Untad Masuk 20 Besar Kampus Terbaik di Indonesia

Belum lama ini 4icu.org memerikan kejutan karena rilis terbarunya menempatkan Untad pada urutan ke-21 sebagai kampus Terbaik di Indonesia dan menjadikan Untad kampus terbaik ke-2 se-Indonesia Timur. Kini situs pemeringkat universitas dunia lainnya, Webometrics.info kembali memberikan kejutan yang tak kalah membahagiakan. Sebab rilis per Januari 2017 menempatkan Untad pada urutan ke-18 kampus terbaik se-Indonesia. Juga masuk dalam daftar 3.000 kampus terbaik di dunia!

Kabar ini sangat membahagiakan, pasalnya prestasi ini menunjukkan bahwa kampus Untad telah siap bersaing dalam percaturan kampus-kampus terbaik Indonesia.

kampus Untad terbaik di Indonesia

Sebagai informasi, webometric bekerja memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia berdasarkan kinerja dari website resmi yang dimiliki universitas masing-masing. Rangking webometrics ini di dasarkan 4 kriteria yaitu presence (20%), impact (50%), openness (15%), dan excellence (15%) sebagai kriteria penilaian. Apa itu?

Presence (20%) adalah Jumlah halaman web host dalam webdomain utama (termasuk semua subdomain dan direktori) dari universitas yang diindeks oleh mesin pencari Google.

Impact (50%) adalah kualitas konten dievaluasi melalui “virtual referendum” dengan menghitung semua external inlinks (backlink) yang diterima oleh webdomain Universitas dari pihak ketiga, seperti blog atau website eksternal lain, contoh: backlink situs untad.ac.id oleh web anakUntad.com, dll

Openness (15%) merupakan jumlah file dokumen Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online/open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar). Serta yang terakhir

Excellence (15%) merupakan jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking  dan di Google Scholar.

Kesemua indikator ini menunjukkan keterbukaan akses dan informasi dari perguruan tinggi kepada masyarakat global. Sebab berdasarkan kriteria ini sebuah perguruan tinggi bisa dikatakan baik jika memiliki rata-rata yang tinggi dalam menghasilkan karya ilmiah, jurnal, penemuan, dan tentu saja hasil – hasil temuan tersebut tentu harus bisa diketahui dan bermanfaat bagi orang banyak. Dan salah satu cara publikasinya kepada global ialah melalui media elektronik seperti blog dan website.

Prestasi ini patut kita beri apresiasi bersama. Bila perlu seluruh civitas akademika Untad didorong untuk aktif melakukan aktifitas akademik serta publikasi informasi dan karya ilmiah. Sehingga kelak nama Untad bisa masuk dalam deretan 10 besar kampus terbaik di Indonesia.

Berikut 20 kampus terbaik di Indonesia versi Webometrics.info per Januari 2017

  1. Universitas Gadjah Mada
  2. Universitas Indonesia
  3. Institute of Technology Bandung
  4. Bogor Agricultural University
  5. Brawijaya University
  6. Universitas Padjadjaran
  7. Universitas Diponegoro
  8. Universitas Riau
  9. Universitas Udayana
  10. Universitas Airlangga
  11. Universitas Sebelas Maret
  12. Universitas Syiah Kuala
  13. Universitas Hasanuddin
  14. Universitas Lampung
  15. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  16. Universitas Jenderal Soedirman
  17. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  18. Universitas Tadulako
  19. Petra Christian University
  20. Bina Nusantara BINUS University

Diterbitkan

dalam

oleh