Tips & Trick

5 Tips Jitu mengatasi Bosan pada saat mengikuti Pelatihan Indoor

Ditulis Oleh Retno Budiasih

Sudah menjadi hal wajar jika dalam mengikuti sebuah pelatihan apalagi kegiatan indoor perasaan bosan seringkali muncul, apalagi jika kegiatannya hanya duduk, di seratai pemberian materi yang terus-menerus, akhirnya pelatihan yang kita ikuti tak ada gunanya karena kita tidak bisa menerima materi dengan baik. So, kalian yang punya sifat cepat bosan terhadap suatu aktivitas statis dalam waktu yang lama, apalagi kalau narasumbernya dari awal sudah tak menarik, tak perlu risau terhadap itu. Admin akan berikan tips mengatasinya saat kalian di hinggapi rasa bosan. Biasanya implementasi dari rasa bosan adalah respon mengantuk maka sebelum masuk ke ruangan kamu perlu melakukan 5 Hal berikut :
1.    Membawa Permen dan air Minum
Pastikan kamu membawa beberapa permen diutamakan yang rasa mint, dan pastikan cukup sampai habis materi hal ini bertujuan agar beberapa sarafmu tidak statis. kemudian jangan lupa bawa air minum, yang ini menurut selera ya, tapi di utamakan air putih saja. Salah satu penyebab mengantuk di tengah-tengah aktivitas biasanya karena dehidrasi, maka ketika serangan datang sebaiknya kamu segera minum air putih.
2.    Duduk Bersama Sahabat
Hal ini perlu kamu perhatikan, saat mengikuti pelatihan usahakan kamu sudah mengenal teman samping kiri, kanan, depan,belakang hal ini bertujuan agar kamu punya teman berceritas sesaat. tapi bukan beraarti kamu sibuka buat forum sendiri saat pelatihan berlangsung. yang di maksud adalah ketika kamu mulai tidak fokus atau ada pernyataan yang tertinggal kamu bisa mengkonfirmasi pada teman-teman di sekelilingmu. dan yang siapa tau beruntung ada yang mau memberikan pijatan gratis di selingan pelatihan.
3.    Fokus
Perhatikan denga n seksama apa yang di sampaikan narasumber, buat mindset bahwa segalanya itu penting, kareana kalau kamu tidak memperhatikan apa yang di sampaikan oleh narasumber buat apa kamu buang-buang waktu duduk di pelatihan.  Sama seperti ketika kita menyampaikan sesuatu yang penting tapi ternyata audience kita malah tidak fokus, hal itu pasti bikin sesak diri kita sendiri, nah coba posisikan diri kita sebagai narasumber saat itu.

4.    Izin Sejenak
Kalau ternyata rasa kantuk mulai hinggap tak ada salahnya kamu segera minta izin ke toilet untuk membasuh mukamu, lebih baik lagi jika berwudhu (untuk muslim). setelah itu ambil waktu untuk peregangan sedikit agar beberap saraf motorik dinamis kembali, hal paling mudah yang kamu bisa lakukan adalah dengan manarik nafas dalam-dalam lalu hembuskan perlahan, agar oksigen bisa masuk ke otak. Jika sudah terlalu mengantuk cobalah untuk tidur sejenak sekitar 10-15 menit yakin dan percaya kamu akan kembali segar seperti di awal kamu datang (tapi bukan untuk jadi kebiasaan atau pilihan pertama ya).
5.    Bertanya
Nah ini hal wajib yang harus kamu lakukan, apapun situasinya kamu wajib bertanya pada sesi diskusi. hal ini dapat membantu kamu mengatasi mengantuk karena fokusmu akan bertambah 100% setelah kamu mengajukan pertanyaan. tanyakan apa saja yang membuatmu bingung, kalau kamu bingung dengan sebuah pertanyaan silahkan tanyakan sesuatu yang penting meskipun kamu sudah mengetahui jawababnnya. Karena bisa saja peertanyaanmu ini menjadi pertanyaan orang lain yang malu-malu sehingga dia kan merasa terbantu dengan pertanyaanmu dan yang paling penting sebagain besar peserta pelatihan akan mengenalmu, maka jangan lupa memeprekenal diri sebelum bertanya, (nama, dan asal institusimu).
Baik, mudah-mudahan 5 tips itu membantumu untuk mengikuti pelatihan indoor ya, pastikan kamu dapat ilmunya biar tidak rugi.

Comments

comments

Tentang Penulis

Retno Budiasih

Perempuan yang sedang belajar memahami arti penerimaan, belajar memaknai segala sesuatu dari sudut pandang berbeda, penulis yang belajar dari tulisannya ^^. CEO Project Langit 2017 & Dedikasi tertinggi untuk Kebaikan.
Blogretnobudiasih.tumblr.com

%d blogger menyukai ini: