6 Cara Jitu Menghemat Kuota Data Internet di Smartphone Kamu

5. Hindari Update Aplikasi Otomatis

Selanjutnya, cara jitu untuk bisa menghemat kuota internet adalah dengan membatasi update aplikasi hanya jika terhubung ke WiFi. Terkadang tanpa kita sadari beberapa aplikasi yang membutuhkan pembaruan (update) ternyata secara otomatis melakukan pembaruannya dengan menggunakan kuota yang kita miliki. Tentu saja hal ini tidak akan terlalu berpengaruh jika hanya satu aplikasi yang harus diupdate. Namun bagaimana jika kita memiliki puluhan aplikasi yang secara bersamaan membutuhkan update (pembaharuan)? Tentu saja akan makin banyak kuota yang yang diambil. Maka untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengubah pengaturan update aplikasi dengan cara hanya saat  perangkat terhubung  dengan WiFi yang gratis. Untuk mengaktifkannya kamu bisa masuk ke Play Store dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only. Dengan hal ini maka kuota kamu akan menjadi jauh lebih hemat.

6. Optimalkan Sebaik Mungkin Wilayah Penggunaan Hotspot

Hal ini yang paling menarik sedunia untuk para penggemar gadget. Saat kamu berada di cafe, restauran, tempat nongkrong manapun yang menyediakan konektivitas Wi-Fi, gunakanlah sebaik mungkin. Jangan pernah malu untuk bertanya password kepada para pelayan yang ada di tempat tersebut. Jika kamu bingung mencari tempat yang menyediakan hotspot, kamu bisa menggunakan aplikasi pencari WiFi loh guys. Tapi di jaman sekarang ini, hampir disetiap sudut kota sudah menggunakan WiFi, sebut saja tempat andalan kamu yaitu kampus. Jadi kamu tidak akan kesulitan lagi untuk sekedar nebeng hotspot gratis.

Nah, hal di atas bisa kamu lakukan untuk menyiasati HP kamu agar menghemat pemakaian kuota internet. Jadi, kamu bisa buat uang kamu lebih berguna, nggak melulu beli pulsa buat paket internet. Kamu punya cara lain untuk menghemat kuota paket data kamu nggak? Berbagi lewat kolom komentar ya!

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya

Diterbitkan

dalam

oleh

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *