Matrikulasi Pascasarjana, Jembatan Memulai Perkuliahan

Sebagai bagian dari rangkaian penerimaan mahasiswa baru 2013, Pascasarjana Universitas Tadulako mengadakan kegiatan matrikulasi yang berlangsung sejak tanggal 19 hingga 30 Agustus. Prof. Dr. Ir. Indrianto Kadekoh, M.P. yang ditemui di ruangannya mengungkapkan, bahwa matrikulasi ini dimaksudkan sebagai sarana untuk menjembatani mahasiswa sebelum memulai masa perkuliahan baik untuk program Magister maupun Doktoral.

“Matrikulasi ini diperuntukan bagi mahasiswa baru yang dinyatakan lulus baik program Magister maupun doktoral untuk mengikuti kuliah, sebagai saranamerefresh kembali materi-materi yang mungkin sudah pernah didapatkan dahulu.” Ungkap Prof Indrianto. Prof Indrianto juga memberikan permisalan “bahwa tentunya ada materi-materi yang perlu diulangi kembali sebelum memulai perkuliahan, sebagai contoh untuk program S3 tentunya mesti ditunjang oleh materi seperti Bahasa Inggris, Statistik, Metode Penelitian dan sebagainya.”

Matrikulasi pascasarjana Untad tahun ini diikuti oleh 671 mahasiswa baru yang terdiri dari. 117 Mahasiswa Magister Manajemen, 54 Magister Pembangunan dan Wilayah Pedesaan, 158 Magister Administrasi Publik, 36 Magister Agribisnis, 57 Magister Ilmu-ilmu Pertanian, 38 Bahasa Inggris, 69 Magister Sains, 55 Magister Hukum, dan 45 orang Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia. Sementara untuk Program Doktoral diikuti oleh 14 orang Mahasiswa Ilmu Pertanian dan 28 orang Mahasiswa Ilmu Ekonomi.

Prof Indrianto selaku Direktur pascasarjana juga menghimbau agar seluruh mahasiswa baru mengikuti semua materi matrikulasi yang diberikan. “Matrikulasi ini adalah mata kuliah yang tidak bernilai SKS, namun wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa S2 dan S3, karena ini juga menjadi syarat kelulusan. Bila tidak mengikuti matrikulasi tahun ini, maka mahasiswa yang bersangkutan harus mengikuti pada tahun berikutnya.” Tekan Prof Indrianto.

Kegiatan Matrikulasi Pascasarjana UNTAD yang akan berakhir pada tanggal 30 Agustus nanti rencananya akan disambung dengan Silaturahim Akademik (SILAK) yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus. Untuk itu, prof Indrianto kembali menghimbau agar seluruh mahasiswa berpartisipasi mengikuti kegiatan tersebut.

“Setelah Matrikulasi ini, renacannya akan dilangsungkan Silaturahim Akademik (SILAK) yang akan dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2013. Kegiatan ini diikuti seluruh civitas akademika pascasarjana, dosen, dan tentunya mahasiswa. Kegiatan diawali dengan jalan santai kemudian kuliah umum yang akan disampaikan oleh Direktur pascarajana dengan keynote speaker Rektor Universitas Tadulako.”

Perkuliahan program pascasarjana akan dimulai pada tanggal 2 September 2013, mahasiswa baru angkatan 2013 diharapkan sudah mengatur jadwal aktifitasnya


Diterbitkan

dalam

oleh

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *