Mahasiswa Teknik Mesin Untad Ciptakan Motor Listrik Hemat Energi

Palu (26/1), mahasiswa teknik Untad jurusan teknik mesin sukses membuat motor listrik yang sanggup berlari dengan  jarak tempuh 40 km/jam. Hasil karya ini di beri nama “electrical motorcycle teknik mesin untad” .

Protitipe motor listrik ini di buat oleh beberapa mahasiswa teknik mesin Untad dan bantuan dari dosen-dosen teknik mesin. Alasan kenapa dibuatnya motor listrik ini agar dapat mengurangi pemakaian bahan bakar minyak serta lebih hemat energi.

mahasiswa teknik mesin untad ciptakan motor listrik

“motor ini tenaga penggeraknya sumber daya baterai berkapasitas 12 volt dengan jenis mesin BLDC berkecepatan ±20 km/jam dan bisa menempuh jarak 40 km/jam. Ada juga bantuan 4 aki basah serta memakai jenis baterai sealed lead acid baterai 12 volt yang di seri. Kami memakai jenis body motor dan rangka motor model honda revo. Waktu charging baterai memakan waktu 4-5 jam (sebelum menggunakan baterai optimal). Motor ini mampu mengangkut beban sebesar 150 kg” kata salah satu pembuatnya Moh. Rafiq,

Butuh waktu selama 1 bulan dan memakan biaya 5 juta untuk menyelasaikan motor tersebut. Namun masih banyak kekurangan tapi akan tetap di sempurnakan.

Ketua jurusan teknik mesin Untad, Mustafa ST.,MT menyampaikan meski masilah berbentuk prototipe ada sekian banyak kelemahan yang mampu di perbaiki seperti memperbesar tenaga baterai sehingga jarak tempuh makin jauh.

“kami bakal tetap mendorong mahasiswa untuk melahirkan karya-karya inovatif dan hemat energi” ujar Mustafa ST,.MT.

Pada kesempatan ini tim dari pembuat motor listrik ini melalui penulis mengharapkan agar Untad memeberikan dukungan lebih terhadap mahasiswa yang mengembangkan teknologi di bidang kendaraan khususnya pengembangan kendaraan masa depan dari segi sumbangsi fasilitas dan dana serta Untad dapat memproduksi motor listrik sendiri dan mempunyai nilai jual, sehingga Untad bisa berkanca di taraf internasional.

 

Baca juga:

Mahasiswa Pascasarjana Untad Ciptakan Terung Tanpa Biji

Mahasiswa Farmasi Untad Ciptakan Aplikasi Penganalisa Bahan Tambahan Farmasi


Diterbitkan

dalam

oleh