Lifestyle

Klasifikasi Mahasiswa Saat Masa Liburan Tiba. Kamu Yang Mana?

Ditulis oleh Syarifah Suad

Hallo.. Waktu liburan udah tiba nih. Siapa sih yang nggak senang menyambut waktu liburan, dari kalangan anak kecil, orang tua, apalagi anak muda. Dari yang berprofesi pegawai kantoran, kuli bangunan, penjual di pasar, apalagi mahasiswa. Berbicara mengenai liburan pasti nggak bakal ada habisnya kan. Nah khusus kali ini nih, berhubung penulis adalah seorang mahasiswa yang sedang liburan juga, jadi penulis ingin berbagi hasil observasi selama dikampus, terutama tentang momen liburan semester untuk para mahasiswa.

Menurut penulis nih, setiap orang punya versi liburannya sendiri. Terutama buat mahasiswa, nah berdasarkan versi yang berbeda-beda ini maka penulis berinisiatif untuk mengklasifikasikan mahasiswa saat liburan tiba. Klasifikasi ini penulis buat berdasarkan observasi lingkungan sekitar penulis yang masih berstatus sebagai mahasiswa semester tengah. Kira-kira kamu masuk kedalam spesies mahasiswa mana yah? Yuk disimak!

1. Mahasiswa Nasionalis

Ilustrasi via youtube.com

Mahasiswa spesies ini adalah mahasiswa yang ketika liburan tiba langsung aja balik ke kampung halamannya. Entah karena rindu emak, rindu rumah dan seisinya atau rindu sama anak tetangga (hahaha). Yang mereka tahu dan rasakan adalah rindu suasana kampung halaman yang jelas jauh beda sama tempat perantauan mereka. Sking cintanya sama tanah kelahirannya nih, mau nilai belum keluar, mau kost-an belum kebayar, mereka nggak peduli. Hati-hati aja loh, entar pas balik ke tempat rantau tahu-tahu barang kalian udah di luar kamar kost-an semua.

2. Mahasiswa Cinta Kampus

ilustrasi via youtube.com

Kalo mahasiswa spesies ini adalah mahasiswa yang meskipun udah tiba waktu libur tapi mereka masih aja gentayangan dikampus. Entah itu secara sadar karena ada tuntutan, misalnya masalah lembaga, nyari wifi gratis, ngecek nilai, atau bahkan sekedar kelilingin kampus buat nyari jodoh *eeh. Atau karena nggak sadar dan lupa kalo sekarang kampusnya udah libur.

3. Mahasiswa Jalanan

Ilustrasi via anakUi.com

Eeiittss spesies yang ini bukan anggota dari Geng motor AJ (Anak Jalanan) loh. Mereka adalah mahasiswa yang suka traveling, yang ngabisin masa liburan mereka dengan istilah ngukur jalan. Yah boleh lah mereka disebut mahasiswa jalanan, kan memang mereka lebih suka habisin waktu liburannya dengan jalan-jalan dari pada Pulkam atau bolak-balik ke kampus padahal lagi libur. Sekedar buat memuaskan jiwa mereka dengan kesenangan. Biasanya si mahasiswa jalanan ini nggak bisa jauh dari kata selfie, iyalah kan kapan lagi. Naik gunung jepret, nyemplung laut jepret, main ayunan jepret, uhhuyy shadap deh pokoknya. Pantengin aja sosmed mereka pasti banyak foto-foto kekiniannya, tssaaahh.

4. Mahasiswa Pemburu

ilustrasi via okezone.com

Biasanya mahasiswa spesies ini adalah mahasiswa tingkat akhir. Yang nggak bisa pulkam atau pun pergi jalan-jalan pas liburan. Kerjaan mereka adalah memburu manusia setengah dewa yang disebut dosen. Entah karena mau minta ttd buat ACC judul proposal, mau konsultasi masalah skripsi, atau mau ngelamar anak si dosen *oke ini ngaco. Yang jelas mereka rela ngeikhlasin masa liburnya buat memburu si dosen demi kelancaran masa depan mereka. Fighting yah kaks!

5. Mahasiswa Gamers

ilustrasi via idntimens.com

Nah loh, bisa nebak kan mahasiswa spesies ini yang kaya gimana? Mereka adalah spesies yang bakal ngabisin waktunya buat memuaskan hasrat ngegames mereka. Ketika pulkam nggak lagi penting, mumpung juga rutinitas ngampus lagi free, bahkan sampe masa bodo sama si doi. Ingat loh, jangan sampe gara-gara keasyikan ngegames jadi lupa segalanya, lupa kalo masa liburan udah kelar. Tau-tau malah udah kelewat satu semester liburnya sangking keasyikan main game, dan si doi malah minta putus juga plus si emak marah-marah karena anaknya lupa rumah. Jauhkan ya Tuhan (hihihi).

6. Mahasiswa Santai

ilustrasi via rifa.co.id

Mahasiswa spesies ini adalah mereka yang lebih milih ngabisin liburannya dengan santai, mau pulkam atau nggak. Rutinitas yang dilakuin adalah tidur, makan, nonton, mandi, tidur lagi. Yah gitu-gitu aja sampe kambing tetangga ngelahirin anak kembar 12. Mereka bener-bener memanjakan diri sebelum masa liburan selesai dan kembali bergelut didunia kampus yang kadang melelahkan.

7. Mahasiswa Super

ilustrasi via lifehack.org

Anggap aja kaya pahlawan super, spesies mahasiswa ini adalah mahasiswa yang bakal memanfaatkan waktu liburnya dengan sebaik-baik mungkin. Mereka yang selalu memikirkan planning masa depan 2 kali lebih giat dari orang pada umumnya. Mereka memiliki inisiatif lebih untuk menata hidupnya dengan beberapa target disemester yang bakal dihadapin kedepan. Mulai dari milih-milih matakuliah yang bakal diprogram, ikutin kelas les tambahan, atau bahkan sering bolak-balik perpustakaan buat nyari judul proposal yang nanti akan tiba masanya untuk dia hadapi. Wah salut deh, buat mahasiswa yang kayak gini. Tapi ingat juga yah buat refreshing, jangan sampe sters sendiri loh dengan rutinitas yang lumayan menguras otak untuk terus berpikir. Dunia ji ini cika!

Oke, mungkin itu aja pengklasifikasian dari mahasiswa saat liburan tiba. Nah, sekarang kamu tahukan, kamu adalah mahasiswa spesies apa? Apapun itu, semoga liburan kalian semua bisa berjalan seperti apa yang kalian inginkan. Yah walaupun nggak, yakin aja deh semua itu akan indah pada waktunya,. Happy Holiday yah!

Baca juga:

Menjadi Mahasiswi Teknik Bukan Berarti Kamu Gak Bisa Jaga Penampilan

10 Tips Lolos Beasiswa LPDP oleh Para Awardee

Mahasiswa Farmasi Untad Ciptakan Aplikasi Penganalisa Bahan Tambahan Farmasi

Comments

comments

Tentang Penulis

Syarifah Suad

%d blogger menyukai ini: