Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Berita Terkini

anakUntad.com Selenggarakan Latihan Kepenulisan & Junalistik Untuk Kru Barunya

Minggu (08/01) anakUntad.com sukses selenggarakan Pelatihan Kepenulisan & Jurnalistik untuk kru barunya. Pasca terpilihnya Suci Fitrah Syari (mahasiswi administrasi publik angkatan 2014) sebagai Pimpinan Redaksi tahun 2017, anakUntad.com melakukan penyegaran tim dengan mengadakan recruitmen anggota baru. Dari hasil pendaftaran tercatat sekitar 20 orang yang mendaftarkan dirinya untuk bergabung dalam kepengurusan tersebut. Kru baru ini kemudian dilatih menulis dan mengelola anakUntad.com.

Sabtu (07/01) petang kegiatan Pelatihan Kepenulisan dan Jurnalistik anakUntad.com dibuka. Kegiatan ini diawali dengan materi mengenai “Struktur, Visi-Misi, Tugas dan Tanggung Jawab anakUntad.com” oleh Satrio Amrullah, yang juga merupakan founder anakUntad.com. Ketua komunitas anakUntad ini juga menegaskan bahwa anakUntad.com adalah sebuah media publikasi bersama (Citizen Journalism) yang didedikasikan untuk mahasiswa dan alumni Untad. Sementara kru yang terbentuk bertanggungjawab untuk mengelola media tersebut.

 

Suasana Pelatihan Kepenulisan dan Jurnalistik AnakUntad.com

Kemudian dilanjutkan dengan materi “Teknik Marketing dan Tata Cara Media Partner” oleh Bahrul Fajrih dan Mohammad Fadel. Mereka merupakan kru marketing anakUntad.com tahun sebelumnya. Mereka membagi pengetahuan tentang cara pemasaran melalui website dan akun social media anakUntad.com lainnya juga mengenai tata cara menangani permintaan media partner.

Pada hari kedua, Minggu (09/01) materi diawali dengan “Pengenalan, Penggunaan Website dan Sosial Media” yang dibawakan oleh Edi Utomo Putro yang juga merupakan salah satu dari founder anakUntad.com. Beliau membagikan ilmunya tidak dengan memberikan teori, tetapi langsung memberikan praktek. Mulai dari registrasi akun di fanspage anakUntad.com sampai dengan cara mengirim tulisan sebagai kontributor di anakUntad.com.

Materi terakhir dibawakan oleh mantan editor handal anakUntad.com yaitu Jefriyanto yang membawakan materi tentang “Pengenalan dan Pelatihan Menulis Jurnalistik dan Tulisan Bebas, Opini, Tips and Trik”. Beliau menegaskan bahwa hal yang perlu diperhatikan sebelum menulis yaitu “Baca, Baca, Baca, Baca, Tulis”. Jadi makna yang disampaikan adalah semakin banyak kita membaca, maka akan semakin kaya isi dari tulisan kita.

Di akhir pertemuan pada Pelatihan Kepenulisan dan Jurnalistik anakUntad.com hari itu, terbentuklah kru baru periode 2017. Dengan struktur kepengurusan yang telah komplit, mulai dari Penanggung Jawab, Dewan Redaksi, Pimpinan Redaksi, Bendahara, Public Relation dengan pembagiannya di bidang Marketing dan Media Sosial, Redaktor Pelaksana dengan Pembagiannya dibeberapa Media (Jurnalis, Team Kreatif, Editor, Kontributor), dan juga Web Developer.

Dengan adanya Pelatihan Kepenulisan dan Jurnalistik anakUntad.com ini diharapkan dapat menambah semangat para pengurus baru untuk sama-sama berjuang mewujudkan visi-misi anakUntad.com di tahun 2017. Meskipun kru baru tersebut berasal dari Fakultas yang berbeda-beda, tetapi besar harapan bahwa mereka akan disatukan melalui rasa kekeluargaan dan tanggung jawab untuk anakUntad.com.

Tentang Penulis

Syarifah Suad Saleh Al idrus

Chief Marketing Officer dan Jurnalis anakUntad.com 2017/2018.