Mengapa Mahasiswa Harus Berbisnis?

virgin-media-business-300x225
Berbisnis tidak harus menunggu kamu lulus kuliah. Sedini mungkin kamu dapat mencoba berbisnis misalkan memulai bisnis saat masih kuliah. Ada beberapa alasan mengapa seorang mahasiswa harus mencoba berbisnis saat masih kuliah, diantaranya:
1. Belajar Mandiri
Usia mahasiswa biasanya berada di atas 17 tahun dan harus disadari bahwa seorang mahasiswa sebaiknya bisa mandiri. Mahasiswa sebaiknya berpikir untuk tidak merepotkan orangtua lagi. Minimal kamu sudah bisa memiliki penghasilan sendiri untuk membiayai kebutuhan pribadi seperti beli bensin, pulsa, memenuhi duit jajan, dan lain-lain. Cara paling mudah untuk berbisnis pada saat kuliah adalah dengan berdagang. Kamu bisa mencoba usaha dagang pulsa, pakaian atau makanan ringan.

2. Persiapan Menghadapi Pasar bebas ASEAN
Mahasiswa sebagai kaum inteletual terdidik, memiliki pemikiran yang luas terutama dalam menghadapi tantangan di masa depan. Salah satu tantangan yang harus dihadapi mahasiswa adalah hadirnya pasar bebas ASEAN yang mengharuskan mahasiswa bukan hanya sekedar menjadi job seeker tapi menjadi job creator.

3. Berbisnis Peluangnya bagi Siapa Saja

Setelah lulus kuliah, kamu mau jadi apa? Bisa jadi PNS atau anggota DPR. Tapi, ingat seberapa besar peluangnya bagi kita. Apakah kita siap bersaing? Nah, untuk menjadi pebisnis, semua orang bisa.

4. Pasar Terbesar adalah di Kampus

Kampus adalah tempat yang dapat dijadikan peluang besar dalam berbisnis. Ada ribuan mahasiswa yang siap kamu jadikan sebagai target pasar. Apalagi intensitas pertemuan di kampus lebih intensif karena adanya kesamaan aktifitas perkuliahan atau kegiatan organisasi. Olehnya itu kampus bisa jadi market terbesar kita dalam berbisnis. Kamu bisa memulai bisnis sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, misalnya penjualan pakaian, jilbab, jasa print, penjualan ATK, dll.

5. Uji Coba Peluang Bisnis yang Sesuai
Saat masih kuliah adalah waktu yang tepat untuk memulai bisnis. Tak perlu takut akan kegagalan yang membuat kita khawatir dalam melangkah. Kalau pun saat kuliah kita gagal dalam berbisnis, wajar saja. Sebab kita masih dalam tahap belajar. Justru dengan memulai bisnis sejak dini, kamu akan cepat mengatahui jenis usaha apa yang cocok dengan diri kita. Kesesuaian bisnis akan dapat diketahui setelah kita mencoba.


Diterbitkan

dalam

oleh