Lomba & Beasiswa

Info Beasiswa PPA Untuk Kamu yang Berprestasi

Ditulis oleh Suci Fitrah Syari

Ngomongin tentang beasiswa nih, kali ini penulis akan menginformasikan salah satu jenis beasiswa yang paling fenomenal di kalangan mahasiswa yaitu Beasiswa PPA. Yang masih bertanya-tanya tentang beasiswa PPA, apa sih beasiswa PPA itu? Bagaimana sih cara mendapatkannya? Nah, disini penulis akan menjelaskan secara rinci tentang beasiswa PPA tersebut.

Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) adalah beasiswa yang berasal dari Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan sudah ada sejak tahun 2012 . Beasiswa ini merupakan beasiswa yang paling banyak diincar oleh mahasiswa. PPA dibuka bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada jenjang S1 maupun diploma dan minimal telah menempuh semester II. Beasiswa PPA dibuka setiap tahun pada semester ganjil. Terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi bagi mahasiswa yang ingin menerima beasiswa ini, diantaranya yaitu :

  1. Persyaratan Pendaftaran
  2. Persyaratan Umum

Persyaratan umum diberikan pada mahasiswa :

  1. Jenjang S1/Diploma IV paling rendah duduk pada semester II dan paling tinggi duduk pada semester VIII.
  2. Diploma III , paling rendah duduk pada semester II dan paling tinggi duduk pada semester VI.
  3. Dapat diberikan mulai semester I apabila mahasiswa memiliki prestasi sangat baik di sekolah khususnya nilai ujian nasional dan nilai rapor kelas X s.d XII (diperlukan rekomendasi dari Kepala Sekolah).

Apabila mahasiswa telah memenuhi persyaratan umum tersebut, diwajibkan mengajukan permohonan secara tertulis kepada Rektor/Ketua/Direktur atau pejabat perguruan tinggi yang ditunjuk, dengan menyertakan berkas sebagai berikut :

  1. Fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Rencana Studi (KRS) atau yang sejenisnya sebagai bukti mahasiswa aktif.
  2. Fotocopy piagam atau bukti prestasi lainnya (ko-kurikuler dan atau ekstra kurikuler ) pada tingkat Nasional Maupun Internasional.
  3. Surat pernyataan tidak menerima beasiswa/bantuan biaya pendidikan lai dari sumber APBN/APBD yang diketahui oleh Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan.
  4. Rekomendasi dari pimpinan Fakultas/Jurusan.
  5. Fotocopy kartu keluarga.
  6. Persyaratan Khusus.

Adapun persyaratan khusus bagi mahasiswa calon penerima PPA adalah :

  1. Fotocopy transkip nilai dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) paling rendah 3,00 yang disahkan oleh pimpinan perguruan tinggi.

Bagi mahasiswa yang telah dinyatakan lulus dalam beasiswa PPA ini akan mendapatkan sejumlah uang untuk biaya pendidikan berdasarkan periode tahun anggaran berjalan dan diberikan untuk pertama kali sekurang-kurangnya selama 6 bulan. Sampai saat ini sudah ratusan mahasiswa yang telah mendapatkan beasiswa PPA. Seperti yang dikatan oleh Nofianto, salah seorang mahasiswa yang telah mendapatkan beasiswa PPA, “Walaupun ngurus berkasnya ribet ,nggak rugi deh kalau udah dapat beasiswa PPA, banyak untungnya”.

Demikian info tentang beasiswa PPA yang dapat penulis bagikan. Semoga memberikan manfaat bagi para pemburu beasiswa. Dan semoga kamu bisa memperoleh beasiswa yang diinginkan. Tunggu apa lagi? Siapkan berkasmu dari sekarang!

( ditulis oleh Ulfiana Sandra Yulia)

 

Baca juga:

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Mendaftar Beasiswa

10 Tips Lolos Beasiswa LPDP oleh Para Awardee

Beasiswa PPA dan PPTI BCA Untuk Kamu Lulusan SMA Sederajat

Info Beasiswa Dalam dan Luar Negeri Tahun 2017

Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2017 Telah Dibuka! Ini Jadwal, Syarat dan Tata Caranya

Comments

comments

Tentang Penulis

Suci Fitrah Syari

%d blogger menyukai ini: