2.583 Mahasiswa Untad Terancam D.O, Ini Pesan Rektor

MENGETUK HATI ANAK-ANAKKU MAHASISWA ANGKATAN 2010
Oleh Rektor Untad, Prof Dr Ir Muhammad Basir SE MS

Assalamu Alaikum War Wab
Selamat Sore, Salam Sejahtera
Om Swasti Astu……

Sama sekali tidak bermaksud membuat anak-anakku mahasiswa Universitas Tadulako Angkatan 2010 untuk galau dengan informasi yang kami sampaikan. Apalagi harus merasa sudah kehilangan masa depan. Sekali lagi, jangan sampai seperti itu. Justru sebaliknya, kami harap, anak-anakku harus bangkit dan terus menggelorakan hasrat untuk sukses dengan segala duka dan tantangan yang ada di hadapan kalian.

Baru saja saya membuka Sistem Administrasi Akademik (Siakad) melalu IT Center Universitas Tadulako. Sungguh di luar dugaan, dan seolah saya tidak percaya bila anak-anakku mahasiswa Angkatan 2010 yang belum merampungkan studinya masih berada dalam jumlah yang sagat besar.

Dari total mahasiswa Angkatan 2010 sebanyak 6.514 orang, yang telah dinyatakan selesai baru 3.832 orang atau 60,36% dan masih terdapat 2.583 orang atau 39,64% yang belum merampungkan studinya. Dari 2.583 mahasiswa tersebut, ternyata terdapat 1.770 orang yang tidak terdaftar pada semester Akhir 2016/2017 alias tidak aktif sehingga otomatis tidak dapat mengikuti proses akademik, mulai dari proses perkuliahan bagi yang masih memiliki kredit yang belum dilulusi maupun kegiatan lain seperti bimbingan dan penelitian karya tulis akhir mahasiswa (Skiripsi dan atau sebutan lain yang sejenis).

Jumlah mahasiswa Angkatan 2010 yang terdaftar sebagai mahasiswa aktif Semester yang sedang berjalan ini hanya 813 orang, dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, hanya yang 813 orang yang memiliki peluang untuk menyelesaikan pendidikannya di Program Studinya masing-masing.

PERLU SAYA SAMPAIKAN kepada anak-anakku angkatan 2010 bahwa batas akhir masa studi kalian adalah Tanggal 30 Juni 2017 hingga Pukul 00.00 Wita sebelum menyeberang pada Tanggal 1 Juli 2017, sebagai hari pertama di tahun kedelapan keberadaan anak-anakku di Kampus Universitas Tadulako. Siakad yang Daring (Link) dengan Kemenristek Dikti, akan “Men-DELETE” secara otomatis nama mahasiswa yang memiliki Nomor Stambuk (Nomor Registrasi) dengan Kode “10” sebagai Kode sistem bahwa yang bersangkutan adalah mahasiswa Angkatan 2010.

MASIH ADA ASA UNTUK ANAK-ANAKKU
Saya mohon dengan hormat dari lubuk hati yang paling dalam, agar anak-anakku yang merasa, terutama yang 813 orang yang tercatat sebagai mahasiswa aktif semester berjalan, untuk segera memacu diri. Segera tuntaskan karya ilmiah tugas akhir yang sedang berjalan untuk lebih dipercepat proses penyelesaiannya agar sebelum tiba Tanggal 30 Juni 2017 hingga pukul 00.00 Wita masih dapat menempuh Ujian Akhir Karya Tulis Ilmiah (UAKTI) di Prodinya masing-masing.

KEPADA BAPAK Wakil Rektor Bidang Akademik, Bapak Dekan Fakultas, Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Koordinator Prodi, Dosen Pembimbing Karya Tulis Mahasiswa, serta dosen yang sedang melaksanakan proses pembelajaran, dan ada pesertanya angkatan 2010, kiranya diberi perhatian sungguh-sungguh. Mereka adalah anak kita semua, generasi penerus cita-cita bangsa. Mereka hendaknya dipandang dan diperlakukan ibarat Anak kandung sendiri yang sedang berada dalam “KEGALAUAN” yang sangat mendalam.

Kepada Orangtua/Wali mahasiswa, Kakak-kakak atau adik-adik mereka di rumah, hendaknya mengambil bagian untuk ikut memberi semangat, dorongan, serta ikut memantau perkebangan studi mereka sehingga sisa waktu yang tersedia sebanyak 3 (tiga) bulan atau 90 hari dari sekarang hingga 30 Juni 2017, masih dapat mengantarkan mereka meraih cita-citanya menjadi Alumni Universitas Tadulako.

Khusus Anak-anakku Angkatan 2010 yang berjumlah 1.770 orang yang namanya tidak terdaftar dalam Siakad Semester ini agar segera melaporkan diri ke Prodi masing-masing, atau langsung ke Dekan Fakultas, atau ke Wakil Rektor Bidang Akademik, atau langsung ke Saya, untuk didengar, apakah masih ada peluang, misalnya karena pernah mengambil Cuti Akademik. Jika tahu bahwa sudah tidak ada peluang merampungkan studi, saya imbau dengan sungguh-sungguh, agar anak-anakku segera Mengurus Surat Pindah sebelum tiba Tanggal 30 Juni 2017. Jika sampai tanggal 30 Juni 2017 tidak ada informasi, dan setelah lewat tanggal tersebut masih berkesempatan ke kampus, kami masih dapat memfasilitasi memberi Surat Keterangan Belajar, berikut Daftar Nilai matakuliah yang telah dilulusi.

Sungguh berat rasanya jika anak-anakku harus meninggalkan kampus tanpa hasil sebagaimana yang diharapan. Bukan hanya kalian yang kecewa, tetapi orang tua dan keluarga juga sangat terpukul dan kami sebagai orangtua kalian di kampus juga merasa sedih dengan situasi ini. Sekali lagi, kiranya anak-anakku angkatan 2010 segera bangkit. Masih ada waktu dan kami yakin. Jika Tekad dan semangat masih membara, Insya Allah cita-cita luhur anak-anakku bukan hal yang mustahil yang pada akhirnya menjadi kenyataan. Allah tidak pernah menyia-nyiakan perjuangan dan doa tulus dalam perjuangan.

SELAMAT BERJUANG NANDA, DAN JANGAN LUPA MENABUR IKHTIAR DAN DOA

***

Baca Juga:

Memalsukan Nilai Akademik 103 Mahasiswa Untad Dikeluarkan


Diterbitkan

dalam

oleh