Mahasiswa Farmasi Untad Ciptakan Aplikasi Penganalisa Bahan Tambahan Farmasi

Aplikasi merupakan sebuah perangkat lunak yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Perkembangan aplikasi didukung oleh sebuah kebutuhan yang diiinginkan oleh pengguna dalam membantu menyelesaikan tugasnya terutama tugas-tugas kampus yang memanfaatkan kecepatan aplikasi itu sendiri dalam menyelesaikannya.

Seperti mahasiswa farmasi ketika ingin membuat sebuah sedian harus mempertimbangkan bahan tambahan yang akan digunakan apakah bahan-bahan yang digunakan satu antara lain mengalami inkompatibilitas (ketidakcocokan atau ketidaksesuaian). Sehingga untuk menghindari inkompatibilitas itu maka harus membaca satu-satu data inkompatibilitas dari bahan tambahan, hal ini tentunya memerlukan waktu yang lama untuk menganalisa satu-satu bahan tambahan.

Dari permasalahan ini seorang mahasiswa farmasi FMIPA UNTAD angkatan 2013 bernama Abdul Kahar membuat software yang dapat membantu mahasiswa farmasi dalam memilih bahan tambahan dari sebuah sediaan. Software yang dibuatnya di jadikan sebuah penelitian untuk membuat tugas akhirnya yang diberi nama EXC-Solution.

Apa itu EXC-Solution?

“EXC-Sol” (Excipient Solution) adalah perangkat lunak yang dapat menganalisa bahan tambahan farmasi yang inkompatibel otomatis. Sehingga kita tidak perlu lagi repot-repot mencari dan memilih bahan tambahan dengan membaca satu-satu data inkompatibilitas tiap bahan. Bentuk sediaan yang saaat ini tersedia antara lain tablet, larutan suspense dan emulsi. Pemilihan bahan untuk membuat sediaan farmasi sudah jadi lebih mudah dan hemat” ujarnya. Aplikasi yang dibuatnya dikembangkan lagi sehingga dapat digunakan oleh mahasiswa farmasi yang ada di kota PALU.

Peluncuran aplikasi EXC-Solution ini akan dilakukan pada pertengahan bulan Februari dengan harga promo Rp. 50.000 untuk 35 orang pertama di tiap universitas yang ada di kota Palu.

Bagi mahasiswa farmasi yang tertarik menggunakan aplikasi ini bisa hubungi 082292182162 dan bagi yang ingin mengetagui info lebih lanjut bisa buka Exctim.blogspot.com

Baca juga:

Mahasiswa Pascasarjana Untad Ciptakan Terung Tanpa Biji

Mau Kuliah Farmasi UNTAD? Yuk Kenali dulu beberapa Fakta dan Mitos di Jurusannya

Percaya Gak? Ini Yang Anak MIPA Untad Lakukan Sebelum Masuk Praktik Laboratorium

10 Tips Lolos Beasiswa LPDP oleh Para Awardee

7 Negara Terfavorit Pilihan Pelajar Indonesia Berkuliah Di Luar Negeri


Diterbitkan

dalam

oleh