Opini Tahukah Kamu

Apa Jadinya Jika Kita Hidup Tanpa Smartphone?

Ngaku deh, kamu lebih rela ketinggalan dompet atau smartphone? Yakin banget kamu lebih rela ketinggalan dompet daripada smartphone. Soalnya lewat smartphone kamu bukan hanya bisa berkomunikasi, tapi juga melakukan pembayaran ini itu.

Gak cuma itu saja, smartphone juga bisa menjadi teman penghiburmu di kala bosan. Lantas, pernahkah terlintas di benak kamu, apa jadinya dunia jika tidak ada smartphone?

Dari zamannya featured phone seperti Nokia 3310, alat komunikasi terus berkembang hingga menjadi smartphone. Sebenarnya, perkembangan smartphone berkaitan erat dengan perkembangan internet di dunia. Maka, jika tidak ada smartphone di dunia, yang akan terjadi adalah:

1. Surat Menyurat Lewat Kantor Pos

Salah satu teknologi lama yang tergantikan fungsinya oleh smartphone adalah kantor pos. Gimana nggak, dengan smartphone yang terhubung ke internet, kita bisa berkirim pesan lebih cepat lewat email atau aplikasi chatting.

2. BlackBerry dan Apple Hanya Nama Buah

Diakui atau tidak, nama BlackBerry dan Apple saat ini bukan lagi sekedar buah, tapi sudah menjadi perusahaan teknologi ternama. Dan jika tidak ada smartphone, maka mereka tetaplah menjadi nama buah yang bisa kamu dapatkan di supermarket.

3. BBM Cuma Ada di Pom Bensin

Jauh sebelum ada smartphone, istilah BBM di Indonesia digunakan untuk mewakili Bahan Bakar Minyak yang tersedia di pom bensin atau warung. Tapi sejak ada smartphone, BBM jadi BlackBerry Messenger yang bisa dibawa ke mana saja, kapan saja, dan untuk berbagai keperluan komunikasi.

4. Gak Bisa Selfie

Tanpa adanya smartphone, istilah selfie mungkin tidak akan terlahir. Meski sebenarnya bisa saja selfie pake kamera digital, tapi hasilnya pasti tidak akan semaksimal saat menggunakan kamera depan di smartphone, kan?

5. Mantengin Komputer Seharian

Tanpa smartphone, kamu bisa saja tetap berkirim email atau chatting menggunakan komputer. Tapi hal ini jelas akan mengurangi mobilitas dan produktivitas kamu. Soalnya kamu jadi harus mantengin komputer sehari semalam. Selain gak efektif, chatting di depan komputer terlalu lama juga bisa membahayakan mata kamu loh. Udah gitu bisa-bisa tagihan listrik kamu membengkak!

Menurut kamu, apa lagi sih yang akan terjadi jika tidak ada smartphone di kehidupan kita saat ini? Share ya pendapat kamu!

Sumber : Jalantikus.com

Tentang Penulis

Syarifah Suad Saleh Al idrus

Chief Marketing Officer dan Jurnalis anakUntad.com. Pendidikan Biologi FKIP Untad.
IG : @syarifahsuadsalehalidrus