Lomba Akuntansi Se Sulawesi, Pacu Semangat Berprestasi

HIMAKSI (Himpunan Mahasiswa Akuntansi) Untad mengadakan lomba Akuntansi siswa-siswi SMA dan MA se Sulawesi. Pelaksanaan lomba ini dilakukan selama 2 hari, yang bermula tanggal 22 dan berakhir 24 september. Bertempat di gedung Golni (Taman Budaya) Palu.

Kegiatan ini mengambil tema ‘’Tunjukkan bakat dan keterampilan sebagai generasi berkualitas dalam keilmuwan Akuntansi’’. Ketua jurusan Akuntasi, Dr. Abdul Kahar dan juga Direktur Operasional BPD (Bank Pembangunan Daerah) Sulteng sangat mengapresiasi. ‘’Ini untuk kali keduanya dilaksanakan kegiatan tersebut. Sebelumnya, dilaksanakan pada tahun 2010 yang diketuai oleh Rudi Hartono. Pemenangnya dari SMA Negeri 3 Palopo, SMA Negeri 1 Palu dan SMA Madani Palu’’ jelas Fikri, selaku ketua panitia lomba Akuntansi 2013 ini.

Lomba Akuntansi ini diikuti oleh 10 tim yang berasal dari 9 sekolah. Sekolah itu diantaranya, SMA Negeri 1 Palu yang terdiri dari 2 tim, SMA Negeri 2 Palu, SMA Negeri 5 Palu, SMA GKSP Palu, SMA Madani Palu, SMA Negeri 1 Sausu, SMA Negeri 1 Pamona utara, SMA Negeri 4 Kendari, dan SMA Negeri 3 Palopo.

‘’Untuk masuk grand final dan menjadi pemenang, siswa-siswi ini harus melewati beberapa tahapan. Pertama, Babak eliminasi 1 mengerjakan multiple choice dan out of the box. Kemudian, masuk ke semi final. Tapi, sebelum itu ada babak well card, dimana para peserta yang sudah gugur pada eliminasi 1 bisa mengikuti kembali masuk semi final melalui well card ini. Setelah terpilih perwakilan dari well card, masuklah ke semi final. Dalam babak well card, mereka mengerjaan soal berbentuk kasus dan juga debat. Tiba di grand grand final, tersisa 4 tim. Ada babak beregu dan babak rebutan yang disediakan’’ ujar Fikri, Mahasiswa Akuntansi angkatan 2011 itu.

Pemenang yang berhasil membawa pulang hadiah sejumlah uang dan piala dalam lomba ini sebanyak 3 regu, dari 4 regu yang sempat bertarung di babak final. Juara pertama, diraih oleh SMA Madani dengan skor tertinggi 880. Juara kedua, SMA Negeri 1 Palu. Kemudian, yang terakhir SMA Negeri 3 Palopo sebagai juara 3.

Penjurian ini dilakukan oleh dosen-dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi Untad serta tim lomba (berasal dari mahasiswa Akuntansi dan alumni himaksi sendiri) yang dibentuk terpisah dari kepanitiaan. Tidak adanya kerja sama antara tim lomba dan kepanitiaan, menunjukkan bahwa mereka mengedepankan independensi dan juga transparansi.

‘’Saya berharap, dengan adanya lomba Akuntansi tingkat SMA dan Ma se Sulawesi ini, mereka akan terus meningkatkan prestasinya. Ini adalah awal untuk mereka bisa berkembang selanjutnya’’ tutup Fikri. (Ly)


Diterbitkan

dalam

oleh

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *