Sistem Akademik Berbasis Online Universitas Tadulako Segera Direalisasikan

Dalam rangka memajukan sistem akademik Universitas Tadulako, UPT TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Untad, segera merealisasikan sistem akademik berbasis online. Upaya tersebut telah dimulai dengan adanya sosialisasi yang dilaksanakan di gedung Media Centre, Selasa (18/6). `Sosialisasi ini menghadirkan puluhan mahasiswa dan dosen dari berbagai fakultas.

Sosialisasi yang dilaksanakan selama dua hari ini, memberikan informasi kepada mahasiswa dan dosen terkait teknik pelaksana sistem akademik online. Dalam paparan Ahmad Zuhri, tim sosialisasi UPT TIK, menjelaskan bahwa “ada tiga unsur yang berperan penting dalam menjalankan sistem ini, yakni admin, dosen dan mahasiswa.” Admin bertugas untuk menginput data dan mengontrol sistem di tiap-tiap fakultas dan prodi, dosen bertugas untuk menginput nilai, dan mahasiswa bertugas belanja KRS. Dan tiap admin, mahasiswa dan dosen akan disediakan akun masing-masing.

Sistem akademik nantinya akan berjalan secara online, dari pengisisan KRS, input jadwal kuliah, input nilai mahasiswa sampai pada output nilai dan hasil pembelajaran selama semester.  Dalam sosialisasi ini, juga dijelaskan bahwa pihak UPT telah menyediakn admin di tiap-tiap fakultas. Namun, pelaksanaannya diserahkan sepenuhnya pada kebijakan fakultas masing-masing. Apakah mulai diberlakukan untuk angkatan 2012 kebawah, ataukah nanti diberlakukan untuk angkatan 2013 ke atas.
Dalam pandangan salah satu peserta, Edi Utomo Putra, mahasiswa fakultas pertanian, bahwa “pelaksanaan sistem akademik berbasis online ini sangatlah penting dan baik diterapkan di kampus kita ini. Sebab, pelaksanaan akademik akan  terkontrol, mobilitasnya mudah dan mengurangi kecurangan-kecurangan nilai. Saya berharap penerapan sistem ini bisa berjalan dengan lancar, demi kemajuan kampus yang kita cintai.”
Menurut Ahmad Zuhri, sebagai staf divisi data dan informasi UPT TIK, juga melontarkan harapan besar, bahwa “harapan kami mulai semester ini, masing-masing fakultas sudah siap menjalankan, agar semester depan sistem akademik berbasis Online ini telah tertata dengan baik.” tutupnya kepada reporter Media Tadulako. (Raf)

Diterbitkan

dalam

oleh

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *