Menu

Mode Gelap
Gara-Gara Tawuran, Kapolresta Palu Sebut Pegelaran Futsal Dan Bola Kaki Mahasiswa Untad Ditiadakan Dulu Gerak Cepat! Polresta Palu Amankan 2 Oknum Mahasiswa Bawa Sajam Tawuran Di Untad Dipicu Perselisihan Olahraga, Mahasiswa 2 Fakultas Di Untad Tawuran Viral! Video Aksi Sejumlah Senior Menganiaya Mahasiswa Baru Di Unismuh Makassar Duh! Mendikbud Nadiem Makarim Bakal Lakukan Rekrutmen Guru lewat Marketplace

Tips & Trick · 7 Nov 2015 11:22 WIB ·

4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan sebagai Mahasiswa Baru


 4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan sebagai Mahasiswa Baru Perbesar

Sudah jalan hampir satu semester, tapi kamunya masih bingung jadi mahasiswa itu harusnya kayak gimana sih?? nah, inilah beberapa tips buat kamu yang sedang menjalani hari-hari sebagai Maba, alias Mahasiswa Baru.

1. Tanamkan pada diri kamu bahwa “Saya bukanlah Anak SMA lagi!”

Terkadang nih yaa, meskipun pada kodratnya kamu yang sekarang adalah seorang Mahasiswa, tapi sikap dan sifat kamu masih sedikit kekanak-kanakan seperti pada waktu SMA dahulu. Contoh: Ketika kamu terlalu malu atas dirimu sendiri. Misal saat dosen sedang mengajukan pertanyaan, lalu sebenarnya kamu bisa menjawab. Tapi karena kamu lebih mendahulukan Malu dan tidak percaya diri, kamu pun hanya diam dan menghilangkan kesempatan mendapatkan point dari beliau. Be brave guys. Mungkin kamu merasa terkejut dengan pola perkuliahan yang berbeda dibandingkan dengan saat kamu bersekolah. Tapi justru perkuliahan akan menunjukkan jati diri kamu, membuatmu lebih dewasa, dan mengarahkan kamu ke masa depan lebih baik. Tentunya tergantung dengan bagaimana kamu menyikapi setiap suka-duka yang akan kamu lewati.

2. Jangan pernah berfikir bahwa 4 tahun ke depan itu “masih lama”

Kamu salah besar jika menganggap perjuangan kamu sudah cukup ketika kamu dinyatakan lulus masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. You know what? Justru berjuang lulus dari PTN, jauh lebih sulit dibandingkan dengan ketika kamu berjuang menjadi Mahasiswa. Waktu akan berjalan tanpa terasa. Tiba-tiba kamu sudah satu tahun menjalani perkuliahan, eh taunya kamu sudah menjadi seorang senior, lalu seterusnya kamu akan menjadi mahasiswa tingkat akhir yang dipusingkan dengan Skripsi beserta setiap revisinya. Semua itu akan berjalan begitu saja. Dan ketika Toga sudah melekat di kepala kamu, kamu pun akan berfikir “Waahhh .. waktu terasa sangat cepat berlalu. Rasa-rasanya baru kemarin saya menjalani Ormik. Rasa-rasanya baru kemarin skripsi saya dicoret-coret dosen. Sekarang, otw to the next education, atau otw to career, atau bahkan otw pelaminan”. Enjoy it, but Don’t waste you time!

3. Bersosialisasi, miliki banyak relasi

Sungguh merugi jika kamu hanya berteman dengan teman yang itu-itu-saja. Selain mempunyai sahabat setia, kamu juga harus memiliki teman yang banyak. Tidak ada satupun seseorang yang sukses dan memiliki materi berlimpah itu tidak memiliki relasi. Karna tanpa relasi, tidak akan terjalin kerjasama. Ada banyak hal mengejutkan lainnya jika kamu mencoba berkenalan dengan banyak orang yang memiliki sifat dan sikap yang berbeda-beda. Misal: jika kamu membangun relasi dengan teman-teman yang cerdas, kamu akan berbaur dengan kecerdasan mereka. Jika kamu membangun relasi dengan Mapala, kamu akan berbaur pula dengan sifat setia kawan yang mereka miliki. Jika kamu membangun relasi dengan dosen, kamu akan merasa lebih percaya diri dalam menghadapi proses perkuliahan. Jika kamu membangun relasi dengan pengusaha, kamu akan berbaur dengan sikap berjuang dan pantang menyerah. Pun jika kamu membangun relasi dengan anak kost, kamu akan mengerti tentang kemandirian dan betapa berharganya uang Rp100,- pada akhir bulan yang membuatmu belajar untuk berhemat. Hidup ini tidak akan selalu bahagia. Akan ada saatnya kamu terjatuh. Dan teman-temanmu lah tempat untuk berbagi bahagia dan duka.

4. Belajar menulis dari sekarang

Mahasiswa yang tidak bisa menulis itu dijamin kesulitan mendapatkan gelar Sarjana. Kamu akan dihadapkan dengan berbagai perkulihan yang mewajibkan untuk menulis. Seperti menulis Makalah, Proposal, KTI, Laporan, bahkan Skripsi. Memang sih di zaman yang serba simple ini sudah banyak tersedia “jasa pengetikan atau mbah google yang menyediakan fasilitas copy-paste”. Tapi kenyataannya, hidup tidak se-simple itu. Kuliah bertahun-tahun, bayar SPP berjuta-juta, serta menghabiskan waktu dan memusingkan pikiran hanya untuk lulus dengan kualitas jasa pengetikan???? Hhmmmm.. segeralah bertaubat.

Kontributor: Nurhafizah- Fakultas Ekonomi (Mawapres UNTAD Tahun 2014)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Panduan Bagi Senior Agar Terhindar Menjadi Pelaku Kekerasan Dilingkungan Kampus.

28 November 2021 - 16:29 WIB

Menjadi Perempuan Mengagumkan

17 November 2021 - 05:53 WIB

4 Bentuk Self Reward untuk Menjagamu Tetap Produktif

30 Juni 2021 - 22:02 WIB

Lelah Mencari Kerja dan Tak Kunjung Dapat? Berhenti Sejenak, Coba Lakukan 5 Hal ini!

20 April 2021 - 08:01 WIB

Tips sehat selama bulan Ramadhan!

15 April 2021 - 10:04 WIB

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Motivation Letter Untuk Beasiswa !

2 Maret 2021 - 09:13 WIB

Trending di Tips & Trick