Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tahukah Kamu

Kenapa Kamu Harus Pilih Teknik Geologi ? Ini Alasannya

Ditulis Oleh Muhammad Abduh

Teknik Geologi adalah jurusan yang baru berdiri di Fakultas Teknik Universitas Tadulako. Tepatnya yakni pada tahun 2014. Lantas, apa sih yang akan kamu pelajari dan keuntungan kamu memilih jurusan Teknik Geologi. Simak baik-baik yah, khusunya buat kamu yang masih bingung mau ngambil jurusan apa ketika masuk kuliah.

  • Belajar tentang Bumi
    Pernahkah teman-teman berpikir tentang apa yang kita pijak di muka bumi ini? Atau berpikir bagaimana yang kita pijak ini terbentuk? Nah, di Geologi semua itu di pelajari loh. Dari awal mula  pembentukan bumi sampai hasil bumi yang memiliki keuntungan ataupun membawa bencana. Keuntungan berupa hasil bumi, seperti Minyak Bumi, Air Tanah, Panas Bumi, Emas, Batu Bara,Tembaga, Besi dan masih banyak lagi keuntungan yang bisa di ambil di bumi ini.  Nah,  termasuk kerugian berupa bencana alam, seperti Erupsi Gunung Berapi, Banjir, Tsunami, dan Gempa.
    Namun, tahukah kamu, bencana alam yang sebenarnya membawa kerugian bagi ummat manusia dapat menjadi manfaat. Hal itu dipelajari dalam Geologi.  Contohnya, ketika terjadi erupsi gunung api. Sebenarnya hal tersebut menjadi salah satu  jalan keluar mineral-mineral yang bermanfaat dan bernilai jual. Selain dapat menyuburkan tanaman, material dari gunung berapi itu juga dapat di gunakan untuk bahan bangunan dan lain-lain. Dan semuanya itu  akan kamu pelajari lebih dalam di Teknik Geologi.
    Jadi intinya,geologi itu adalah ilmu yang asyik dan keren untuk dipelajari. Masa kita sudah tinggal di bumi bertahun-tahun tapi kita tidak pernah mengetahui tenang bumi. Bumi saja sudah memberikan tempat untuk kita hidup, jadi sekarang bagaimana cara kita untuk menjaganya. Ingat ! Kerugian di bumi itu, sebagian besar terjadi karena ulah manusia. Sehingga kita harus menjaga, melindung, dan melakukan pendekatan dengan bumi dengan cara memperlajarinya di geologi.

 

  • Prospek Kerja
    Bingung mengenai Prospek Kerja Jurusan Teknik Geologi ?  Tidak perlu khawatir, karena  lulusan Sarjana Geologi dapat bekerja di sektor Swasta maupun Pemerintahan. Untuk Sektor Swasta, seperti Perusahaan MIGAS, Perusahaan Tambang, Kontraktor, atau Konsultan. Sedangkan, untuk sektor pemerintahan dapat bekerja di ESDM (Energi Sumber Daya Mineral), BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia),  dan BAPEDALDA (Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah).

 

  • Jalan-jalan
    Nah, jurusan Teknik Geologi rekomended nih buat kamu yang hobby jalan-jalan. Khususnya nih, ketika praktek lapangan. Maka kamu pasti akan pergi ke daerah yang berbeda-beda. Mata kalian pun akan dimanjakan dengan fenomena geologi yang keren dan unik. Asyikkan…sambil menyelam minum air, belajar sambil jalan-jalan 🙂

Tentang Penulis

Muhammad Abduh

TEKNIK GEOLOGI 14