Lomba & Beasiswa

Kamu Mahasiswa Aktif? Ini Beberapa Beasiswa yang Bisa Kamu Raih

Ditulis oleh Moh Fadhel

Setiap tahunnya Universitas pasti memiliki beberapa beasiswa, baik beasiswa dari pemerintah maupun beasiswa dari perusahaan. Demikian pula dengan Universitas tempat kamu kuliah, ada beberapa jenis beasiswa yang kamu bisa dapatkan semasa kuliah.

Beasiswa dalam kampus terbagi atas dua jenis, yaitu beasiswa berprestasi dan beasiswa kurang mampu. Beasiswa berprestasi di peruntukan bagi mahasiswa yang berprestasi sedangkan Beasiswa bantuan uang kuliah diperuntukan bagi mahasiswa yang berprestasi tapi kurang beruntung dangan masalah ekonomi.

Sebelum kita berbicara ke jenis-jenis Beasiswa yang ada di Universitas, ada baiknya mempersiapkan terlebih dahulu hal-hal/ persyaratan yang menunjang untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut.

  1. IPK harus tinggi, IPK ini merupakan syarat paling utama, berdasarkan yang saya amati IPK minimal < 3.5, sebenarnya 3.0-3.5 juga masih memiliki peluang tapi pelungnya kecil karena banyak saingan. Jadi persiapkan dirimu dari awal dengan cara rajin belajar dan berdoa.
  2. Aktif Berorganisasi, ini juga salah satu penunjang untuk mendapatkan beasiswa, makin banyak pengalaman tetntunya, membanyak sertifikat dan menambah CV.
  3. Perkenalkan diri, tunjukan bahwa anda mampu bersaing jadi bisa direkomendasikan oleh dosen-dosen.
  4. Cari informasinya, jangan jadi mahasiswa yang orang bilang “mahasiswa kupu-kupu”, usahakan aktif cari informasi dikampus.
  5. Persiapakan sejak awal persyaratan- persayaratanya, fotokopy seperi kartu keluarga, pasfoto, fotocopy KTP, fotocopy kartu mahasiswa, kliring nilai, Fotocopy piagam atau bukti prestasi lainnya , dan lainya agara saat dapat infonya lansung bisa di eksekusi.
  6. Dan masih banyak persyaratan lainya tergantung jenis beasiswa yang anda pilih.

Ini beberapa beasiswa yang bisa kamu dapatkan :

1 PPA, (Peningkatan Prestasi Akademik)

PPA adalah beasiswa yang berasal dari Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan sudah ada sejak tahun 2012 . Beasiswa ini merupakan beasiswa yang paling banyak diincar oleh mahasiswa. PPA dibuka bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada jenjang S1 maupun diploma dan minimal telah menempuh semester II. Beasiswa PPA dibuka setiap tahun pada semester ganjil. Terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi bagi mahasiswa. Lebih lengkapnya kunjungi http://anakuntad.com/2017/01/info-beasiswa-ppa/

2 Beasiswa BBM

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa memiliki kemampuan akademik baik tetapi kemampuan ekonominya kurang mampu diberikan beasiswa, Untuk meningkatkan pemerataan dan kesempatan belajar mahasiswa yang mengalami kesulitan membayar biaya Pendidikan dikarenakan orang tua kurang mampu. Lebih lengkapnya kunjungi http://untad.ac.id/beasiswa/

3 Beasiswa Lembaga/UKM

Beasiswa ini jarang diketahui oleh mahasiswa karena hanya mahasiswa yang tergabung disalahsatu lembaga yang mengetahui. Beasiswa ini biasanya direkomendasikan beberapa orang yang aktif dalam satu lembaga oleh ketua atau penanggungjawab lembaga tersebut. Misalnya BEM, DPM dan lainya.

4 Beasiswa BCA

PT BCA Finance yang bergerak pada sektor pembiayaan dengan fokus pembiayaan pada kendaraan bermobil dan berinduk pada perusahaan PT Bank Central Asia Tbk ini ingin berkontribusi diri pada mecerdaskan kehidupan bangsa. Realisasinya yaitu meluncurkan program beasiswa bagi anak bangsa. Program beasiswa yang diselenggarakan oleh BCA merupakan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility). Ada 5 info yang perlu diketahui tentang program beasiswa tersebut. Lebih lengkapnya kunjungi http://blog.batikindonesia.com

5 Beasiswa Djarum

Djarum, Sejak 1984, Djarum Foundation terus konsisten dalam memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Langkah ini diawali kesadaran bahwa pendidikan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bangsa dalam mewujudkan masa depan yang lebih baik. Djarum Foundation turut berperan aktif dalam memajukan pendidikan di Indonesia melalui program beasiswa prestasi (merit based scholarship) yang dikenal sebagai Djarum Beasiswa Plus bagi mahasiswa berprestasi tinggi di Indonesia. Sejak 1984, Djarum Foundation terus konsisten dalam memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Langkah ini diawali kesadaran bahwa pendidikan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bangsa dalam mewujudkan masa depan yang lebih baik.Djarum Foundation turut berperan aktif dalam memajukan pendidikan di Indonesia melalui program beasiswa prestasi (merit based scholarship) yang dikenal sebagai Djarum Beasiswa Plus bagi mahasiswa berprestasi tinggi di Indonesia.Sejak 1984, Djarum Foundation terus konsisten dalam memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Langkah ini diawali kesadaran bahwa pendidikan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bangsa dalam mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Djarum Foundation turut berperan aktif dalam memajukan pendidikan di Indonesia melalui program beasiswa prestasi (merit based scholarship) yang dikenal sebagai Djarum Beasiswa Plus bagi mahasiswa berprestasi tinggi di Indonesia.

Sejak 1984, Djarum Foundation terus konsisten dalam memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Langkah ini diawali kesadaran bahwa pendidikan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bangsa dalam mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Djarum Foundation turut berperan aktif dalam memajukan pendidikan di Indonesia melalui program beasiswa prestasi (merit based scholarship) yang dikenal sebagai Djarum Beasiswa Plus bagi mahasiswa berprestasi tinggi di Indonesia. Info selengkapnya kunjungi https://djarumbeasiswaplus.org/

6 Beasiswa KSE (Karya Salemba Empat)

Yayasan Karya Salemba Empat didirikan pada tahun 1998 oleh delapan orang alumni FEUI Angkatan 1984 yang percaya bahwa masa depan bangsa sangat ditentukan dari tingkat pendidikan yang didapat. Mereka merasa bahwa negara telah banyak membantu dimasa kuliah, sehingga mereka berkewajiban untuk memberikan kembali subsidi yang telah diberikan Negara. Bentuk pengembalian yang mereka lakukan adalah dengan memberikan beasiswa kepada para mahasiswa yang mengalami kesulitan finansial untuk menyelesaikan studi mereka. Yayasan Karya Salemba Empat percaya bahwa upaya bersama-sama dalam mencerdaskan kehidupan Bangsa adalah kunci untuk masa depan Bangsa. Melalui pendidikan akan menghasilkan insan-insan yang cerdas yang menjadi modal utama bangsa ini. Kami berkeyakinan bahwa setiap insan manusia harus diberi kesempatan yang sama dalam pendidikan. Kerjasama yang baik yang telah terjalin antara Yayasan, Donatur dan Civitas Akademika selama ini menjadi faktor utama semakin berkembang pesatnya Yayasan Karya Salemba Empat. Kami akan terus fokus untuk memfasilitasi jenjang pendidikan formal melalui program beasiswa bagi para mahasiswa yang mengalami kesulitan finansial di Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia. Info selengkapnya kunjungi https://www.karyasalemba4.org/

7 Beasiswa Bank BNI

Beasiswa Bank BNI diberikan kepada para mahasiswa berprestasi di Indonesia agar menjadi lebih semangat dalam menggapai cita – cita yang diinginkanya. Oleh karena itu Bank BNI memberikan pelayanan berupa beasiswa untuk para mahasiswa berprestasi. BNI atau Bank Negara Indonesia adalah sebuah bank milik pemerintah, dalam hal ini adalah Kementerian BUMN di Indonesia. Bank Negara Indonesia (BNI) adalah bank komersial tertua dalam Indonesia dan didirikan pada tanggal 5 Juli 1946. Info selengkapnya kunjungi https://kampusaja.com/persyaratan-pendaftaran-beasiswa-bank-bni-46/

8 Beasiswa Bidikmisi

kita sebagai mahasiswa pasti sudah mengetahui beasiswa ini, beasiswa ini dibekan sejak masuk kuliah, tapi tdk menutup kemungkinan saat kita sudah dalam proses perkuliahan akan mendapat beasiswa ini, dengan cara menjadi pengganti. Biasanya ada mahasiswa penerima bidikmisi yang IPKnya tidak memenihi syarat akan digantikan dengan mahasiswa yang IPKnya tinggi. Hal ini sudah banyak terjadi, tapi jangan terlalu berharap ya.

9 Beasiswa dari perusahaan lain yang kerjasama dengan Kampus, Beasiswa ini biasanya sangat banyak tetapi publikasinya kurang, maka dari itu mahasiswa harus rajin  mencari informasinya di pihak birokrasi kampus.

Itulah beberapa daftar beasiswa yang ada di kampus yang bisa kami informasikan, selebihnya mahasiswa harus aktif mencari informasi lansung dibagian birokrasi kampus ataupun di media-media yang memeberikan informasi mengenai beasiswa. Tapi ingat ya, Mahasiswa hanya bisa mendapatkan satu jenis beasiswa dalam waktu yang bersaman, jangan serakah

Comments

comments

Tentang Penulis

Moh Fadhel

%d blogger menyukai ini: