WOW! UNTAD Naik Peringkat dalam Webometrics 2016

webo
Beberapa waktu lalu sempat beredar kabar bahwa UNTAD termasuk dalam 50 besar kampus terbaik versi 4icu.org. Ternyata, prestasi UNTAD bukan hanya itu saja. Belum lama ini, salah satu Lembaga Pemeringkatan Webometrics merilis daftar peringkat perguruan-perguruan tinggi dunia. You know Pals, Universitas Tadulako termasuk dalam rangking ke-30 versi webometrics pada Januari 2016.

Kalau sebelumnya, UNTAD naik 18 peringkat dari posisi 68 ke posisi 50 pada pemeringkatan Universitas versi 4icu.org, kali ini dalam rilis webometrics.info UNTAD naik 35 peringkat dari posisi 65 pada Agustus 2015 ke posisi 30.
Adapun indikator penilaian peringkat perguruan tinggi versi webometrics antaralain: resence, Impact, Openness, dan Excellence.
Presence berbobot 20 persen dari total penilaian, ia menyatakan volume konten global yang terindeks Google.
Impact, dengan bobot paling besar (50 persen), merupakan kualitas konten yang diukur dengan tautan eksternal dari pihak ketiga dengan data visibilitynya menggunakan dua mesin pencari yaitu Majestic SEO dan Ahrefs.
Paramater Openness memiliki bobot penilaian 15 persen dan menunjukkan jumlah rich file (pdf, doc, docs, dan ppt) yang terindeks di google scholar.
Sementara itu, Excellence merupakan karya akademik yang dipublikasikan di jurnal international yang tergolong high-impact dengan sumber datanya diambil dari Scimago. Parameter ini berbobot 15 persen dari total penilaian.
Presence mirip dengan Size, Impact serupa dengan Visibility dengan tambahan penilaian pada kualitas website, Openness pun dapat dikatakan sama dengan Google Scholar.
Sementara itu, parameter Excellence memisahkan perhitungan jumlah artikel ilmiah pada jurnal internasional bergengsi yang sebelumnya masuk ke Google Scholar.
Universitas Tadulako berada di atas beberapa Universitas terkemuka lainnya seperti Universitas Jambi (34), Universitas Sriwijaya(50), Unversitas Negeri Malang(70), Universitas Negeri Jakarta (98), Universitas Pendidikan Indonesia (42).

Sumber:
http://news.okezone.com/read/2012/08/01/373/671790/indikator-webometrics-berubah
webometrics.info


Diterbitkan

dalam

oleh