6 Hal Positif yang Kamu Rasakan saat Mengikuti PMJ (Penerimaan Mahasiswa Jurusan)

WELCOME MABA1
Hallo Mahasiswa Baru UNTAD 2015 🙂
Hari ini mungkin kalian sedang berjuang untuk malawan kegiatan PENERIMAAN MAHASISWA BARU TINGKAT JURUSAN (PMJ). Para mahasiswa senior paham dengan perasaan para MABA. Hingga terdengar kata-kata yang terucap dari para MABA bahwa “kami tidak ingin ikut”. Bagi para MABA mungkin tidak ada artinya kegiatan PMJ, penuh dengan kekerasan, buaang-buang waktu, atau dianggap sebagai ajang untuk balas dendam. Disini, penulis hanya ingin memberikan sedikit pencerahan, simak baik baik!!!

Sebenarnya PMJ itu juga punya nilai positif, yakni:

1. Disinilah para MABA merasakan bagaimana rasanya berjuang bersama dengan teman-teman, keja sama yang baik dan tidak egois. Pernahkah kalian berpikir, bagaimana rasanya berjuang di medan perang?. Nah disinilah sedikit gambaran tentang itu

2. Bagaimana rasanya berjuang sendiri? Penulis yakin, dari sekian banyak mahasiswa sebagian besar hanya duduk dan menunggu bantuan dari orang tua.

3. Pengenalan dengan jurusan. Pertama kali masuk kampus/ jurusan, para MABA pasti belum punya gambaran tentang dunia kampus. Disinilah para MABA akan mendapat informasi dasar tentang dunia kampus. Mulai dari tipe-tipe doses, jenis tugas-tugas kuliah dan cara mengurusi administrasi di kampus.

4. PMJ juga menjadi wadah untuk memperkenalkan diri kepada senior maupun teman-teman seperjuangan. Mungkin beberapa diantara para MABA berpikir siapa sih senior itu? apa yang mereka tau?. Ingat, mereka sudah pernah melalui jalan yang kita akan lalui. Disinilah kesempatan para MABA untuk belajar dari para senior.

5. Dengan mengikuti PMJ, para MABA akan punya cerita yang tak kan pernah terlupakan. Mungkin, kalian akan selalu membawa cerita ini sampai kalian punya cucu nantinya.

6. Setelah mengikuti kegiatan PMJ, kalian akan tau rasanya “MERDEKA”. Mungkin kalian akan menangis karena senang, setelah itu kalian tidak akan merasaakan hal itu lagi.

Demikianlah gambaran kecil, tentang yang penulis rasakan saat mengikuti kegiatan PMJ.
Penulis mendukung para MABA tidak mengikuti kegiatan PMJ. TAPI! “SAYA LEBIH MENDUKUNG KALIAN MENGIKUTI”

“Bagi yang membaca, jangan berpikir penulis mendoktrin kalian.” No, No, No . . . Penulis hanya memberitahukan apa yang telah dialami. Jangan hanya berpikir yang buruk konco 🙂
Penulis: Fadel Gamba (Mahasiswa Fakultas Teknik UNTAD 2012)


Diterbitkan

dalam

oleh