Mau Tahu Fakta Seputar KKN? Mari kita lihat!

Seperti yang kita ketahui bahwa Kuliah Kerja Nyata (KKN), merupakan salah satu bentuk dari penerapan Tri darma perguruan tinggi yaitu Pengabdian pada masyarakat. Di Untad, KKN merupakan salah satu Mata kuliah wajib yang harus di program sebelum menyelesaikan studi. Nah, dari sekian banyak kisah-kisah yang terjadi saat KKN, penulis akan merangkum fakta-fakta yang sering ditemukan saat berada dilokasi KKN, mau tahu apa aja? Mari kita lihat!

1. Cinlok (Cinta Lokasi).
Meskipun dalam satu posko KKN kebanyakan beda jurusan bahkan fakultas, tapi ini bukan menjadi penanda bahwa teman seposko akan sulit bergaul. Nyatanya karena perbedaan inilah, teman-teman satu posko akan belajar saling mengenal satu sama lain. Nah, bukan hal yang jarang lagi melalui proses pengenalan ini ada yang terjerat cinta lokasi. Didukung juga dengan menempati satu rumah yang sama, mulai dari makan bareng, sering ngobrol bareng, dan hal-hal lainnya membuat kemungkinan cinlok terjadi semakin besar. Dan nggak jarang loh ada yang berlanjut sampai dipelaminan. *jangan baper yah..
Bukan hanya sekedar cinlok di posko saja loh, bahkan ada juga cinlok antar mahasiswa KKN dan masyarakat disekitar daerah KKN tersebut. *Nah loh..

2. Dekat dengan hal mistis.
Mau KKN di daerah mana pun selalu ada aja cerita mistisnya, mulai dari kisah horor dan mistis desa yang didatangi sampai rumah warga yang ditempati selama KKN. Sampai akhirnya ada temen di kelompok KKN yang mendadak kesurupan dan bikin heboh satu kelompok bahkan satu desa. Tapi biasanya berkah dari kejadian ini adalah kelompok KKN yang kesurupan bakal mendadak religus. *Alhamdulillah…

3. Sering nyasar.
Ini biasanya dialami oleh mahasiswa KKN yang dapatin posko didaerah asing. Maksudnya adalah daerah yang tidak pernah dikunjungi sebelumnya. Alhasil kata nyasar atau salah alamat menjadi hal yang wajar dialami oleh para mahasiswa KKN ini. Jurus paling ampuh untuk menangani masalah ini yaitu bertanya. So, kakak-kakak yang lagi KKN jangan malu bertanya yah, Karena malu bertanya sesat dijalan 😀

4. Jadi guru dadakan.
Biasanya didaerah KKN pasti tidak asing dengan anak-anak sekolahan. Tugas kita sebagai mahasiswa yang berilmu harus memberikan ilmu yang kita punya pada adik-adik yang masih bersekolah. Bagi mahasiswa yang bergelut di ilmu pendidikan sih ini hal biasa, tapi gimana kalo yang ngalamin itu mahasiswa dari fakultas lain, misalnya mahasiswa kehutanan, teknik dan sejenisnya. Kebayangkan, mereka otomatis harus belajar untuk menjadi seorang pengajar yang baik dan mudah bergaul dengan para anak-anak yang mereka ajak belajar bersama.

5. Surprise dosen pembimbing lapangan.

Nah, surprise yang dimaksud disini adalah kedatangan dosen pembimbing lapangan yang mendadak untuk melihat kinerja mahasiswa mereka dilokasi KKN. Yang lagi asik-asik nonton, main disawah bareng adik-adik desa, atau lagi jalan-jalan keliling desa langsung kalang kabut semua. Bakalan sibuk atur fokus masing-masing biar nggak dikira cuma nyantai aja selama KKN. Ada yang bilang rasanya kaya kedatangan malaikat maut, ihh kok serem yah..

6. Selalu pakai Almamater.
Yang biasanya dikampus jarang pakai almamater, boro-boro dipakai disentuh aja jarang banget. Tapi bakal berbanding terbalik saat KKN tiba. Buat nunjukin eksistensinya sebagai mahasiswa yang lagi KKN, almamater jadi salah satu atribut wajib yang harus dibawa-bawa kalo perlu nggak dicuci selama seminggu. Kalo udah dipake dijamin bakalan berasa jadi artis desa. *ciee’elaah..

7. Lebih banyak cewek.
Satu lagi nih yang biasa terjadi, dalam satu posko KKN untung-untungan kalo ada rekan cowoknya. Karena kebanyakan dalam satu posko itu didominasi oleh cewek. Jadi wajar aja kalo yang cowok berasa jadi raja dengan banyak dayang-dayang disekelilingnya. Eeeiitss, tapi ini juga jadi beban tersendiri buat para cowok, karena punya tanggung jawab lebih buat jagain rekan ceweknya selama KKN didaerah orang lain.
Nah, dari sekian fakta diatas mana aja nih yang pernah kalian alami? Dan buat yang belum ngerasain suka dukanya masa KKN, bisa ngebayangin dari sekarang kan gimana gambaran saat KKN nanti. Well, pada akhirnya KKN sengaja dibuat supaya mahasiswa bisa ngerasain aplikasi ilmu yang mereka dapat selama kuliah untuk diterapkan di lingkungan masyarakat. Itu sebabnya namanya disebut Kuliah Kerja Nyata, dan bukan Kuliah Kerja Nyantai.
SEKIAN
Sumber : Mahasiswa yang sudah KKN..


Diterbitkan

dalam

oleh