Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Esai

Korelasi Antara Minat Baca dan Perpustakaan

Ditulis Oleh Muhammad KZ

 

Pendidikan merupakan akar dari peradaban sebuah bangsa. Pendidikan sekarang telah menjadi kebutuhan pokok yang harus dimiliki setiap orang agar bisa menjawab tantangan kehidupan. Untuk memperoleh pendidikan, banyak cara yang dapat kita lakukan diantaranya melalui membaca di perpustakaan. Berbagai sumber informasi cetak maupun elektronik bisa kita peroleh.

Ingat dengan pepatah Buku adalah Jendela dunia? Lalu bagaimanakan cara kita membuka jendela dunia tersebut? jawabannya tak lain ialah dengan membaca. Ada banyak manfaat yang akan didapatkan dari membaca, di antaranya mempertajam pemikiran dan menjernihkan cara berpikir, meningkatkan pengetahuan, meningkatkan dan menjaga ingatan.

Membaca merupakan salah satu cara/proses yang harus dilakukan agar bisa mendapat ilmu dan mengetahui sesuatu yang yang belum kita ketahui sebelumnya. membaca dapat dilakukan dimana, kapan, dan siapa saja mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang-orang yang telah berusia lanjut.

Membaca tidak dilepas dari bahan bacaan. keberadaan dan ketersediaan bahan bacaan yang memadai juga tidak lepas dari keberadaan sebuah perpustakaan karena dalam sebuah perputakaan manyak terdapat banyak bahan bacaan baik dalam bentuk buku maupun digital.

Perpustakaan dapat didefinisikan sebagai tempat untuk mengakses informasi dalam bentuk apa pun. Peranan perpustakaan dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dan pendidikan masyarakat sangatlah penting. Hal ini dikarenakan perpustakaan merupakan unit yang  dapat memberikan dan menyediaan bahan-bahan bacaan.

Undang-undang Republik Indonesia No. 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan secara garis besar menyebutkan bahwa perpustakaan merupakan sebuah institusi yang mengelola koleksi karya cipta manusia yang berguna untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi para pengguna perpustakaan.

Kapan perpustakan mulai berdiri tidak pernah diketahui dengan pasti. Namun berdasarkan penelitian arkeologis, perpustakaan telah dikenal sejak peradaban Sumeria sekitar 5.000 tahun Sebelum Masehi. Dengan tujuan untuk menyimpan naskah-naskah penting.

Perpustakaan  merupakan hal yang sangat vital dalam mencari informasi lebih-lebih dokumen sejarah berupa buku. Bagi civitas akademik atau para mahasiswa, Perpustakaan sangat membantu mereka dalam mengerjakan tugas kuliah serta tempat mencari dan mengumpulkan informasi-informasi ilmu pengetahuan.

Perpustakaan juga merupakan sumber belajar yang utama bagi para tenaga kependidikan, peserta didik maupun staf penyelenggara sekolah. Sehingga dapat memperoleh kesempatan yang seluas-luasnya untuk memperdalam pengetahuan dengan membaca bahan pustaka yang diperlukan baik yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan maupun sekedar untuk hiburan. Perpustakaan sendiri mempunyai misi menjadi temapat yang nyaman untuk membaca dan menyediakan informasi dan ide yang baik, sehingga masyarakat menjadi masyarakat yang berbasis informasi dan pengetahuan.

Namun kita sadari bahwa perpustakaan saat ini belum mendapatkan prioritas utama baik dari pihak akademik maupun pemerintah. Karena perpustakaan yang ada sekarang belum dapat dikatakan memadai baik dari sarana prasarananya. Padahala yang seharusnya perpustakaan harus menjadi salah satu alternatif pengembangan daya imajinasi dan minat baca.

Dalam prespektif dunia barat Perpustakaan merupakan mind library dalam meningkatkan high definitive dalam sebuah pengembangan minat membaca di masa depan, Oleh karenanya agar menjadi sentra layanan yang menarik untuk tempat membaca perpustakaan harus dikelola sedemikian rupa sesuai dengan trend dan mood para pembaca yang hendak berkunjung dan ingin giat membaca dalam perpustakaan tersebut.

Perpustakaan dan bahan bacaan adalah dua kata yang saling bertautan. Karena di perpustakaanlah bahan bacaan dikumpulkan, diproses, dan disebarluaskan kepada para pembaca. Adapun koleksi perpustakaan di negara kita sebagian besar berupa buku atau book material dan masih jarang perpustakaan yang memiliki koleksi berupa non-book material seperti film, kaset film strip, slides, piringan hitam, peta, globe, dan sebagainya.

Tentang Penulis

Muhammad KZ

Member of Marketing anakUntad.com. Jurnalis anakUntad.com. The Forestry Department (Sociologi of Forestry)