Tahukah Kamu

Susu Kental Manis: Sirup manis rasa Susu

Ditulis Oleh muhammad adam suni

Seperti yang kita ketahui susu memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita,  tak jarang anjuran minum susu pun kita terima di masyarakat. Bahkan slogan untuk sehat pun 4 Sehat 5 Sempurna di anjurkan meminum susu. Di pasaran sebenarnya banyak susu yang beredar mulai dari susu segar, susu “kotak” (UHT), atau susu “kaleng” (Susu kental manis). Tapi sebenarnya dari banyaknya jenis susu yang beredar tersebut, ada susu yang tak layak di sebut Susu.

Susu Kental Manis Tidak Mengandung Susu

Kurangnya pemahaman masyarakat mengenai susu kental manis dan produk susu masih sering salah kaprah. Padahal kandungan dalam produk bertuliskan susu kental manis berbeda dengan susu. Dikutip dari Kumparan.com BPOM mengeluarkan Surat Edaran tentang Label dan Iklan pada Produk Susu Kental (Kategori Pangan 01.3) pada Mei 2018.

Surat edaran yang diterbitkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait pencabutan kategori susu pada produk susu kental akhir-akhir ini menghebohkan dunia maya. Pasalnya salah satu bahaya susu kental manis tidak diketahui masyarakat adalah kandungan gulanya yang terlalu tinggi jika dibandingkan kandungan susunya. Masyarakat pun bertanya “Kenapa baru sekarang di keluarkan?”

Apa alasan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mencabut kategori susu pada susu kental manis?

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny Lukito, menyebut produk susu kental manis yang selama ini beredar justru tidak mengandung padatan susu. Produk susu kental manis hanya mengandung lemak susu minimal 8%, protein (Nx6,38) minimal 6,5% dan tidak mengandung padatan susu sama sekali.

Nah karena BPOM khawatir dengan ini, terutama kebanyakan konsumen susu kental manis ini tidak lain adalah anak-anak kecil dalam masa pertumbuhan yang notabene karena si susu kental manis ini murah meriah akhirnya emak-emak lebih suka beli kental manis daripada susu UHT misalnya. Akhirnya BPOM mengeluarkan  beberapa larangan tentang Promosi kental manis yang kadang menyesatkan.

Beberapa larangan yang perlu diperhatikan yakni:

  1. Dilarang menampilkan anak-anak berusia di bawah 5 tahun dalam bentuk apapun.
  2. Dilarang menggunakan visualisasi bahwa produk Susu Kental dan Analognya (Kategori Pangan 01.3) disetarakan dengan produk susu lain sebagai penambah atau pelengkap zat gizi. Produk susu lain, antara lain susu sapi/ susu yang dipasteurisasi/ susu yang disterilisasi/ susu formula/ susu pertumbuhan.
  3. Dilarang menggunakan visualisasi gambar susu cair dan/atau susu dalam gelas serta disajikan dengan cara diseduh untuk dikonsumsi sebagai minuman.
  4. Khusus untuk iklan, dilarang ditayangkan pada jam tayang acara anak-anak.

Kalau di lihat terutama No. 3, ternyata memang kita selama ini secara tidak sadar memperlakukan si kental manis ini sebagai pengganti susu dengan iming-iming khasiatnya setara dengan susu. Akibat iklan TV yang menyesatkan  tadi.

Apa saja kandungan dalam susu kental manis ?

Kandungan zat gizi susu kental manis dan analognya antara lain :
– Susu Kental Manis : Lemak susu min 8%, Protein min 6,5%
– Susu Evaporasi : Lemak susu min 7,5%, Protein min 5,5%, Total Padatan Susu min 25%
– Susu Kental Manis Lemak Nabati : Lemak susu min 8%, Protein min 6,5%
– Krimer Kental Manis : Lemak susu min 8%, Protein min 6,5%
(BPOM)

Kandungan susu kental manis

Kandungan susu kental manis

Lalu mari kita ambil salah satu contoh produk yang ada di pasaran. Pada gambar di atas kita bisa melihat kalau dalam 1 kemasan Sachet 40gram, kandungan gula yang ada di dalamnya adalah 23gram atau 57% kandungan dalam susu kental manis tersebut adalah gula. Maka sesuai kata BPOM Susu kental manis tak layak lagi di sebut susu. Mungkin kalau menurut penulis lebih pantas di sebut “Syrup rasa susu”.

Susu kental manis dan analognya tidak dilarang, namun bijaklah dalam mengonsumsinya. Susu kental manis tidak dapat disetarakan/disamakan dengan susu segar/susu pasteurisasi/susu sterilisasi. Batasi saja konsumsinya jangan sampai malah secara jangka panjang kita malah kena diabetes karena terlalu banyak mengkonsumsi susu kental manis.

Kalau punya adik jangan beri susu kental manis terlalu banyak, kalaupun ingin mengkonsumsi susu bila tidak ada susu segar sebaiknya mengkonsumsi susu UHT atau beberapa jenis susu cair lainnya. Serta terimakasih kepada BPOM yang menyadarkan kita kalau iklan para produsen itu kaya janji palsu sang mantan. Mungkin sebaiknya iklan kental manis jadi iklan martabak/terang bulan saja ya? Karena semua martabak manis/terang bulan pakai kental manis 🤣.

Kalau teman-teman bagaimana? selama ini suka minum susu yang mana?
tuliskan pendapat kalian di bawah ya

 

 

Tentang Penulis

muhammad adam suni

Jounalist anakuntad.com. The forestry Department. Fell in love with nature. Provide information and want to share between each other.