Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tahukah Kamu

Fakta Seputar FISIP UNTAD (Part 1)

Ditulis Oleh Suci Fitrah Syari

You know Pals, terdapat beberapa fakta unik di Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik (FISIP) Universitas Tadulako yang wajib kudu harus kamu ketahui. ☺. Terutama buat teman-teman dari fakultas lain yang sekedar jalan-jalan atau berkunjung ke FISIP.

1. Mahasiswi FISIP yang Memakai Rok Dijuluki Mahasiswi FKIP
Bagi mahasiswi FISIP, celana ataupun jeans ibarat pakaian wajib yang mesti digunakan. Sehingga, jangan heran jika ada mahasiswi FISIP yang menggunakan rok langsung dijuluki anak FKIP. Meskipun sebenarnya tidak semua mahasiswi FKIP mengenakan rok.

Sapaan yang begitu familiar bagi mahasiswi FISIP yang mengenakan rok yaitu “Eh…kok ada anak FKIP kesasar disini sih?” atau “cie…ada anak PGSD, mau ngajar dimana?”. Sebenarnya, pertanyaan-pertanyaan seperti itu kerap dilontarkan hanya sekedar bahan candaan saja.

2. Ada Agen Curhat

Wah..wah…wah..

Ternyata bukan hanya sama mama Dede saja kita bisa curhat loh, di FISIP juga ada tempat curhatnya.

Mungkin, karena FISIP ingin menyesuaikan dengan perkembangan anak muda zaman sekarang, yang kebanyakan pada galau, makanya disediakan agen curhat. Mungkin saja ya !!

Namun, sebenarnya alasan dibentuknya agen curhat itu karena di FISIP terdapat lembaga yang bernama Elsam (Lembaga Studi Advokasi Mahasiswa) yang fokus pada masalah Narkoba, Sex bebas, dan HIV/AIDS. Elsam distrik FISIP memiliki program yaitu menyediakan Agen Curhat dimana teman-teman bisa curhat apapun itu termasuk cinta, narkoba, sex bebas, HIV/AIDS,dll.

Dalam menjalankan programnya, Elsam distrik FISIP memiliki motto Rahasia Anda, Rahasia Kami. Sehingga, tidak perlu takut curhatan atau rahasianya diketahui orang lain. Jadi, untuk teman-teman yang tidak tahu ingin curhat kemana, atau ingin curhat tapi bersifat rahasia, dari fakultas lain atau siapapun itu silahkan jalan-jalan ke FISIP karena tersedia Agen Curhat yang siap mendengarkan curahan hati teman-teman dan memberikan solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi.

3. Terdapat Prodi yang Satu-Satunya Berakrediatas “A” di PTN Se-Indonesia Timur

Di UNTAD ternyata program studi di FISIP yang sudah berakreditas “A” . You know Pals, ternyata itu hanya satu-satunya di Indonesia Timur. Program studi itu adalah Administrasi Publik. Tentunya ini menjadi prestasi dan kebanggaan sendiri bagi kampus kita tercinta.

4. Punya Kantin Politik

Kantin ini terletak bersebelahan dengan sekber Mapala Santigi. Menu yang disediakan pun beragam. Kantin ini sering dikunjungi oleh mahasiswa terutama para dosen.
Kantin Politik

Tempat yang bersih dan makanannya yang enak menjadi keunggulan dari tempat ini. Bagi teman-teman yang suka berwisata kuliner di kampus, jangan lewatkan untuk berkunjung ke kantin politik yah..

 

5. Dikenal Mahasiswa yang Kritis

Sikap kritis mahasiswa FISIP boleh jadi dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang lebih banyak menggunakan metode diskusi. Pembahasannya pun biasanya terkait dengan keadaan Indonesia saat ini, baik itu keadaan politik, ekonomi, ataupun sosial.

Jadi, buat kamu-kamu yang biasa ngobrol dengan anak fisip jangan heran yah kalau pembahsannya melebar ke masalah-masalah rakyat…

*Penulis adalah Suci fitrah syari Mahasiswa FISIP UNTAD angkatan 2014

Tentang Penulis

Suci Fitrah Syari