Training Of PKM UKPM FKIP UNTAD

Mahasiswa dianggap sebagai manusia yang mampu membawa perubahan dalam masyarakat dan dituntut agar menjadi orang-orang kreatif dalam memecahkan masalah yang ada. Masalah yang muncul dalam masyarakat sangat beragam. Oleh karenanya pemerintah sebagai fasilititator telah berupaya membantu mahasiswa dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ada dalam masyarakat dengan berbagai program yang disodorkan kepada kaum intelektual ini.

Banyak fasilitas atau sarana peluang yang di berikan pemerintah dalam rangka meningkatkan kreatifitas Mahasiswa agar terciptanya masyarakat yang cerdas, kreatif dan inovatif. Salah satu program pemerintah khususnya dari Dirjen DIKTI (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Indonesia) adalah PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) dimana mahasiswa diajak untuk berpartisipasi dalam menyumbangkan ide-ide kreatif mereka untuk pembangunan bangsa. Mahasiswa tidak hanya mendapatkan penghargaan berupa hadiah apabila berhasil terpilih sebagai PKM yang kreatif tetapi juga akan mendapatkan dana hibah untuk membiayai kegiatan atau proyek yang di tawarkan pada DIKTI melalui PKM tersebut. Kemudian bonus lain dari mengikuti PKM yakni berkesempatan mengunjungi kota-kota di Indonesia dalam rangka PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) untuk mempresentasikan kegiatan yang mereka tawarkan apabila berhasil melewati tahapan seleksi yang cukup panjang.

Keuntungan yang bisa didapatkan dalam mengikuti kegiatan PKM ini sangat banyak apalagi pendaftarannya hanya lewat internet. Tentu saja tidak menggunakan biaya yang besar untuk berkesempatan menjadi pemenang. PKM memang menjadi peluang yang sangat baik untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa apalagi dalam hal kreatifitas.
Namun, dengan semua keuntungan yang bisa didapatkan dalam mengikuti kegiatan PKM ini, banyak mahasiswa yang tidak tertarik untuk mengikutinya bahkan masih banyak mahasiswa yang tidak mengetahui dan mengerti apa itu PKM. Kemudian kendala lainnya yakni kurangnya bahkan boleh dibilang tidak ada kegiatan yang dilaksanakan untuk melatih secara langsung mahasiswa agar dapat mengikuti kegiatan PKM dengan bimbingan langsung dari senior atau dosen yang berpengalaman.

Olehnya, UKPM (Unit Kegiatan Penalaran Mahasiswa) sebagai sarana atau organisasi yang khususnya bergerak dalam bidang penalaran, salah satunya yakni kepenulisan, akan berupaya memfasilitasi mahasiswa agar mendapatkan pelatihan atau training yang langsung melatih sekaligus mempertemukan kelompok-kelompok PKM bertemu langsung dengan mahasiswa yang sudah pernah mengikuti kegiatan PKM agar menjadi pembimbing bagi tiap kelompok yang akan mengikuti kegiatan PKM. Sebab itulah TRAINING of PKM ini diharapkan dapat memacu semangat mahasiswa di Universitas Tadulako khususnya di FKIP agar terus berkarya mengharumkan almamater dikancah Nasional dengan memperbanyak perwakilan dalam mengikuti kegiatan PKM.

So tunggu apalagi teman-teman mahasiswa/mahasiswi FKIP,, yuk segera daftarkan diri kalian sebagai salah satu peserta di kegiatan ketjeh ini,.

Formulir pendaftarannya bisa teman-teman dapatkan di sekretariat UKPM (Disekber samping pengajaran FKIP).
Untuk info lebih lanjut teman-teman bisa menghubungi CP :
Kartika : 095200900059
Hikmah : 082394228094


Diterbitkan

dalam

oleh