Lifestyle

Menjadi Mahasiswi Teknik Bukan Berarti Kamu Gak Bisa Jaga Penampilan

Ditulis oleh Ayu Amaliah

Perbandingan jumlah mahasiswa dan mahasiswi di fakultas teknik memang terpaut jauh. Mayoritas peminat fakultas teknik adalah kaum adam, but gak sedikit juga kaum hawa yang tertarik, misal fakultas teknik sipil UNTAD memiliki jumlah mahasiswi yang “wajar” jika dibandingkan dengan jumlah mahasiswi teknik mesin yang bisa dihitung jari.

Jadwal perkuliahan yang ketat, deadline tugas besar, tugas kecil, laporan praktikum, jadwal asistensi yang bisa molor kapan aja, dan berbagai dinamika lain akan menjadi jawaban atas pertanyaan teman kamu yang “prihatin” dengan penampilanmu. Dan kamu mulai menjelaskan secara detail kegiatan perkuliahanmu lalu menutupnya dengan kesimpulan “sehari 24 jam itu gak bakal cukup dehh, aku sama sekali gak punya waktu buat ngurusin penampilan, lagian di fakultasku gak ada yang peduli soal itu juga”

Waiiit, bener gak sih?

1. ASISTENSI OMAIGAT

mahasiswi-tidur

Memang sih jadwal dan tugas di fakultas teknik kadang terasa gak masuk akal. Kamu jadi terbiasa begadang hingga waktu subuh dan parahnya lagi jam 8 harus segera asistensi di kampus. Disaat injury time seperti ini, banyak mahasiswi yang datang ke kampus dengan penampilan yang gak maksimal, seperti wajah dengan mata merah, rambut kucel, atau bahkan gak mandi. Wkwkwk, but ladies, hal seperti ini gak baik lho jika dilakukan terus menerus.

Penampilanmu yang kucel saat hendak asistensi akibat begadang semalaman akan memperburuk dan menambah aura negatif tugas yang kamu kerjakan. Seolah-olah kamu gak bisa menyelesaikannya secara prima. Jika waktu asistensinya benar-benar mepet, kamu bisa mandi kilat atau gak perlu mandi, tetapi berganti pakaian dan mencuci muka serta menyikat gigi, lalu menambah riasan tipis untuk memberi kesan segar pada wajah. Penampilan yang baik akan menambah optimisme dan rasa percaya diri kamu sebelum asistensi

2. KULIAH LAPANGAN

mahasiswi-teknik

Mendaki gunung, ke laut, masuk hutan, ke desa-desa, survey jalan dan berbagai destinasi lainnya adalah salah satu kegiatan yang butuh ekstra perhatian nih ladies. Gak bisa dipungkiri kalo cewek tuh selalu paling ribet dan selalu bawa barang lebih banyak daripada yang cowok. Harus cermat dalam mengatur barang ya girls, hal-hal berikut bisa kamu lakukan untuk mengurangi beban berat tas kamu tetapi tidak mengurangi penampilan

  • Pilih kaos/kemeja dengan bahan tipis tetapi gak transparan, misal kaos dengan warna-warna gelap seperti hitam, coklat, biru tua.
  • Membawa jeans/training secukupnya. Bagi mahasiswi muslim berjilbab, biasanya mengganti jeans dengan rok/training/celana kain yang tentunya gak ketat. Coba siasati dengan memakai terusan, dengan begitu kamu gak perlu membawa kaos/kemeja/rok sehingga menambah space di tas kamu untuk memuat keperluan lain. Dengan baju terusan, kamu jadi gak wasting time too much hanya untuk ganti baju.
  • Pilihlah jilbab yang gak begitu berat dan praktis, seperti jilbab pasang atau jilbab segitiga.
  • Benda ini wajib kamu bawa saat kulap ya girls, so kamu ga perlu bawa daleman yang banyak, tinggal ganti panti aja. Untuk yang lebih praktis, kamu bisa bawa disposable panties/celana dalam kertas.
  • Jaket parasut. Jangan lupa jaketnya ya girls. Lebih praktis untuk membawa jaket parasut ketimbang jaket berbahan wol karna melindungi kamu dari hujan
  • Deodoran, tisu kering/basah, perfume. Ini benar benar life saver girls, setelah seharian praktek di lapangan tentu kamu butuh yang namanya mandi, tetapi kamar mandi/wc biasanya gak ada dan sumber airpun jauh. Tiga benda ini wajib dibawa biar kamu tetap bersih dan harum.

Setelah kulap dan tiba dirumah masing-masing(or kosan), kamu perlu istrahat dan memanjakan diri. Luluran/maskeran is a great choice!

3. WAKTU SHOLAT

mahasiswi sholat

Buat para mahasiswi muslim, waktu sebelum/setelah sholat bisa dijadikan waktu tambahan untuk mengurus diri. Sebelum berwudhu, lebih baik mencuci wajah dengan facial foam agar wajah kembali segar. Gunakan tisu basah untuk membersihkan diri seperlunya. Setelah sholat perbaiki rambut, jilbab, pakaian dan riasan wajah biar kamu keliatan brand new lagi

 

Selain 3 tips di atas, masih banyak tips lainnya untuk tetap menjaga penampilan kamu sebagai mahasiswi teknik. Yang perlu kamu lakukan adalah konsisten. Akan ada masanya dimana kamu benar-benar sibuk hingga gak tidur sama sekali, but gak berarti itu menjadi excuses ya girls. Stay healthy juga sangat penting. Jangan sering-sering makan sari laut/mas joko, mie, gorengan, dan makanan enak nan harmful lainnya. Olahraga, bisa dengan jalan kaki dari jurusan kamu ke jurusan lain yang masih manusiawi jaraknya. Manfaatkan waktu sebaik mungkin ya girls, kalau ga ada sesuatu yang penting untuk dilakukan sebaiknya waktu kosong kamu digunakan untuk tidur, so kamu bisa tetap fit untuk menjalani kuliah.

Selamat mencoba!

Comments

comments

Tentang Penulis

Ayu Amaliah

%d blogger menyukai ini: