ORISIMARU UNTAD 2013: “Membangun Spirit Kejuangan, Mewujudkan Karakter Ketadulakoan”

Foto : Dr. H. Asep Mahfudz. MP saat membawakan materi dihadapan ribuan mahasiswa baru Universitas Tadulako
Foto : Dr. H. Asep Mahfudz. MP saat membawakan materi dihadapan ribuan mahasiswa baru Universitas Tadulako

Terdata 5.915 orang mahasiswa  mengikuti Orientasi Mahasiswa Baru (Orisimaru) Untad, selasa, 20 Agustus yang berlangsung hingga 22 Agustus 2013. Kegiatan ini dilaksanaakan satu hari di tataran universitas dan 2 hari di tataran fakultas. Penyelengaraan di universitas dititik fokuskan pada 2 tempat, yakni di Auditorium dan PKM Untad.

“Membangun Karakter Katedulakoan Melalui Orientasi Akademik Mahasiwa Tahun 2013” adalah tema utama dalam Orisimaru kali ini. tentunya karakter katadulakoan menjadi target besar kepada ribuan mahasiswa. Dalam mewujudkan hal itu, panitia menyajikan berbagai materi inspiratif. Salah satunya materi yang di bawakan oleh Dr. Asep mahfudz M.Pd. muatan materi yang sungguh inspiratif, yakni membangun spirit kejuangan.

Gaya bahasa yang sederhana tapi sangat menyihir hati ribuan mahasiswa. Ulasan yang dalam dan penuh motivasi menjadi pembangun suasana materi kali ini. dalam paparannya, Dr.Asep menyampaikan bagamana membangun spirit kejauangan itu ? cara utamanya adalah membangun dari dalam individu masing-masing. dengan cara apa ? tentunya, mengenal potensi diri.

Dalam menganal potensi diri, ada 4 hal penting yang menjadi bidik internal kedirian, yakni potensi fisik, mentalitas, sosial emosianal, dan mental spritual. Dari keempat kategori potensi ini, kita harus mampu mengenal dimana keunggulan potensi kita. Namun, pada dasarnya semua potensi diri mampu kita dalami dengan berbagai proses kehidupan. Pastinya ketekunan dan ketangguhan menjadi modal utama dalam menjalani proses itu.

Karakter ketadulakoan yang menjadi harapan akbar Univeristas Tadulako ini harus siap menjadikan mahasiswa sebagai insan terdidik dan berintegritas baik. maka Orisimaru tahun 2013, diupayakan untuk mengarah kepada harapan besar itu. Karakter mahasiswa tangguh dan tekun serta berbudi luhur juga menjadi orientasi pelaksanaan agenda tahunan Untad ini.

Bukan hanya itu, dalam penyajian materi lain, yang di bawakan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Tadulako, Asmadi Weri, SH. MH., juga memberikan dorongan motivasi besar. Tentu, bidang kemahasiswaan menjadi spesifik konten materinya, yakni dengan muatan tentang motivasi membina diri selama 4 tahun. sangat rugi rasanya jika tidak merasakan dinamika dalam dunia kemahasiswaan yang sesungguhnya. Hal itu terjewantahkan dalam kehidupan berlembaga di lingkungan untad. Banyak lembaga yang telah nyata mengantarkan mahasiswa menjadi pribadi yang tangguh dan berprestasi. Sebut saja Robotek, yang telah beberapa kali mengharumkan nama untad di Panggung Nasional. LDK Upim yang juga mencetak kader-kader muslim yang tangguh serta amanah. Bahkan ada beberapa mahasiswa Untad yang telah menoreh prestasi di kancah Internasinal berkat ketekunan dan ketangguhan mereka.

Dalam kesempatan yang sama Bapak Asmadi Weri, SH. MH., juga menyampaikan banyaknya terbuka peluang beasiswa bagi semua mahasiswa berprestasi. Hanya mereka yang memiliki kemauan besar dan ketangguhanlah yang mampu meraih semua itu dan akhirnya akan menjadi pemimpin sejati di negeri ini. Itulah sejumlah prestasi dan suntikan motivasi kepada mahasiswa baru. Sehinngganya, Orisimaru tahun ini dapat memantik spirit kejuangan mahasiswa dalam mewujud karekter ketadulakoan


Diterbitkan

dalam

oleh

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *