Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tahukah Kamu

7 Keuntungan Menjadi Penerima Beasiswa Karya Salemba Empat

Ditulis Oleh Satrio Amrullah

Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE) ialah beasiswa bantuan biaya pendidikan dan pengembangan diri yang diberikan oleh Yayasan Karya Salemba Empat. Beasiswa KSE ini telah diberikan kepada mahasiswa di 28 mitra Perguruan Tinggi seluruh Indonesia. Salah satunya ialah Universitas Tadulako. Bila kamu mahasiswa aktif yang membutuhkan bantuan biaya pendidikan dan pengembangan diri, maka beasiswa Karya Salemba Empat akan sangat cocok buat kamu.

Berikut ini adalah beberapa keuntungaan bila kamu menjadi penerima beasiswa Karya Salemba Empat

  1. Menemukan Banyak Teman Baru

Selama kamu bukan seseorang yang memiliki kepribadian anti sosial, kamu akan memiliki banyak teman. Saat kamu menjadi penerima beasiswa KSE, kamu tidak hanya menemukan teman dari berbagai fakultas, melainkan berbagai universitas dan juga daerah. Saat ini terdapat 28 mitra PTN di Indonesia yang bergabung bersama yayasan KSE, ketika kamu terpilih mengikuti program pelatihan yang bertempat di satu daerah tentunya kamu akan berkumpul dengan  teman –teman yang berasal dari 28 PTN di Indonesia.

  1. Disiplin Mengisi Laporan Bulanan

Saat kamu menjadi penerima beasiswa KSE, kamu wajib mengisi laporan melalui web beasiswa.or.id . Pada laporan 1 kamu akan mengisi laporan pencairan beasiswa, dan laporan 2 mengenai penggunaan uang tersebut. Laporan 1 dan 2 akan kamu isi setiap bulannya dan akan diberi jangka waktu mengisi laporan 15-20 hari setelah pencairan. Laporan 3 berisi tentang laporan akademik yang wajib kamu isi tiap semester hal ini dilakukan untuk melihat perkembangan akademik kamu selama di kampus, dan yang terakhir laporan mengenai kegiatan yang telah kamu ikuti selama berada di beasiswa KSE dan juga prestasi non akademik yang kamu ikuti diluar maupun didalam beasiswa KSE.

  1. Mengikuti Program Pengembangan Diri Nasional Gratis

Pelatihan Gratis akan kamu dapatkan dalam beasiswa KSE mulai dari Kepemimpinan, Career Coaching, Teknologi untuk Indonesia dan Kewirausahaan. Tahun ini Yayasan KSE dan Donatur telah memilih 6 orang anggota Paguyuban KSE UNTAD periode 2015/2016 untuk mengikuti pelatihan, yaitu Indofood Leadership Camp Bisma Batch VIII Camp 1, The Ambassador BPJS Ketenagakerjaan Batch 2 Camp 1-2 dan PGN Innovation Camp 2016. Dalam pelatihan ini kamu akan bertemu founder KSE, orang-orang besar, donatur, menemukan teman-teman baru dari berbagai daerah yang berasal dari 28 PTN di Indonesia dan biasanya kamu juga akan bertemu dengan penerima beasiswa non KSE  juga loh. Selain itu di pelatihan ini kamu akan merasakan tentang kedisiplinan, perbedaan budaya, berbagi, berbaur dan peduli terhadap teman-teman maupun masyarakat.

  1. Terjun Mengaplikasikan Ilmu Langsung Kepada Masyarakat

Saat kamu terjun kedalam Paguyuban KSE kamu akan membagi ilmu kepada masyarakat dalam bentuk Bimbel ( bimbingan belajar), TOKSEN (Try Out KSE Nusantara), GPS (Gerakan Pungut Sampah), Generasi, Bina Desa. Selain itu kamu juga bisa membagikan ide maupun inovasi terbaru kamu, yang dapat memberikan solusi kepada masyarakat. Melalui program TFI (Technologhy For Indonesian ) dan SEC (Sosial Entrepreneur Camp).

  1. Mengenal Berbagai Ajang Kompetisi Tingkat Nasional

Kamu akan mengenal jenis kompetisi ini saat menjadi penerima beasiswa KSE, kompetisi tingkat nasional yang bisa kamu ikuti adalah TFI (Technologhy For Indonesian ), SEC (Sosial Entrepreneur Camp), dan YES Competition OCBC NISP. Tiap pemenang dalam kompetisi tersebut akan diberikan dana hibah untuk menjalankan programnya.

  1. Talangi Biaya Skripsi Melalui Beasiswa Unggul

Dana merupakan hal yang paling penting saat ingin membuat skripsi, dan akan menjadi hambatan untuk menyelesaikan skripsi disaat kamu mulai kekurangan dana.  Tenang ! saat kamu diterima dalam Beasiswa KSE kamu bisa mengajukan beasiswa unggul dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh yayasan KSE, saat kamu terpilih dalam beasiswa unggul kamu akan mendapatkan benefit berupa tunjangan skripsi maksimal sebesar 3 juta rupiah, tunjangan SPP 2 semester maksimal sebesar Rp. 1.500.000 rupiah.

  1. Punya Keluarga Baru Paguyuban Alumni KSE

Lulus bukan berarti kamu bukan keluarga KSE lagi, kamu masih tetap keluarga KSE kok. Disini kamu masih bisa bergabung melalui Paguyuban almuni KSE. Dan kamu masih bisa ikut berpartisipasi dalam beberapa kegiatan KSE. Serukan.

Demikian informasi ini semoga dapat memberikan motivasi buat teman-teman.

Selamat berjuang menjadi penerima beasiswa KSE ya

 

Source: Divisi Humas Paguyuban KSE Untad

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya

Tentang Penulis

Satrio Amrullah