Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Info Event

Bedah Buku Filantropi Hukum 8 (Suatu Waktu) Sukses Digelar!

Ditulis Oleh Suci Fitrah Syari

Notesa Book Store menggelar Bedah Buku Filantropi Hukum 8 (Suatu Waktu) bertempat di Auditorium Untad, Rabu (28/03/2017). Filantropi Hukum 8 (Suatu Waktu) merupakan novel besutan mahasiswa untad yaitu Tari Akbar. Notesa book sebagai toko buku online yang melaksankan kegiatan ini dengan tujuan untuk mengapresiasi karya mahasiswa Untad, khususnya yang berkaitan dengan dunia literasi.

Kegiatan ini dimulai pukul 10.30 WITA dan dibuka secara resmi oleh Direktur Notesa Book Store, Mahfud Mahdang. Jumlah peserta yag hadir berkisar lebih dari 100 orang. Kegiatan ini juga menampilkan performance dari Tara Akbar. Ia membawakan puisi karya WS Rendra yang membuat para audience terpukau dan merinding.

Talk show Tara Akbar bersama Moderator (taken by Zhen Info Tadulako)

Buku Filantropi Hukum 8 (Suatu Waktu) merupakan buku pertama Tara Akbar yang berhasil diterbitkan. Ia mengerjakannya selama enam bulan. Dalam proses pembuatan buku ini, tidak luput dari berbagai rintangan. Tara mengaku banyak hambatan yang ia lalui, bahkan ia kehilangan leptopnya ditengah-tengah pembuatan bukunya. Sampai ia beikrar kepada teman-temannya dengan penuh percaya diri bahwa buku karangannya pasti akan terbit, “lihat saja nanti, lebih diluan bukuku keluar dari pada skripsiku”, begitu ujarnya.

Pada bulan Agustus 2016, akhirnya Buku Filantropi Hukum 8 (Suatu Waktu) diterbitkan. Buku ini berisi novel yang berkisah tentang perjuangan dua anak manusia yang bertanya tentang hidup, keadilan, politik, hukum, dan pendidikan.

“Cerita yang ada dibuku saya sebenarnya sangat dekat dengan kehidupan kita. Berhubungan dengan Fenomena kehidupan kampus, mahasiswa, ataupun dosen”

Tara juga membagi kiat-kiatnya hingga bisa menyelesaikan bukunya dan menjadi seorang penulis

“Setiap hari saya menulis satu halaman. Tidak perlu berpikir tulisan kita bagus atau tidak yang penting menulis saja dulu. Menulis itu kebiasaan. Semakin sering kita menulis, maka hal itu akan menjadi sebuah kebiasaan. Bangun ritme itu. Jika kita kehilangn ritme itu, maka akan sulit untuk memulainya lagi”.

Untuk pemilihan narasumber dalam kegiatan ini, Hikmah (Mahasiswa FKIP UNTAD) selaku ketua panitia mengaku, bahwa awalnya terinspirasi dari salah satu tulisan di anakUntad.com yang membahas tentang Tari Akbar bersama bukunya Filantropi Hukum 8 (Suatu Waktu). Selain itu, ia juga menambahkan, semoga lewat kegiatan ini makin banyak karya mahasiswa untad, khususnya dalam dunia kepenulisan yang bisa diapresiasi, dan makin banyak pula yang mengetahui bahwa bukan hanya penulis luar saja yang bisa diundang dan menjadi narasumber, tapi kita juga punya penulis-penulis hebat di Universitas Tadulako.

“Kegiatan ini memberi banyak inspirasi. Memacu saya untuk menulis juga seperti ka Tara. Selain itu, judulnya yang unik pun membuat saya tertarik untuk membaca buku ini” ujar Zakiah  (Peserta Bedah Buku dari Mahasiswa FKIP UNTAD)

Tentang Penulis

Suci Fitrah Syari