Hello Para Mahasiswa Rantau, Begini Tips Memilih Kost !

Guys, beberapa di antara kalian mungkin adalah mahasiswa perantau. Tentunya, sebagai mahasiswa rantau, kamu butuh tempat tinggal “baru” karena gak mungkin kan kamu bawa rumah dari daerah asal mu?

Nah, satu hal yang pertama kali harus dan wajib dicari oleh para mahasiswa rantau bila telah tiba di tempat tujuan adalah kost. Yups, bisa dibilang kost itu adalah kebutuhan primer mahasiswa rantau, apalagi yang tidak memiliki keluarga di daerah tempatnya menuntut ilmu. Tentunya kita mesti mencari kost yang bikin kita nyaman tinggal di dalamnya.

Cari kost itu kayak cari jodoh, :D. Iyalah, karena sebaik-baiknya kost yang bakal kita tinggali itu, harus kita sendiri yang cari, kenali sendiri, pedekate sendiri, sampai pada akhirnya kita merasa cocok dengan tempatnya. Jangan mau dijodohin yaaa kalau cari kost alias cari kost pakai calo :P.

Ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan agar memilih kost yang aman dan nyaman terutama bagi pemula.

1. Tidak perlu Mewah

Guys, memilih kost itu penting. Tapi gak perlu kost yang terlalu mewah. Sederhana sajalah. Karena kalian merantau tujuannya adalah kuliah bukan untuk bermewah-mewahan. Standarnya sih satu petak kost itu dikelilingi pagar besi, aliran airnya lancar, dan tegangan listriknya cukup.

2. Peraturan kost

Sebaiknya kamu memilih kost yang ada penjaganya atau istilah yang akrab kita dengar adalah “Ibu Kost”. Kenapa? Supaya kost kita ada yang kontrol, meskipun kita sudah berada di luar kost. Paling penting adalah pilih kost yang memiliki peraturan yang tegas. Jadi, kalau ada yang melanggar bakalan dapat sanksinya. Jangan lupa tanyakan ke pemilik kost, apa saja yang boleh di bawa. Kali aja dilarang bawa hewan 😀 .

Sebelum dibayar mending tanyakan juga barang elektronik apa aja yang boleh dibawa. Karena biasanya ada kost yang bebas biaya tagihan listrik, tapi kalau bawa barang – barang elektronik seperti TV, Rice Cooker, Kulkas, bebannya bertambah.

3. Khusus para wanita

Buat para wanita, sebaiknya pilih kost yang lokasinya terpisah antara kost pria dan wanita. Jangan memilih kost yang di area samping kanan, kiri, depan belakang kostnya berupa tanah kosong atau hutan. Pilihlah kost yang kamar mandinya tertutup aman atau ada di dalam kost kamu, bukan yang di luar.

4. Strategis

Ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih kost. Salah satunya adalah berada di tempat strategis, seperti dekat kios, tempat jual makanan, penjual pulsa, dan tempat fotokopi. Nah, buat kamu yang gak punya kendaraan pribadi, kost yang berada dekat pangkalan ojek very recommended.

5. Orang – orang di sekitar Kost

Mungkin di antara kalian ada yang karakternya suka teman yang solid, peduli, bisa diajak ngobrol dan lain – lain. Nah, kamu yang tipenya seperti ini pilihlah kost yang penghuni disekitaran kost itu orang – orang yang sudah kamu kenal, mungkin senior kamu atau teman- teman kampus mu. Boleh juga kamu memilih kost yang sewanya satu rumah, biayanya juga lebih murah kalau kamu patungan dengan teman – teman yang lain. Tapi, ada juga yang tipenya individualis. Buat kamu yang punya karakter individualis bisa memilih kost yang langsung masuk per kamar bukan kost yang bentuknya rumahan. Ini sepertinya privasi kamu akan lebih terjaga.

Mau konsultasi tentang kot-kost yang ada di Kota Palu?? Hubungi kostpalu.com


Diterbitkan

dalam

oleh