“Kaili” Film Lokal Sulawesi Tengah Resmi Memulai Syuting Perdananya

PALU, Andi Syahwal Mattuju produser film Uang Panai’ yang sempat merajai bioskop di tahun 2016 lalu, kembali akan menggarap film berlatar daerah ke layar lebar. Di bawah bendera Mattuju Pictures, kali ini mengangkat film dengan latar Sulawesi Tengah berjudul KAILI “Karena Aku Ingin Kembali”.

Jum’at, 27 Januari 2017, Mattuju Pictures resmi memulai proses syuting film KAILI ditandai dengan kick off dan media gathering bertempat di Hotel Best Western Coco Palu.

Film Drama Keluarga dan Komedi bertajuk KAILI “Karena Aku Ingin Kembali” yang diproduseri sekaligus disutradarai oleh Andi Syahwal Mattuju ini bercerita tentang seorang pemuda bersuku Kaili bernama Fajar Madika (Muh. Novriandi) yang berjuang melawan stigma masyarakat .

Hubungan Fajar dengan pujaan hatinya, Senja Anggun Maharani (Shella Kambay) ikut mendapat halangan akibat adanya stigma tersebut. Ujian demi ujian silih berganti menghampiri kehidupan Fajar membuatnya harus meninggalkan kampung halamannya dan menjemput harga dirinya sebagai lelaki yang tak ingin dipandang sebelah mata hanya atas dasar kesukuan. Setelah mendapat restu dari sang Ayah (Ashar Yotomaruangi), Fajar bertekad saat sukses nanti akan kembali untuk membangun kampung halamannya dan mengubah stigma tersebut.

Menariknya, Pasha Ungu (Sigit Purnomo Said) yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Walikota Palu ikut bermain dalam film ini sekaligus menyumbangkan dua buah lagunya untuk dijadikan salah satu soundtrack film produksi Mattuju Pictures ini.

“Sejak awal berniat memproduksi film dengan latar Sulawesi Tengah, kami sangat berharap mendapat dukungan dari pihak manapun. Sekecil apapun itu akan sangat berarti bagi kami. Bersedianya Pasha Ungu untuk bermain dalam film ini ditengah kesibukannya sebagai Wakil Walikota Palu, tentu menjadi suatu kebanggaan tersendiri dan memberi semangat luar biasa bagi seluruh tim. Bahkan beliau sudah setuju untuk menyumbangkan dua buah lagu miliknya. Satu lagu berjudul Sampesuvu Roa dan satu lagi akan beliau buatkan khusus sesuai dengan tema film. Ini bentuk perhatian dan dukungan nyata beliau terhadap perkembangan ekonomi kreatif di kota Palu,” ungkap Andi Mattuju.

Zulkifli yang bertindak sebagai Line Producer juga mengungkapkan bahwa Proses pra produksi mulai dari ide cerita, riset hingga development script sendiri memakan waktu hingga 2 bulan lebih. Sebelum seluruh pemain di film ini ditetapkan, seluruh pemain telah melalui proses casting langsung oleh Casting Director, Irmawati Jabbar yang juga terlibat dalam film Athirah. Kemudian mereka mengukuti workshop acting yang dilaksanakan bekerjasama dengan Dewan Kesenian Kota Palu, Jaringan Film Independen(JALIN) Sulawesi Tengah dan Lembaga To Kaili Bangkit.

Proses syuting sendiri diharapkan bisa selesai dalam waktu 20 hari kedepan. Dheksa Mahesa Amry yang bertindak sebagai Production Manager menerangkan bahwa film ini mengambil 90% lokasi di kota Palu dan beberapa lokasi yang menjadi ikon kota Palu, Kab. Sigi dan Kota Makassar.

Andi Syahwal Mattuju mengungkapkan bahwa selain memperkenalkan budaya, kearifan lokal dan kuliner daerah, dalam film ini juga melibatkan pemain dan kru yang terlibat dalam film ini hampir semuanya diisi murni oleh orang Sulawesi Tengah, baik yang asli atau yang sudah menetap. Dalam produksi ini juga diharapkan terjadi proses transfer ilmu sehingga kedepannya bisa melahirkan sineas-sineas baru yang meramaikan industri film nasional.

Dalam kick off ini, Mattuju Pictures sekaligus resmi membuka kesempatan kepada para musisi kota Sulawesi Tengah untuk terlibat dalam album soundtrack dan menghiasi film KAILI “Karena Aku Ingin Kembali”. Lagu jadi, bisa dikirimkan langsung disertai profil dan kontak yang bisa dihubungi melalui email: film@mattuju.com. Untuk teknis bisa menghubungi Music Director, Wandi di nomor 08114536698. Kesempatan ini terbuka hingga 12 Februari 2017. Lagu terpilih akan diumumkan di official instagram dan facebook Mattuju Pictures.


Source: Mattuju Pictures