Info Kampus

Ingin Masuk Untad? Ini Besaran Biaya UKT Masing-Masing Program Studi

Ditulis oleh Satrio Amrullah

Bagi kamu yang ingin masuk Untad atau melanjutkan jenjang perkuliahan, ada baiknya mengetahui skema biaya perkuliahan yang di sebut UKT atau Uang Kuliah Tunggal. Kalau di SMA kita sering menyebutnya SPP nah di bangku kuliah sebutannya berganti menjadi UKT 🙂

Namun apa itu sebenarnya UKT?

UKT adalah suatu sistem pembayaran uang kuliah yang dibebankan kepada mahasiswa yang diringkas menjadi satu kali pembayaran tiap semester. Dari awal masuk perkuliahan hingga lulus, tanpa ada biaya pungutan lain seperti pembayaran Kuliah Kerja Nyata (KKN), wisuda, praktikum dan lain sebagainya. Berbeda dengan masa SMA dimana biaya SPP didiskusikan antara pihak sekolah dan wali murid, di perguruan tinggi besaran biaya UKT ditentukan oleh peraturan menteri riset, teknologi dan pendidikan tinggi (Permendikti).

Besaran biaya UKT masing-masing mahasiswa bisa berbeda-beda. Hal ini disebabkan kebijakan pemerintah yang memerintahkan bahwa setiap PTN harus mengakomodir minimal 20% mahasiswa dari keluarga kurang mampu. Sehingga UKT tiap kampus dibagi dalam berbagai kelompok, contoh: UKT Kelompok 1 (dari keluarga kurang mampu), UKT kelompok 2 (dari keluarga berpenghasilan menengah), UKT kelompok 3 (dari keluarga sejahtera), dsb.

Di Untad sendiri UKT nya mengacu kepada Permenristekdikti No. 39 Tahun 2016 tentang Biaya UKT pada PTN di lingkungan Kemenristekdikti yang terbagi dalam 5 kelompok kategori. Kategori kelompok I, II, III, IV dan V. Dimana pembagian kelomok UKT ini didasarkan pada kemapuan orang tua dalam membiayai perkuliahan anaknya dibuktikan dengan surat penghasilan orang tua.

Sudah cukup dimengerti kan? Kalau sudah kita langsung ke intinya ya 🙂

Buat kamu calon mahasiswa baru kampus Untad berikut ini adalah biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) masing-masing program studi yang harus kamu persiapkan

Semoga informasi ini dapat membantumu ya. Good luck. Sampai bertemu dikampus Tadulako 🙂

 

BACA JUGA

Berapa Biaya Masuk Kedokteran Untad? Berikut Estimasi Yang Harus Kamu Persiapkan

Comments

comments

Tentang Penulis

Satrio Amrullah

Mahasiswa fisika. Pemimpi

%d blogger menyukai ini: