Pentingnya Musyawarah Besar Dalam Suatu Organisasi

0 0
Read Time:4 Minute, 38 Second

Dalam sebuah organisasi internal atau eksternal kampus khususnya untuk mahasiswa tentunya pernah merasakan yang namanya bermusyawarah secara bersama demi mencapai keputusan yang telah di sepakati itu sudah menjadi hal yang sangat lumrah bagi kalangan mahasiswa. Seperti yang kita ketahui secara seksama dalam suatu organisasi kelembagaan pastinya memiliki beberapa hal atau masalah yang perlu untuk di selasaikan jadi disitu kita bisa memfungsikan musyawarah sebagai kunci untuk membuka jawaban dari permasalahan sebbelumnya.

kadang masalah adalah sahabat terbaikmu,mereka buat mu jadi lebih kuat dan buatmu menempatkan tuhan di sisi mu yang paling dekat”

Dalam kalangan pelajar/mahasiswa pada umumnya Musyawarah besar biasanya muncul pada saat akhir kepengurusan karna pada saat musyawarah besar ada beberapa hal yang perlu untuk di mufakatkan seperti pembahasan AD/ART lembaga , laporan pertanggung jawaban (LPJ) setiap kegiatan ataupun setiap devisi yang bertanggung jawab dalam kepengurusan tersebut , ada juga yang biasanya di bahas adalah tata cara dalam melakukan persidangan , tata tertib persidangan , beberapa pembahasan program kerja untuk kepengurusan selanjutnya dan pemilihan kepengurusan selanjutnya dan masih banyak pembahasan yang diluar sana belum tentu kita dapatkan tanpa memasuki rana organisasi dan mempelajari apa sebenarnya musyawarah besar.

Dalam hal ini apakah kalian sudah mengetahui apa sebenarnya itu MUSYAWARAH BESAR ?

Musyawarah berasal dari kata Syawara yaitu berasal dari Bahasa Arab yang berarti berunding urun rembuk atau mengatakan dan mengajukan sesuatu.Istilah-istilah lain dalam tata Negara Indonesia dan kehidupan moderen tentang musyawarah dikenal dengan sebutan “syuro”, “rembug desa”, “kerapatan nagari” bahkan “demokrasi”. Kewajiban musyawarah hanya untuk urusan keduniawian. Jadi musyawarah adalah suatu upaya bersama dengan sikap rendah hati untuk memecahkan persoalan (mencari jalan keluar) guna mengambil keputusan bersama dalam penyelesaian atau pemecahan masalah yang menyangkut urusan keduniawian.

Saat ini musyawarah selalu dikait-kaitkan dengan dunia politik,demokrasi. Bahkan hal tersebut tidak dapat dipisahkan , pada prinsipnya musyawarah adalah bagian dari demokrasi, dalam demookrasi pancasila penentuan hasil dilakukan dengan cara musyawarah mufakat dan jika terjadi kebuntuan yang berkepanjangan barulah dilakukan pemungutan, jadi demokrasi tidaklah sama dengan votting.Cara votting cenderung dipilih oleh sebagian besar negara demokrasi karena lebih praktis, menghemat waktu dan lebih simpel daripada musyawarah yang berbelit-belit itulah sebabnya votting cenderung identik dengan demokrasi padahal votting sebenarnya adalah salah satu cara dalam mekanisme penentuan pendapat dalam sistem demokrasi.

Ada beberapa ciri-ciri munculnya musyawarah seperti di bawah ini :

  • Berdasarkan kepentingan bersama
  • Hasil keputusan harus dapat diterima dengan akal sehat sesuai hati nurani.
  • Usul atau pendapat yang disampaikan mudah dipahami dan tidak memberatkan anggota lain
  • Dalam proses musyawarah pertimbangan moral lebih diutamakan dan bersumber dari hati nurani yang luhur.

