kali ini kita akan mencoba membahas salah satu jalur masuk di perguruan tinggi yang berstatus negeri, perlu kita ketahui bahwa untuk melanjutkan perkuliahan di PTN pemerintah dan pihak kampus menyediakan 3 jalur yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur mandiri. Kali ini kita akan membahas mengenai SNMPTN.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah jalur seleksi tanpa adanya tes baik itu PBT maupun CBT, SNMPTN juga sering disebut sebagai jalur undangan, karena hanya dengan menyetor nilai dan melakukan pendaftaran, anda telah mendapatkan kesempatan untuk lolos di PTN pilihan kamu, jadi jalur ini terbilang cukup mudah bagi kalian yang malas ikut-ikutan ujian maupun belajar lagi.

Tapi, kamu kira sebegitu mudahnya lulus SNMPTN? Hmm boleh juga sih kita bilang mudah, kalau kita beruntung. Nah bagaimana memperbesar peluang lulus di SNMPTN?? Berikut ini beberapa tipsnya. Cek it out

  1. Rajin Berdoa, tips pertama adalah berdoa. Sebesar-besarnya usaha tanpa dibarengi doa it will never work.
  2. Usaha keras, yah pastilah dimana-mana segala sesuatu butuh usaha
  3. Pastikan kamu bisa dan telah terdaftar sebagai peserta SNMPTN 2017, kuota pendaftar SNMPTN semakin tahun semakin dibatasi, untuk akreditasi A tahun lalu kuotanya mencapai 75% namun sayangnya di tahun ini ada pengurangan kuota 25%, jadi sisa kuota untuk akreditasi A sisa 50%. Jadi pastikan dirimu berada diposisi 50% tersebut.
  4. Pastikan kamu satu-satunya siswa di sekolah kamu yang memilih prodi yang menjadi pilihan kamu, kalaupun ada yang memilih prodi yang sama usahakan teman kamu itu berada dibawa rank kamu. Tapi yah kalau mau tetap percaya diri bisa lolos yah hope you luck.
  5. Pastikan urutan prodi dan PTN pilihan kamu sesuai. Nah misalkan kamu memilih prodi Akuntansi di PTN A sebagai pilihan pertama, usahakan pilihan kedua kamu berada dibawa pilihan pertama kamu, misal Akuntansi di PTN B.
  6. Kalau  memlih prodi atau PTN di SNMPTN, baiknya kamu melihat prestasi sekolah dan seniornya kamu di PTN Pilihan. Kenapa? karena salah satu kriteria penilaian SNMPTN itu melihat prestasi-prestasi sekolah kamu dan alumni-alumni sekolah kamu yang kuliah di PTN Pilihan kamu.
  7. Sekali lagi kamu lihat list kakak kakak senior kamu yang pernah lolos SNMPTN di sekolah kamu, karena ketika kamu sudah punya senior yang lulus SNMPTN di prodi atau PTN Pilihan, maka akan semakin besar pula kesempatan kamu lolos SNMPTN di prodi yang sama.
  8. Jangan pernah tertutup untuk mendengarkan atau mencari info-info mengenai SNMPTN
  9. Last, percaya pada pilihanmu

Yap itulah sedikit tips dari saya, semoga sedikit memberi manfaat bagi para pembaca maupun bagi saya pribadi. Kalau kamu masih punya tips tips lain untuk lolos SNMPTN 2017, you may coret coret di kolom komentar, berbagi itu menyenangkan. See you guys, hope you luck.

 

Arif Syamsul

 

Comments

comments

Tentang Penulis

Arif Syamsul

%d blogger menyukai ini: