Dr. Sultan: Bukan Energi yang Terkuras Melainkan Emosi

Bedah Buku dan Kuliah Umum Nasional Surga yang tak Dirindukan

Sabtu (14/11) Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Tadulako menggelar Kuliah Umum dan Bedah Buku Nasional bertajuk Surga yang tak Dirindukan. Dalam acara ini menghadirkan novelis terbaik IBF Award 2008 yakni Asma Nadia.

Kegiatan yang dilaksanakan di Auditorium UNTAD ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa dan semangat literasi, khususnya bagi seluruh mahasiswa dan masyarakat Kota Palu pada umumnya. Penyelenggara utama kegiatan ini adalah Prodi Ilmu Komunikasi, Media Tadulako dan Semart Management. Terlaksananya kegiatan ini tidak terlepas dari kerjasama dan dukungan dari berbagai sposorship serta media partner diantaranya Asma Nadia Publishing House, Hotel Santika Palu, Toko Buku Karisma, Wardah Cosmetic, Zoya, Rabbani, Sophie Paris, Al-Furqon Tour & Travel, Zero Grafika, BNI, Langit Pixel Studio, HS Advertising, Opin House, FLP, Rumah Cahaya, Rumah Bahari Gemilang, Lembaga Pers Mahasiswa Fakultas Hukum, IKAMABASTRA, Palu Coin Change, Sahabat Pulau,PORITARI, UKPM FKIP UNTAD, Hijrah Community, Radio RH FM, Radio Cinta FM, anakuntad.com, TVRI Sulteng dan Radar TV.

Peserta yang hadir dalam acara ini, adalah mahasiswa umum dari dalam maupun luar kampus UNTAD. Antusiasme mereka dapat dilihat dari keriuhan dan kepadatan peserta yang hadir.

Selaku Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Dr. Muhammad Khairil, S.Ag., M.Si., dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan ini, terkhusus kepada mitra yang turut bekerjasa sama menyelenggarakan kegiatan ini yakni Semart Management.

Wakil Ketua Jurusan Sosiologi, Dr. Sultan Zainuddin M.Si, menyampaikan bahwa kegiatan kuliah umum sudah sering kita laksanakan dan semua berjalan dengan baik bahkan sering mendatangkan pembicara atau tamu terbaik dari luar. Kegiatan ini sedikit berbeda dari kegiatan sebelumnya. Karena biasanya kita mengadakan kuliah umum yang berkaitan dengan pengembangan ilmu, yang mana energi kita sering terkuras sementara pada kesempatan kali ini emosi kita yang terkuras. Mengingat judul buku ini yang sangat menarik “saya yakin bukan energi yang terkuras melainkan emosi karena judul yang akan kita ulas dalam kegiatan ini sangat sensitif” ujar Wakil Ketua Jurusan Sosiologi.

Selanjutnya, Rektor UNTAD dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Pengawasan dan Perencanaan, Prof. Andi Lagaligo M.Sc, menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang terkait dalam pelaksanaan kegiatan ini karena telah melaksanakan kuliah umum dan bedah buku nasional yang dirangkai secara fenomenal. Dalam sambutannya, beliau menghimbau kepada seluruh peserta bahwa hal yang sangat berharga untuk kita ketahui dalam sebuah kegiatan ialah unsur rasa ingin tahu yang tinggi. Hal itu haruslah senantiasa kita tanamkan dalam diri kita masing-masing. Beliau juga menekankan bahwa komunikasi adalah kebutuhan yang sangat penting bagi semua orang. Setiap orang membutuhkan komunikasi. Komunikasi tentunya memiliki bentuk yang beragam, diantaranya komunikasi langsung, komunikasi yang berupa tulisan dan bahasa tubuh. Makna penting yang dapat kita peroleh dari komunikasi adalah pesan yang ingin disampaikan. “Inti dari komunikasi tersebut adalah ide yang ingin kita sampaikan bisa sampai kepada penerima” jelas Prof. Andi. Satu hal yang perlu kita contoh melalui kegiatan ini ialah Asma Nadia, seorang penulis novel terkenal, berhasil menyampaikan idenya melalui komunikasi tertulis.

Diakhir sambutannya, Prof. Andi berharap bahwa semoga kegiatan ini tidak hanya selesai dengan begitu saja melainkan seluruh pihak yang ikut dalam kegiatan ini dapat memperoleh hasil yang jelas, pembelajaran yang bermanfaat melalui kuliah umum dan bedah buku nasional ini.

Dalam kegiatan ini Asma Nadia banyak memeberikan motivasi dan inspirasi kepada peserta. Beliau juga banyak mengulas makna yang terdapat dlam buku-buku yang telah diterbitkan. Judul buku utama yang dibedah dalam kegiatan ini adalah Surga Yang Tak Dirindukan.

Penulis: Rani (Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris FKIP UNTAD)


Diterbitkan

dalam

oleh

Tags: