Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tahukah Kamu

Benarkah Untad Merupakan Kampus Terluas se-Asia Tenggara?

Ditulis Oleh Satrio Amrullah

Kampus Untad Tondo

Berbicara tentang luas kampus, setiap mahasiswa Untad pasti pernah mendengar isu ini. Bahwa Untad merupakan kampus terluas se-Indonesia, bahkan se-Asia Tenggara. Entah sejak kapan isu ini mulai beredar yang jelas banyak mahasiswa Untad mempercayai isu tersebut. Namun benarkah demikian? Mari kita lihat faktanya

Luas Kampus Untad

Universitas Tadulako (disingkat Untad) berdiri pada tahun 14 Agustus 1981. Hingga saat ini Untad telah memiliki 10 Fakultas dan 1 Pascasarna dengan 43 program studi S1, 5 program studi D3, 14 Program studi S2, 2 program studi S3 dan 1 program profesi. Jumlah mahasiswanya mencapai 29.525 orang, dosen 1127 orang beserta pegawai yang berjumlah 492 orang. Sehingga tidak heran jika Untad memiliki lahan kampus yang cukup luas. [1]

Berdasarkan Buku Panduan Akademik yang dikeluarkan Universitas, luas kampus utama Untad (Kampus Bumi Kaktus Tadulako Tondo) adalah 250 Ha, dengan rincian 75% digunakan sebagai area perkuliahan dan 25% sisanya sebagai area perumahan dosen. [2] Perlu diketahui 25% lahan kampus yang digunakan sebagai perumahan dosen tersebut berada terpisah dengan area perkuliahan dan sejauh yang kita ketahui ternyata dapat dimiliki secara pribadi.  Fakta lainnya karena ketidakjelasan pemilikan tersebut sehingga sampai saat ini masih ada beberapa lahan yang menjadi lahan sengketa dengan warga setempat. Dengan mengabaikan masalah tersebut maka luas area kampus Untad sesungguhnya tidak lebih dari 200 Hektar saja.

Dengan luas tersebut benarkah Untad merupakan kampus terluas se-Indonesia bahkan se-Asia Tenggara?

Sayangnya, ternyata isu tersebut tidak benar adanya. Walaupun area kampus Untad cukup luas namun ternyata masih banyak kampus-kampus lainnya di Indonesia yang lebih luas dibandingkan kampus Untad, bahkan tiga kali lebih luas. Tidak percaya?

Berikut ini adalah faktanya, inilah 10 kampus terluas di Indonesia bahkan di Asia Tenggara!

 

PREV        1  |  2  |  3  |  4  |  5  |  6  |  7  |  8  |  9  |  10        NEXT

Tentang Penulis

Satrio Amrullah