Tips & Trick

Tips Antigalau Memilih Jurusan Kampus yang Tepat Sesuai Potensimu

Ditulis Oleh Syarifah Suad

Sudah menentukan jurusan yang tepat untuk memilih kampus favoritmu? Tidak terasa waktu berputar begitu cepat. Dalam hitungan beberapa bulan ke depan, kamu akan menghadapi Ujian Nasional (UN) dan tes masuk perguruan tinggi. Meski jadwalmu kini sedang padat. Kamu harus pintar dalam menyeimbangkan waktu supaya jadwal yang telah disusun dengan baik berjalan sesuai keinginanmu.

Selain menentukan perguruan tinggi yang akan kamu tuju, memilih jurusan merupakan sesuatu yang tidak kalah penting juga. Pastikan kamu menentukan jurusan yang sesuai dengan potensimu. Nah, kali ini penulis akan mengulas tips untuk kamu yang sedang bingung dan galau dalam menentukan jurusan. Yuk, simak ulasan berikut!
Tentukan prioritas jurusan yang kamu minati
Langkah awal ini sangat penting bagi kamu yang masih bingung memilih jurusan apa yang tepat ketika melanjutkan ke perguruan tinggi yang diminati. Pasalnya, memutuskan jurusan yang sesuai dengan skill yang kamu miliki akan berpengaruh besar pada aktivitas kuliah kamu nantinya. Jadi, tentukan dari sekarang supaya tidak salah jurusan ya. Kemudian, bagaimana caranya agar tepat dalam memilih jurusan di kampus?

Salah satu cara untuk mengidentifikasi jurusan yang relevan dengan potensi kamu ialah coba kamu cek rapormu selama di sekolah. Kamu lihat bidang pelajaran apa yang paling menonjol dan kamu kuasai dengan baik atau bisa juga hobi apa yang membuat kamu jadi produktif serta memiliki hasrat yang besar untuk terus menggalinya lebih dalam. Dengan begitu, secara tidak langsung kamu akan mempunyai energi positif yang kamu alami dan rasakan pada pilihan jurusan yang sudah diteguhkan.
Tentukan mentor yang tepat
Setelah menetapkan jurusan yang diminati, langkah selanjutnya ialah menemukan mentor yang tepat. Fungsi adanya mentor adalah dapat memberikan bimbingan atau nasihat yang bermanfaat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam mengupayakan supaya tujuanmu tetap . Di saat fokus tujuanmu sedang atau kurang bersemangat, adanya mentor membuatmu termotivasi kembali dan bergairah karena mendapatkan saran yang membangun dalam mewujudkan impianmu masuk perguruan tinggi favorit.

Untuk menentukan mentor yang tepat, kamu bisa menemukannya di lingkungan terdekat, misalnya guru, atau kakak kelas yang menurut kamu dapat dipercaya dan mampu memberikan saran atau masukan yang berarti setiap langkah yang kamu ambil. Terus semangat ya!
Berdoa dan Belajar Semaksimal Mungkin
Setelah kamu menetapkan jurusan yang sesuai dengan tipikal dan potensimu, langkah progres selanjutnya ialah belajar dengan segenap kemampuanmu. Berusahalah dengan kerja keras dan selalu berdoa untuk mencapai hasil yang terbaik. Asah kemampuanmu dengan berlatih soal secara mandiri atau berkelompok dengan teman yang memiliki motivasi yang tinggi.

Belajar harus sepanjang hayat. Tidak hanya kamu harus belajar ketika sedang menempuh ujian masuk perguruan tinggi dan setelahnya pun maksimalkan wawasan ilmu pengetahuan kamu dengan meningkatkan minat baca yang luas. Tingkatkan kemampuan analisa berpikir kamu dengan aktif melakukan penelitian yang sesuai dengan jurusan dan program studi sehingga kamu berkompeten di bidangnya. Jadilah berbeda dari yang lain dan unik. Dengan pencapaian kapasitas yang begitu maksimal selama menimba ilmu dengan baik, pasti banyak perusahaan yang mengincarmu.

Nah, itulah tips yang bisa kamu coba. Semoga dapat membantu yaa.. Fighting Pejuang Muda!!

 

Sumber : Trivia.id

 

Comments

comments

Tentang Penulis

Syarifah Suad

%d blogger menyukai ini: