7 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Agar Sukses Menjalani PPL di Sekolah

Khusus buat mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendikan Untad, bila ingin menyelesaikan studinya harus menjalani yang namanya Program Pengalaman Lapangan (PPL). PPL sangat falmiliar dengan istilah praktik mengajar di sekolah. Biasanya, PPL diintegrasikan dengan kuliah kerja nyata yang dilaksanakan selama tiga bulan. Ada tujuh hal yang bisa kamu lakukan, agar bisa sukses saat menjalani PPL.

1. Datang Tepat Waktu

Terkadang, jarak antara posko dengan sekolah yang menjadi tempat kita PPL kamu agak jauh. So, dalam kondisi seperti ini mestinya kamu pandai dalam mengatur waktu. Usahakan kamu datang di sekolah tepat waktu. Kamu mungkin terbiasa ke kampus jam 8, tapi pada saat PPL kamu sudah harus berada di sekolah pada jam 7 pagi. Malu kan, sama siswa atau guru-guru yang lain kalau kamu telat datang ke sekolah. Selain itu, kedisiplinan juga termasuk dalam kriteria penilaian saat PPL.

2. Manfaatkan Waktu Luang untuk Buat RPP
Saat menjalani masa PPL, kamu akan berperan layaknya seorang guru. Hal yang harus kamu lakukan sebelum mengajar adalah membuat rancangan perencanaan pembelajaran (RPP). Ini juga merupakan tugas utama mahasiswa, karena di akhir kegiatan PPL, minimal kamu harus mengumpulkan 18 RPP.
Meskipun itu sedikit, kalau kamu menunda untuk mengerjakannya, maka akan berakibat fatal. Jangan sampai kamu keteteran dengan tugas-tugas PPL dan pelaksanaan program kerja KKN. Nah, solusinya adalah ketika kamu punya waktu luang di sekolah atau tidak ada jam mengajar, daripada kamu hanya ngobrol sama teman-teman lebih baik manfaatkan waktumu untuk membuat RPP. Sekalian kamu bisa konsultasi dengan guru pamong.


3. Coba Lebih Akrab dengan Guru dan Kepala Sekolah

Selama berada di sekolah PPL, mestinya kamu juga harus pandai bergaul dengan guru-guru dan kepala sekolah. Anggap saja bahwa kamu adalah bagian dari sekolah itu. Selain itu, kamu juga harus memanfaatkan waktumu untuk berdiskusi dengan guru-guru mengenai manajemen persekolahan.

4. Buat Program Kerja Persekolahan
Kamu juga bisa membuat struktur pengurus PPL di sekolah. Mungkin dengan menentukan ketua, bendahara dan sekretaris. Selain kegiatan teaching, kamu juga harus melakukan kegiatan non teaching yang bisa memberikan manfaat bagi sekolah PPL mu. Bergabunglah bersama OSIS sekolah, agar kamu bisa melaksanakan kegiatan ekstra seperti lomba kebersihan antar kelas, lomba olahraga dan seni, atau kegiatan bimbingan IT.


5. Jaga Kerapian dan Kesopanan

Sebagai calon pendidik, ketika berada di sekolah PPL kamu juga harus pandai menjaga penampilan dan sikap. Bagi laki-laki yang mungkin seorang perokok, hindari merokok pada saat berada di sekolah. Tunjukkan sikap yang baik dihadapan siswa agar kamu patut untuk diteladani.

6. Mengajar dengan Cara Kreatif
Ketika berada di kelas, kreatifitas mengajar sangatlah dituntut. Sebab, hal ini akan melatih skill kamu dalam hal mengajar. Percaya diri dan jangan malu ketika berada di kelas. Kurang lebih ada dua puluh pasang bola mata memandangi mu depan kelas. Jadi, kamu harus berperan seperti guru yang sesungguhnya. Terapkanlah sistem pembelajaran yang menyenangkan agar siswa tidak merasa bosan.


7. Sabar menghadapi Siswa

Karakter siswa dalam suatu kelas tentunya berbeda-beda. Ada yang pendiam, suka cerita dengan temannya atau mungkin jahil dengan gurunya. Saat menghadapi siswa yang karakternya jahil, sebaiknya kamu jangan cepat marah. Sebab, ketika kamu marah maka ada kemungkinan mereka jadi malas ketemu kamu dan berdampak pada motivasi belajarnya. Berilah hukuman yang mendidik. Jangan marah apalagi memukuli siswa. Hindari juga kata-kata yang bersifat ancaman. Karena hal ini akan membuat siswa jadi trauma.


Diterbitkan

dalam

oleh

Tags: