Lifestyle

7 Tempat Wisata Terfavorit Yang Instamgrable Untuk Momen Liburanmu

Ditulis Oleh Sulkifly tallesang

“Libur telah tiba, libur telah tiba” mungkin itu salah satu kalimat yang sangat di tunggu untuk kalangan mahasiswa.

Liburan merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa untuk bisa meluangkan waktunya demi kebebasan dari jam-jam padat selama mereka mengeluti dunia perkuliahan. Nahhh !! tentunya kalian sudah memiliki niat pergi liburan bersama orang-orang yang kalian sayangi seperti bersama sahabat,keluarga atau bersama gebetan baru, ayyyee.

Kali ini penulis akan membantu kalian memberikan informasi tempat wisata di sulawesi tengah yang cukup tenar dan favorite dimata para sosialita, diantaranya :

1. Air Terjun Wera

Air terjun wera

Air terjun ini berada dikawasan wisata wera tepatnya dibawah lereng gunung watusidae. Jika kalian warga kota palu atau kabupaten sigi tentunya tidak asing lagi dengan air terjun ini. Jaraknya sekitar 19 km dari kota palu, yaitu terletak di desa bulunpewa kecamatan dolo kabupaten sigi provinsi sulawesi tengah. Sebelum mencapai pusat air terjun ini kalian akan mendaki selama 2 km yang penuh dengan batu-batuan sungai dan jurang. Jadi utamakan keselamatan kalian selama pendakian.

2. Pantai Tanjung Karang

Pantai Tanjung Karang via prince-john-dive-resort.com

Seperti namanya pantai ini sarat dengan terumbu karang. Tanjung Karang berada di teluk Palu, yang masuk kedalam wilayah Kota Donggala. Pantai Tanjung Karang menjadi obyak wisata favorit bagi warga Palu. Tanjung Karang berjarak sekitar 40 kilo meter dari pusat Kota Palu, dengan adanya jalan Trans Sulawesi yang beraspal mulus akan memudahkan para wisatawan untuk menuju kawasan. Bagi pecinta diving dan snorkeling kawasan ini sangat cocok karena airnya yang sangat jernih dan Tanjung karang dikenal kaya akan terumbu karang serta masih banyak lagii wahana-wahana bawah air yang disiapkan oleh pengurus pantai tanjung karang.

3. Pantai Kaluku

pantai-kaluku

Pantai Kaluku via skyscrapercity.com

Pantai Kaluku memiliki air laut yang sangat jernih dan juga memiliki pasir putih yang sangat indah. dan tidak heran kalau nama Pantai tersebut dimanakan Pantai Kaluku karena disekitar pesisir pantai tersebut ada banyak pepohonan kelapa yang berdiri kokoh dan gagah dengan hembusan angin laut sehingga suara-suara persentuhan antara dedaunan kelapa menjadi keunikan tersendiri dari Pantai Kaluku yang berada di desa limboro tersebut. Pantai kaluku berada di desa Limboro, kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala. Jika anda ingin berkunjung ke Pantai Kaluku anda bisa menggunakan transportasi roda dua atau dengan kendaraan bermotor dan bisa juga roda empat atau mobil dengan waktu tempu sekitar 1 jam 17 menit dari kota Palu melalui Jalan Trans Palu – Donggala.

4. Pusat Laut

pusat laut donggala

Pusat Laut via taufikhdayat.blogspot.co.id

Pusat Laut Donggala, begitu masyarakat sekitar menyebutnya dan disinyalir tempat wisata ini adalah satu-satunya yang ada di dunia. Pusat Laut Donggala berada di kawasan Pantai Donggala, pusat laut ini memiliki bentuk seperti sumur raksasa dengan ukiran bebatuan besar yang terbentuk alamai yang berdiameter 10 meter dan mempunyai kedalaman 7 meter. Air di dalamnya berasa asin seperti air laut dan berwarna jernih kebiru-biruan. Konon katanya ada sebuah lubang yang menghubungkan antara pantai dan pusat laut ini, karena jaraknya dari bibir pantai hanya sekitar 500 meter. Pusat Laut Donggala terdapat di Area pantai Donggala yang berlokasi di Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Propinsi Sulawesi Tengah. apabila dari Kota Palu bisa menggunakan kendaraan pribadi yang berjarak sekitar 45 kilometer atau dengan jarak tempuh 45 menit perjalanan.

5. Taipa Beach

Taipa Beach Palu

Taipa Beach via taufikhdayat.blogspot.co.id

Wisata pantai, memang tidak ada matinya, kata para pemburu dan penikmat panorama alam. Deburan ombak diiringi hembusan angin semilir, seolah memberi energi baru dan bisa menghilangkan kepenatan karena rutinitas perkuliahan. Ditambah lagi, berbagai kegiatan wisata yang dapat dinikmati di pantai,mulai dari berbagai permainan water sport hingga keindahan biota bawah laut, memberi kesan mendalam bagi para pelancong. Gambaran tersebut bisa kita dapatkan di tempat wisata Taipa Beach yang terletak dikota Palu Sulawesi Tengah. Kota Palu sebagai ibukota propinsi memang memiliki banyak obyek wisata pantai yang sangat menarik dan layak dijadikan referensi bagi para wisatawan lokal dan Mancanegara. Ada beberapa fasilitas yang disediakan di twmpat wisata ini seperti cottage, gazebo, danau buatan sepeda air dan rumah danau , kolam renang dan water boom , cafe, meeting room dan weeding party. Akses menuju keTaipa beach memang cukup mudah.Letaknya sekitar 15 kilo meter arah utara Kota Palu, dengan jarak tempuh perjalanan sekitar 15 menit.

6. Pantai Sivalenta

Pantai Sivalenta via Metrosulawesi.com

Salah satu tujuan wisata yang bisa dijadikan alternatif saat akhir liburan akhir semester adalah Siwalentasalapene, Desa Lende Ntovea, Kecamatan Sirenja, Donggala. Lokasinya berada sekitar 95 kilometer di arah Utara Kota Palu dengan jarak tempuh sekitar 2-3 jam dari Ibu Kota Sulawesi Tengah. Riak ombak di tepi pantai yang disekitarnya terdapat sejumlah gugusan bebatuan dan karang ini, menjadi tujuan wisata favorit warga sekitar yang ingin sekedar bersantai maupun melepas penat di akhir semester.

7. Danau tambing

Danau Tambing

Danau Tambing via youtube.com

Indahnya panorama alam, riuhnya kicau burung akan menyambut kita sesampainya di tepi Danau Tambing. Kabut pagi masih menggantung di atas danau yang luasnya tak sampai 1 hektare itu. Segar rasanya pikiran. Terletak tak jauh dari jalan poros Palu-Napu, sekitar 80 kilometer ke arah selatan Kota Palu, Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah, Taman Nasional seluas 217.000 hektare ini mudah dicapai dengan sepeda motor juga mobil. Ada beberapa daerah kawasan hutan dan non-hutan yang membangun Taman Nasional ini. Salah satunya adalah Danau Tambing dengan ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Lokasi Danau Tambing adalah bagian dari salah satu kawasan Taman Nasional di Indonesia. Terletak di wilayah Kabupaten Donggala, Sigi dan Poso. Di kawasan ini kita bisa menemukan sekitar 263 jenis burung. Bahkan, sebanyak 30 persen di antaranya merupakan endemik, artinya tidak bisa ditemukan di daerah lain. Selain itu jika kalian mau kesana jangan lupa membawa pancing karna kalian bisa memancing di sekitaran danau itu.

Jadi, itulah beberapa tempat liburan bagi kalian yang sedang pengen berlibur di akhir semester ini. Daripada Cuma di kost atau rumah gak tau mau bikin apa mending manfaatkan waktu kosongnya dengan liburan

Comments

comments

Tentang Penulis

Sulkifly tallesang

%d blogger menyukai ini: