Ngaku Dekan, Mahasiswa UNTAD Kena Tipu 5 Juta

Sitti (nama samaran) Angkatan 2016 Program Studi Peternakan, tidak menduga bahwa telepon yang mengatasnamakan Dekan Fakultas Peternakan Dan Perikanan kepadanya adalah penipuan. Mahasiswi Fakultas Peternakan Dan Perikanan, Universitas Tadulako ini mengaku telah menerima telepon yang mengatasnamakan Dekan Fapetkan, Prof. Burhanudin Sundu untuk mengikuti seminar yang akan dilaksanakan di Jakarta. Pelaku menelepon Bunga untuk segera mentransfer sejumlah uang ke rekening pelaku.

Pelaku pun berdalih akan mengirim biaya akomodasi ke rekening Bunga sebesar 5 juta rupiah. Pelaku pun menyuruh Bunga untuk pergi ke ATM dengan dalih mengecek uang akomodasi yang akan dikirmkan ke rekeningan Bunga.

Bersama ibunya, Bunga pun menuturkan, setelah di ATM, ibunya pun diminta pelaku untuk mengikuti instruksi yang diperintahkan oleh pelaku, salah satunya ialah menyuruh Bunga mentransfer sejumlah uang.

Kasus penipuan berkedok seminar dengan mengatasnamakan dari Pihak Rektorat dan Pimpinan Fakultas bukan hanya terjadi kali ini, penipuan berupa Telepon dan SMS sering ditujukan kepada mahasiswa dan diharapkan lebih berhati-hati dengan kasus penipuan tersebut.

Modus penipuan yang dilakukan antara lain :

  • Menghubungi korban melalui Telepon dan SMS atau mengirimkan surat ke calon korban
  • Mengiming-imingi calon korban dengan fasilitas dan dana
  • Berdalih akan mengirimkan dana, meminta nomor rekening calon korban
  • Meminta calon korban ke ATM untuk mengecek dana masuk
  • Berdalih waktu telah mendesak, meminta calon korban segera mengikuti instruksi penipu
  • Meminta calon korban memencet tombol-tombol ATM sesuai instruksi dari penipu (padahal upaya ini dilakukan untuk menguras isi rekening calon korban)

Diterbitkan

dalam

oleh