Green Generation Siap Berekspansi ke Kabupaten-kabupaten se-Sulawesi Tengah

Green generation ( generasi hijau ) adalah salah satu NGO (Non Government Organization) dan NPO (Non Profit Organization) yang dibentuk di Balikpapan pada tanggal 22 agustus 2009 di SMP Negeri 3 Balikpapan yang menjadi Green Generation sekolah. Sampai saat ini sudah berkembang hampir 32 provinsi di Indonesia walapun setiap provinsi tidak semua daerah, kota atau kabupaten yang memiliki GG.

Green Generation Indonesia memiliki Akta Notaris sebagai pengakuan sebagai pengakuan secara hokum dan mempunyai kantor pusat di Balikpapan.
mengapa disana?
karena disana tempat lahirnya Green Generation.

Visi dari Green Generation yaitu untuk mewujudkan generasi yang peduli dan berbudaya lingkungan.

Misi Green Generation yaitu :
1. Mencegah kerusakan lingkungan.
2. Melestarikan lingkungan hidup.
3. Mengelolah lingkungan hidup.

Green Generation pada dasarnya sama seperti organisasi lingkungan hidup lainnya namun di GG yang menjadi elemen utama adalah pelajar. kenapa pelajar ?
karena pelajar memiliki akses yang begitu mudah untuk melakukan kegiatan atau gerakan yang bisa di mulai dari sekolahnya.

Ada beberapa prestasi yang diperoleh Green Generation yaitu :

  1. Tahun 2014 mendapatkan Pertamina Awards dengan kategori hijau yaitu GG.
  2. Tahun 2015 mendapatkan penghargaan dari kementrian Perindustrian melalui Indonesian Green Awards dengan kategori Penginspirasi Komunitas.
  3. Tahun 2016 Pandu Dharma Wicaksono (Presiden GG) melalui berbagai kegiatan Green Generation mendapatkan Kalpataru tingkat kota Balikpapan dan Provinsi Kalimantan Timur, dan saat ini sedang diajukan untuk persaingan Kalpataru tingkat Nasional.

Pada awal tahun ini Green Generation Kota Palu berganti nama menjadi Green Generation Sulawesi Tengah yang akan diresmikan dengan kepengurusan baru 2017/2018 diakhir bulan ini. Yang menjadi fasilitator GG Sulteng Muhammad Syafaat (mahasiswa FAKUM angkatan 15). Pelantikan kepengurusan baru akan dilaksanakan diakhir bulan ini dan akan dibentuknya Green Generation Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala.

Dari kegiatannya kemarin dalam  penerimaan anggota baru, yang dilaksanakan selama 12 hari, untuk mencari pelajar-pelajar yang aktif serta peduli terhadap lingkungan dan mau bekerja keras.

Kamis (12/01), fasilitator Sulawesi tengah berkunjung ke SMKN 1 Benawa Kabupaten Donggala, dalam hal kunjungan kerja melihat sekolah ini, kesiapannya untuk dikembangkan GG.


Diterbitkan

dalam

oleh