Namun untuk era sekarang kebanyakan pelajar/mahasiswa banyak yang tidak mau memaknai pentingnya musyawarah besar dalam berorganisasi mereka hanya menganggap adalah hal yang membosankan dan bisa menyita waktu mereka padahal jika kita melihat pengaruhnya sangat besar pada diri kita sendiri dan bisa berguna dalam memajukan suatu wadah atau organisasi yang kita ikuti apabila menekuni pentingnya musyawarah besar. Untuk lebih jelasnya di bawh ini merupakan efek positif yang akan kita dapatkan setelah mengikuti musyawarah besar:

1. Melatih untuk meyuarakan gagasan/ide ( pendapat )

lk1-ismafarsi-indtim
Menyuarakan gagasan via ismafarsiindtim.blogspot.co.id

Dengan mengikuti musyawarah, seseorang bisa dilatih untuk mengutarakan pendapat yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam mencari jalan keluar. Apalagi kalau kalian yang berjiwa ino
vatif dan kreatif tentuya memiliki banyak gagasan ,jadi rugi kalau gak di utarakan didepan umum. Dan kalian akan terbiasa berbicara didepan umum

2. Semua permasalahan akan mudah di pecahkan

mubes via telkomuniversity.ac.id
mubes via telkomuniversity.ac.id

Dalam suatu organisasi tentunya memiliki banyak permasalahan internal ,nah dengan kalian mengikuti musyawarah besar kalian akan dilatih mencari solusi dari permasalahn tersebut dengan cara yang lebih sederhana.

3. Hasil keputusan bermanfaat bagi semua kalangan

mubes-kinesik-2012
Mubes Kinesik ke -ix by Imran Rosadi

Keputusan yang diambil dalam suatu musyawarah tidak boleh merugikan salah satu pihak atau anggota dalam musyawarah. Agar nantinya hasil yang diputuskan tersebut dapat diterima dan dilaksanakan oleh seluruh anggota dengan penuh keikhlasan.

4. Pendapat yang berbeda bisa di satukan

Mubes via cybernetix.or.id

Dalam bermusyarah tentunya memiliki pendapat masing-masing karna kita disitu seninya musyawarah besar kalian akan dilatih saling melempar argument yang nantinya akan diputuskan secara bersama argumennya siapa yang dipilih demi kepentingan bersama.

5. Terjalinnya kebersamaan dan kekluargaan

kebersamaan dalam mubes
Kebersamaan dalam mubes via KM HSS Malang

Dalam musyawarah besar akan saling mempertemukan karakter dan pikiran yang berbeda-beda. Dari perbedaan tersebut akan mudah muncul namanya silaturahmi dan tali persaudaraan.

6. Mudah mendapatkan kesimpulan

Mubes KOMITE STKS via komitestks.wordpress.com

Jika kalian mengikuti musyawarah besar, kalian akan dilatih bagaimana menyimpulkan seuatu gagasan/pendapat dengan baik dan dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya.

7. Menjaga stabilitas emosi

Mubes IPELMAPA via politikaceh.com

Mengeluarkan pendapat atau menerima masukan adalah hal penting yang akan di dapatkan setelah mengikuti musyawarah besar karna kita juga akan dilatih bagaiaman melatih emosi dan stabilitas sikap dalam menghargai pendapat orang lain . kalian juga akan meraskan tingkat kedisipilinan yang begitu kuat.

8. Melatih jiwa-jiwa kepimimpinan

Mubes via KM HSS Malang

Apabila kalian sudah mengikuti musyawarah kalian akan terbiasa sudah dengan mengeluarkan gagasan, menyimpulkan atau menyelasaikan masalah, berbicara di depan umum dan sudah bisa merangkul kebersamaan tentunya semua itu adalah tanda-tanda kalian sudah bisa menjadi seorang pemimpin dalam suatu organisasi

Jadi, buat apa berdiam diri kalau kalian punya masalah dalam suatu organisasi kalian harus mengutarakannya di dalam sebuah forum.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %