H-1 SBMPTN, Apa yang Perlu Dipersiapkan ?

Sebentar lagi ribuan peserta Seleksi Bersama Masuk peguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan bersaing untuk mengerjakan soal – soal ujian. Pada H-1 SBMPTN ini, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan agar tidak menghambat kamu saat mengikuti ujian SBMPTN.

1.Perlengkapan Alat Tulis
Pastikan kamu sudah menyiapkan alat tulis yang akan digunakan saat SBMPTN besok, seperti pensil 2B (kalau bisa lebih dari satu), penghapus karet yang baik, dan papan alas menulis. Agar kamu tidak lupa, sebaiknya sejak malam harinya semua kelengkapan alat tulis dimasukkan ke dalam tas yang akan kamu bawa pada keesokan harinya

2. Pakaian
Saat mengikuti ujian SBMPTN memang tidak disyaratkan untuk mengenakan pakaian seragam sekolah. Tapi, sebaiknya kamu perlu juga untuk mempersiapkan pakaian yang sopan dan rapi. Memang batasan sopan beda- beda, tapi sebaiknya kamu menghindari pakaian yang aneh – aneh. Sebab, ini mau tes bukan fashion show, jadi jangan pakai V-neck. Sepatu perlu juga disiapkan ya, jangan sampai nyeker.

3.Jam Tangan dan Tissue
Untuk memudahkan kamu membagi waktu saat mengerjakan soal SBMPTN sebaiknya bawalah jam tangan. Ingat ya, jangan mengandalkan jam di handphone, sebab pada saat ujian pengawas meminta untuk mematikan handphone.

Nah, kalau tissue gunanya untuk ngelap keringat.

4.Cek Kelengkapan Kendaraan.
Bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi saat ujian SBMPTN, sebaiknya kamu perlu juga untuk memperhatikan kelengkapan kendaraaan kamu, mulai dari bensin, ban, dan jangan lupa membawa SIM & STNK. Apalagi akhir-akhir ini jalan menuju kampus Untad sering terjadi Sweeping. Jangan sampai kamu telat karena ditahan oleh polisi.

5. Survei Lokasi Ujian
Mungkin diantara kalian pastinya ada yang berasal dari daerah luar yang jauh dari lokasi ujian. Sebaiknya kamu juga perlu memeriksa rute kendaraan umum, jalur terdekat menuju lokasi ujian & jalur-jalur altenatif menuju lokasi ujian. Ini penting dilakukan agar kamu tidak nyasar.

Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi ujian perlu kamu perhitungkan. Agar kamu bisa menghindari kemacetan atau kemungkinan lain yang bisa bikin kamu terlambat.

Pada sore hari sebelum hari pelaksanaan ujian, kamu bisa juga periksa ruangan ujian. Agar kamu tidak kebingungan mencari ruangan pada saat hari H. Kalau perlu cek ruangan yang di dalamnya ada nomor ujian kamu.

6. Dokumen Penting
Dokumen wajib yang perlu kamu bawa adalah KTP (Kartu Tanda Pengenal) dan Kartu ujian SBMPTN 2015. Sebab, keduanya akan digunakan sebagai syarat verifikasi peserta SBMPTN. Kalau perlu difotocopy sebagai cadangan. Mungkin kamu juga perlu persiapkan fotocopy ijazah atau SKHUN.

7. Berdo’a
Terakhir, demi ketenangan dan kelacaran kamu saat mengikuti ujian SBMPTN, sebaiknya kamu berdo’a.

Demikianlah persipan yang perlu kamu lakukan pada H-1 SBMPTN. Kalau ada yang perlu ditambahkan silahkan komentar di postingan ini.

Selamat mencoba,semoga sukses ujiannya.


Diterbitkan

dalam

oleh

Tags: