Ingin Daftar Kuliah Tahun Ini? Pelajari 3 Skemanya Berikut Ini

Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi telah meluncurkan secara resmi dimulainya kegiatan penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seluruh Indonesia.

Bagi kamu yang berkeinginan mendaftar kuliah di PTN tahun ini, pelajari 3 pola penerimaannya berikut ini

Tiga pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi negeri (PTN) meliputi :

1. Jalur SNMPTN,

Ialah jalur seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi dan rapor akademik calon mahasiswa. Jumlah calon mahasiswa yang diterima melalui jalur ini minimal 30%. Dengan persyaratan sekolah SMA/SMK/MA mendaftarkan siswanya dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Akreditasi A : 50 % terbaik di sekolahnya;
  2. Akerditasi B : 30 % terbaik di sekolahnya;
  3. Akreditasi C : 10% terbaik di sekolahnya;
  4. Akreditasi lainnya : 5% terbaik di sekolahnya

2. Jalur SBMPTN

Ialah jalur seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dengan metode cetak (paper based testing) atau komputer (computer based testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa. Diperkirakan pada SBMPTN 2017 terdapat peningkatan jumlah peserta mencapai 30.000 peserta. Sementara jumlah calon mahasiswa yang boleh diterima melalui jalur ini minimal 30% dari kuota.

3. Jalur Seleksi Mandiri 

ialah jalur seleksi yang diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN. Jalur Seleksi Mandiri, dilaksanakan sendiri oleh masing-masing PTN setelah pengumuman SBMPTN. Pelaksanaan Seleksi Mandiri oleh masing-masing PTN hanya dilakukan 1 (satu) kali dalam 1 (satu) tahun. Maksimal kuota Seleksi Mandiri ialah 30% dari seluruh jumlah mahasiswa yang diterima.

Calon peserta dari kalangan keluarga tidak mampu dapat mendaftar Program Bidikmisi dan harus mendaftar terlebih dahulu sebagai Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu ke laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

Informasi lebih lanjut dapat menggunakan layanan informasi resmi melalui : laman SNMPTN http://www.snmptn.ac.id dan http://halo.snmptn.ac.id serta call-center 0804 – 1450 450.

Layanan informasi resmi untuk SBMPTN melalui http://www.sbmptn.ac.id dan http://halo.sbmptn.ac.id dan call-center 0804 – 1456 – 456.


Diterbitkan

dalam

oleh