Tips & Trick

Tips dan Trik Menghadapi Soal SBMPTN Matematika

Ditulis oleh Ana Puji Lestari

Artikel ini ditujukan khusus buat kamu para siswa SMA kelas 12 yang sebentar lagi akan menghadapi ujian masuk perguruan tinggi. Buat kamu yang sebelumnya gagal dalam proses SNMPTN, tenang saja masih ada jalur SBMPTN dan jalur mandiri. Namun, agar kegagalanmu tidak terulang lagi, tentunya kamu harus melakukan berbagai persiapan. Dalam artikel ini akan membahas tentang cara menghadapi soal matematika pada tes SBMPTN. Mengapa matematika? Karena beberapa siswa sering melakukan kesalahan dalam persiapan yakni hanya terfokus pada materi kelas 12. Padahal, materi kelas 12 hanya sebagian kecil saja yang keluar dalam soal ujian SBMPTN. Nah kesalahan lain, adalah siswa masih sering mempersiapkan diri dalam waktu yang cukup mepet. Ingat loh, sukses gak bisa didapat dalam waktu semalam. Butuh kerja keras dari jauh-jauh hari agar kamu bisa sukses mengerjakan soal ujian.
Tidak ada kata terlambat. 16 Mei 2017 mendatang kalian akan melaksanakan ujian. Masih ada waktu sekitar dua minggu ya untuk persiapan. Berikut tips dan trik menghadapi soal SBMPTN Matematika:

1.Pahami Persebaran Materi Ujian
Dalam satu soal SBMPTN matematika biasanya memuat beberapa topik. Jadi kamu perlu menguasai topik dasarnya agar bisa menyelesaikan topik yang lain. Boleh jadi dalam 1 soal memuat 3 konsep matematika. Berikut adalah contoh diagram persebaran topik SBMPTN matematika dasar yang dikutip dari situs zenius.net.

Coba lihat grafik tersebut menunjukkan bahwa materi persamaan kuadrat merupakan materi yang paling penting untuk dikuasai. Sebab, boleh jadi materi tersebut akan dikaitkan dengan konsep yang lain. Sebagai contoh:

Pada soal tersebut memuat dua materi yakni tentang persamaan kuadrat dan barisan aritmatika. Olehnya itu, kemampuan mu pada kedua materi tersebut dibutuhkan agar mampu mengerjakan soal SBMPTN matematika.

2.Perbanyak Latihan Soal

Setelah kamu mengetahui materi apa saja yang akan diujiikan nantinya, tentu kamu perlu banyak latihan. Sekarang kamu bisa mendownload materi ataupun soal-soal SBMPTN dari internet. Semakin banyak latihan dengan beragam soal itu akan lebih baik lagi.

3.Buat Kelompok Belajar

Agar kamu benar-benar siap menghadapi Ujian, sepertinya kamu juga perlu membuat kelompok belajar atau diskusi tentang soal SBMPTN matematika. Dengan begitu kamu akan mendapatkan referensi jawaban dan beragam analisa dari temanmu yang lain akan lebih memudahkan kamu dalam belajar. Sebab, ketika kamu belajar sendiri dan tiba-tiba terjebak dalam soal yang sulit pasti kamu akan merasa bosan karena tidak ada teman yang bisa bertukar pikiran dengan kamu.

4.Belajar per Materi dulu Kemudian Lanjut Mengerjakan Soal yang Rumit

Salah satu kekeliruan siswa adalah pada saat belajar langsung mengerjakan soal yang rumit. Padahal, agar dapat mengerjakan soal SBMPTN matematika dibutuhkan pula kemampuan matematika dasar. Sebaiknya kamu perlu mereview kembali materi dasar matematika yang perlu kamu permantap kemudian kamu bisa lanjut mengerjakan soal mulai dari tingkat rendah, sedang dan tinggi.

5.Berdoa dan Jaga Kesehatan

Bagian kelima ini adalah yang paling penting yakni berdoa. Mintalah restu kepada orangtua mu agar kamu bisa mengerjakan soal SBMPTN dengan mudah. Selain itu kamu juga harus jaga kesehatan. Agar pada saat hari ujian tiba, kamu bisa konsentrasi dalam mengerjakan soal.
Selamat berjuang, semoga tips dan trik ini bermanfaaat buat adik-adik yang akan menjalani ujian SBMPTN.

Penulis:
Ana Puji Lestari, S.Pd
Mentor Matematika Bunga Raya Education Club
Pembimbing Olimpiade MTs N 3 Kota Palu

Comments

comments

Tentang Penulis

Ana Puji Lestari

Penulis merupakan Alumni S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tadulako.

%d blogger menyukai ini: