10 Tips Menjalani Mubes Versi Anak Untad

Kembali lagi dengan topik terhangat saat ini. Yups, Mubes. Terhitung sejak bulan Desember 2015 hingga tiga bulan kedepan adalah waktunya organisasi mahasiswa di UNTAD melangsungkan MUBES untuk regenerasi kepengurusan. Mulai dari Majelis Mahasiswa, BEMUT, UKM, UKF serta HMJ yang ada di lingkup Universitas Tadulako. Nah, apakah kalian termasuk  mahasiswa-mahasiswa yang sedang dan akan melaksanakan Mubes?

By the way, sedikit ulasan mengenai Musyawarah Besar alias Mubes yang  merupakan landasan hukum tertinggi yang digunakan sebagai acuan dalam gerakan  komunitas  dan lembaga kemahasiswaan di Universitas Tadulako. Ibarat sebuah negara, Mubes adalah Undang-Undang yang bisa diamandemen setiap saat sesuai dengan relevansi keadaan sekitar. Mubes dilaksanakan untuk menjawab kebutuhan organisasi kemahaiswaan yang sudah berubah mengikuti perkembangan jaman. Selain menjadi wadah bagi organisasi kemahaiswaan Universitas Tadulako untuk mencari format pemerintahan mahasiswa yang dinamis dan sesuai dengan kondisi kekinian, Musyawarah Besar juga  menjadi momentum persatuan Keluarga Mahasiswa Universitas Tadulako. Di dalamnya terdiri atas beragam pikiran yang merupakan hasil diskusi tiap elemen, namun berpikir untuk satu tujuan sama dan kontribusinya pasti terhadap Indonesia.

Berbicara tentang Mubes, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar mubes bisa berjalan dengan baik dan aman serta terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Yuks kita lihat.

  1. MUHASABAH. Muhasabah atau introspeksi diri penting untuk menjadi bahan perhatian khusus bagi kalian yang akan mengikuti mubes.  Introspeksi diri akan membuat kita menyadari kelebihan dan kekurangan kita. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah kekurangan-kekurangan kita sehingga lebih mampu menghargai pendapat orang lain tanpa harus memaksakan kehendak pribadi.
  2. TEMPAT YANG NYAMAN. Silahkan menentukan dan memilih tempat se-nyaman mungkin. Karena tempat yang nyaman akan mendukung suasana mubes berjalan lebih baik dan biasanya akan lebih enak berpikir jika didukung oleh tempat yang kondusif.
  3. PASANG TARGET WAKTU PELAKSANAAN. Penentuan target waktu pelaksanaan sangat penting untuk dilakukan diawal,  hal ini akan memacu mahasiswa untuk melangsungkan mubes secara efektif dan hal-hal pengganggu. Alasan lain penentuan target adalah untuk menghindari “buang-buang waktu”. Bisa jadi mahasiswa juga punya agenda penting lainnya yang harus diselesaikan.
  4. MENYIAPKAN SEGALA DOKUMEN MUBES YANG DIBUTUHKAN. Rasanya hal ini begitu penting agar Mubes berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan-hambatan meskipun hambatan yang terlihat kecil.
  5. FOKUS. Hal terpenting yang lain adalah fokus. Pastikan ketika mengikuti Mubes pikiran benar-benar fokus hanya untuk mubes, masalah yang lain dikesampingkan dulu untuk waktu yang telah ditentukan agar keputusan yang diperoleh  benar-benar keputusan yang terbaik.
  6. TURUT BERSUARA. Selalu berusaha untuk memberikan pendapat meskipun hanya mampu sekedar menyetujui pendapat sebelumnya. Apalagi jika diminta oleh pimpinan musyawarah. Dengan bersuara meski sekedar setuju atau tidak setuju maka akan mempercepat proses mubes.
  7. HINDARI PERTANYAAN MAUPUN PERNYATAAN YANG BERSIFAT “MENGUJI”. Hal ini harus dihindari karena hanya akan membuang-buang waktu tanpa ada suatu bentuk inovasi. Terkadang hal-hal seperti ini juga memacu perdebatan panjang nan alot bahkan mampu memancing emosi mahasiswa.
  8. HILANGKAN SIFAT  “BERKUASA”.  Sikap seperti ini terkadang mampu membuat mahasiswa yang lain terutama pemula akan enggan untuk angkat bicara dan menyampaikan tanggapannya. Olehnya sebisa mungkin hindarilah sifat seperti ini.
  9. MENERIMA SEMUA KEPUTUSAN MUBES. Melaksanakan musyawarah untuk mufakat. So, terimalah keputusan mubes dengan lapang dada meskipun tidak sesuai dengan keinginan kita. Yakinlah bahwa keputusan yang diperoleh adalah keputusan terbaik.
  10. KEEP CALM. Keep Calm Guys! Semua akan mengusahakan yang terbaik.

 


Diterbitkan

dalam

oleh