Tips & Trick

6 Tips ini Wajib Kamu Lakukan Sebelum Tes SBMPTN

Bagi para lulusan SMA, diterima di Kampus Favorit melalui jalur SNMPTN adalah hal yang paling diimpikan. Selain faktor nilai selama di Sekolah, keberuntungan menjadi salah satu hal yang sering tidak diduga-duga. Sayangnya, tidak semua orang bisa merasakannya. Menurut Data Panitia SNMPTN 2018, total pendaftar dijalur SNMPTN sebanyak 590.830 Siswa, namun yang diterima hanya sebanyak 110.946 Siswa, bisa kelihatan kan betapa sedikitnya orang-orang yang beruntung ?

Namun tidak perlu khawatir, para Siswa lulusan SMA yang belum beruntung masih diberikan kesempatan untuk mengikuti Jalur SBMPTN. Beda dengan SNMPTN yang tanpa tes tertulis, SBMPTN justru menyajikan tes tertulis bagi para pendaftarnya. Tahun 2018 ini, Ujian SBMPTN akan dilakukan pada tanggal Delapan Mei nanti.

Baca Juga : Pengumuman Daftar Siswa yang Lolos SNMPTN 2018 di Universitas Tadulako

Nah, kali ini, Penulis akan berbagi soal Tips-Tips apa saja yang harus dilakukan oleh Pendaftar SBMPTN sebelum mengikuti Ujian. Berikut Enam Tipsnya.

  1. Permantap Niat dan Perbanyak Doa

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mengikutii Ujian SBMPTN  adalah menguatkan Niat.
Seperti kata bijak, “Niat itu seperti Surat, salah tulis alamat akan sampai di salah tempat”. Niat ini sangat berpengaruh terhadap hasil kita nantinya. Dalam Agama Islam saja diajarkan, bahwa “Sesungguhnya setiap perbuatan itu tergantung pada niatnya, dan setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan”. Jadi, niatkan Ujian SBMPTNmu dengan hal-hal yang positif, agar hasil Ujianmu memuaskan 😉

Selain mengumpulkan niat, kekuatan Doa juga sangat dibutuhkan. Hal yang satu ini tidak boleh terlewatkan, karena Tuhan memberikan sesuatu kepada orang-orang yang meminta dengan sungguh-sungguh. Jadi, jangan lupa berdoa sebelum ikut Ujian.

  1. Siapkan Peralatan Ujianmu

Sebelum mengikuti Ujian, periksalah semua Peralatanmu. Mulai dari Pensil, penghapus, runcing dan peralatan lainnya. Kalau dibutuhkan, siapkan juga Tisu untuk jaga-jaga, siapa tahu kamu berkeringat dingin saat ikut Ujian nanti 😀 hehehe

  1. Belajar dengan Baik

Pengetahuan adalah salah hal paling penting dalam semua Ujian, termasuk SBMPTN. Kamu bisa pelajari soal SBMPTN pada tahun-tahun sebelumnya, sudah banyak yang bisa diunduh di Internet. Kalau kamu punya buka Ampuh tentang SBMPTN, ulas terus hingga kamu merasa siap untuk ikut Ujian.

  1. Pahami Metode Penilaian Ujian SBMPTN 2018

Berbeda dengan tahun sebelumnya, SBMPTN 2018 tidak lagi menggunakan metode skor 4 untuk Jawaban Benar, skor 0 untuk jawaban salah, dan skor negatif 1 untuk Jawaban yang salah. Ini penting untuk kamu ketahui, Panitia SBMPTN 2018 menggunakan tiga tahap untuk menentukan nilai akhir dari Ujianmu.

  • Tahap 1 : Jawabanmu yang benar akan diberikan skor 1, dan Jawabanmu yang salah atau kosong akan diberikan skor 0, ini berlaku untuk semua Jawabanmu.
  • Tahap 2 : Penilaian Panitia akan  dianalisis berdasarkan tingkat relatif kesulitan soal. Jadi, makin sulit soal yang kamu jawab dengan benar, maka makin besar peluangmu untuk lulus, begitupun sebaliknya. Namun, penilaian ini  akan berdasarkan dari hasil keseluruhan Jawaban peserta SBMPTN.
  • Tahap 3 : Dari semua Jawabanmu, akan dihitung keseluruhan skor yang kamu dapatkan. Soal yang terhitung sulit berdasarkan hasil tes, akan mendapatkan bobot nilai yang tinggi dibanding soal yang lebih mudah. Perhitungan ini akan dilakukan oleh Tim yang memiliki kompetensi dibidang pengujian, pengukuran dan penilaian.

Jadi, untuk bisa lulus, semaksimal mungkin kamu harus bisa menjawab dengan benar soal-soal yang memiliki standar kesulitan yang tinggi.

  1. Pastikan kamu sudah daftar SBMPTN 😀

Nah hal ini adalah kunci dari segala-galanya, pastikan kamu sudah mendaftar dan memiliki Kartu Ujian SBMPTN. Cek kembali data diri di kartu Ujianmu, pastikan kembali tidak ada yang salah. Semua persiapanmu akan sia-sia kalau ternyata data diri kamu keliru, apalagi kalau kamu belum terdaftar sebagai Peserta resmi dalam Ujian SBMPTN.

  1. Tawakal

Ini yang terakhir , “Serahkan semuanya kepada Tuhan Yang Maha Esa”

———————————————————————————-

Baca juga : Resmi Rilis, Ini Besaran UKT UNTAD Tahun Angkatan 2018

 

AnakUntad.com adalah media warga.
Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya.
Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.